Memilih Komputer Server

merk server yang bagus

Memilih Komputer Server

Blog about all latest PC & tech related news and info

Memilih Komputer Server untuk Kantor yang Sesuai Kebutuhan

Bagi sebuah perusahaan komputer server adalah salah satu bagian yang penting dan menjadi peralatan utama yang perlu dimiliki. Pemilihan komputer server untuk perusahaan atau kantor harus dipikirkan dengan baik-baik karena dibutuhkan untuk semua pekerjaan. Ada banyak sekali jenis komputer server, ada yang cocok untuk perusahaan kecil dan perusahaan skala besar. Apabila Anda belum bisa menentukan komputer server yang baik untuk kantor maka perlu membaca tips dan rekomendasi yang akan diberikan di sini.

Komputer Server Terbaik untuk Kantor

Seperti yang sudah disebutkan diatas komputer server terdiri atas berbagai jenis, ada yang cocok digunakan perusahaan kecil dan perusahaan besar. Komputer server yang bagus adalah yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Berikut ini tips bagaimana memilih komputer server yang bagus untuk kantor.

Anda harus mengenali berbagai bagian penting yang ada dalam komputer server sehingga bisa menentukan mana yang cocok dengan perusahaan Anda. Inilah dia apa saja bagian-bagian penting yang harus diperhatikan dari sebuah komputer server.

  • Processor

Processor adalah otak dari sebuah komputer sehingga menjadi bagian yang paling penting dan utama. Processor untuk komputer server terdiri atas dua, yaitu Intel Xeon, dan Core i5 atau i7. Dari dua jenis ini yang paling bagus adalah Intel Xeon karena khusus dibuat untuk sebuah server. Processor ini cocok digunakan untuk perusahaan yang jaringan komputer nya besar dan banyak karena mampu mengerjakan berbagai tugas yang berat dan banyak.

Namun, jika perusahaan kecil dengan jumlah karyawan yang tidak terlalu banyak masih bisa memilih yang Core i5 dan i7. Apabila Salah Memilih jenis prosesor pada komputer server maka akan berakibat buruk kepada client karena bisa saja koneksinya nanti tidak akan stabil jika jenis prosesornya terlalu kecil.

  • Memori

Memori yang bagus dan cocok untuk perusahaan besar adalah memori ECC karena bisa dengan mudah memperbaiki data yang rusak atau corrupt sehingga crash tidak akan terjadi di komputer Anda. Sedangkan jika hanya berupa home Office bisa menggunakan memori komputer umum.

  • Storage

Storage atau penyimpanan yang sering digunakan adalah Western Digital dan Seaget, sedangkan jenis koneksinya adalah SAS dan SATA. Keduanya memiliki kecepatan yang berbeda, SAS adalah yang paling cepat, yaitu 15.000 RPM sedangkan SATA hanya 7.200 RPM.

Untuk penggunaan profesional harus memilih komputer server yang memiliki fitur bernama hotswap yang fungsinya memperbaiki hardisk yang crash. Fitur ini harus dihubungkan dengan sistem Raid supaya jika terjadi hal tersebut bisa langsung dilepas kemudian dipasang tanpa perlu mematikan komputer servernya dulu.

  • Motherboard

Dalam hal ini matherbord juga harus mempunyai fitur Raid yang kegunaannya untuk melakukan back up untuk sesama hardisk dengan otomatis. Oleh karena itu harus menggunakan dua buah hardisk dengan sistem ini sehingga jika satu hardisk rusak bisa pasang langsung yang kedua sehingga server langsung bisa berjalan lagi.

  • Power Supply

Supaya pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih baik dan masalah juga bisa diselesaikan dengan cepat maka harus memilih power supply yang bagus sekali. Hal ini karena komputer server harus selalu menyala sehingga power supply pun harus selalu stabil. Apabila tidak power supply atau harddisk bisa rusak. Jika demikian maka para client tidak dapat bekerja. Merek power supply yang bagus antara lain silverstone, thermaltake, cooler Master, dan lainnya.

  • Casing

Ini adalah hal atau bagian penting terakhir dari sebuah komputer server. Kenapa penting? Oleh karena bisa mempengaruhi sirkulasi dari komputer server sehingga tidak akan panas. Apabila digunakan pada perusahaan yang lumayan besar pilihlah komputer server build up yang mempunyai dua jenis casing, bisa berupa rak atau tower.

Komputer server juga ada yang berjenis build up dan rakitan. Untuk sebuah perusahaan atau kantor lebih baik memilih yang build up karena bisa bekerja online selama 24 jam nonstop, dan service centernya mudah ditemukan sehingga jika ada masalah hanya perlu diservis ke tempat tersebut.

Selain memilih komputer server seperti yang sudah disebutkan tadi, ada hal lain yang perlu diperhatikan untuk memilihnya, antara lain:

  • Pertimbangkan Kecocokan antara Server dan Sistem

Sebelum memilih server Anda harus tahu sistem apa yang dijalankan di kantor Anda karena pemilihan server harus disesuaikan dengan sistem tersebut. Server yang canggih belum tentu kompatibel dengan sistem kantor atau perusahaan Anda. Jika begini maka sia-sia saja.

  • Pilih yang Sudah Teruji

Tentu hal ini sangat penting karena komputer server dengan spesifikasi yang bagus akan awet dan membantu semua pekerjaan atau client. Untuk hal ini Anda bisa mencari informasi dulu mengenai review pengguna untuk komputer server yang akan Anda beli. Jika tidak ada keluhan maka server tersebut bagus. Jika ada yang spesifikasinya mirip maka pilih saja yang paling mudah layanan servicenya.

  • Pilih yang Berteknologi Baru

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi jika suatu saat nanti terjadi perubahan jaringan. Apabila teknologinya tidak terlalu baru bisa membuat Anda harus membangun infrastruktur jaringan yang baru. Hal ini tentu saja bisa mempengaruhi kinerja karena Anda harus sering melakukannya.

  • Kenali Kebutuhan Pokok

Maksudnya adalah Anda harus mempertimbangkan server yang sesuai dengan kebutuhan dasar. Tentukan juga skala perusahaan Anda, jika kelas menengah bisa menggunakan server yang tidak terlalu canggih spesifikasinya tapi jika perusahaan besar dengan banyak sekali klien perlu memilih yang mahal dan spesifikasinya terbaik.

Itulah dia bagaimana cara untuk memilih komputer server yang bagus untuk kantor Anda. Jika sudah memilih yang tepat maka komputer server itu bisa disebut sebagai yang paling bagus.

Merk Server yang Bagus untuk Kantor

Merek komputer server yang bagus atau terbaik untuk kantor adalah yang sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan kecil maupun besar. Ini artinya komputer server tersebut sangat bagus. Beberapa merek komputer server yang sering digunakan antara lain Extron Server, Indorack, Asus Server, Dell, IBM System x Server, HP Proliant Server, dan Fujitsu. Semua merek komputer server ini memiliki produk yang dibuat dengan teknologi terbaru. Untuk jenis atau serinya bisa Anda cari tahu lagi di beberapa toko online. Anda bisa mempertimbangkannya dengan melihat deskripsi yang dituliskan.

Untuk sebuah perusahaan spesifikasi minimal yang harus dimiliki oleh komputer server adalah menggunakan platform tower, procesornya berjenis Intel Xeon dengan kecepatan 3,0 GHz Turbo chipsetnya i intel c232 chipset, memorinya sebesar 8 GB DDR4 ECC, jaringannya 2 x Intel I210AT, kapasitas penyimpanannya HDD 1 TB SATA atau SSD 1 TB.

Selain itu grafisnya minimal menggunakan Aspeed AST1400 dengan VRAM 64 MB, power supplynya minimal Single 500W 80 Plus Bronze dengan rating 100-240V Class I.

Demikianlah informasi mengenai cara memilih komputer server yang cocok atau bagus untuk kantor dan beberapa merek komputer server terbaik untuk kantor. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Baca artikel yang lain mengenai Perbedaan SSD dan HDD

LEAVE A REPLY