Memilih Laptop Berkualitas

cara memilih laptop

Memilih Laptop Berkualitas

Blog about all latest PC & tech related news and info

Cara Memilih Laptop Berkualitas

Memilih laptop memang seharusnya dilakukan dengan teliti agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda akan menggunakannya hanya untuk bekerja seperti menulis saja maka tidak perlu prosesor canggih, sedangkan jika untuk bermain game maka harus yang prosesornya paling bagus. Namun di antara semuanya, hal yang paling penting adalah laptop itu harus berkualitas.

Mengenai merek ada banyak sekali yang terkenal dengan produk-produk yang kinerjanya sangat bagus. Jika Anda butuh informasi mengenai laptop yang berkualitas maka bacalah informasinya  di sini.

Ciri Laptop Berkualitas

Berkualitas yang dimaksud di sini adalah bisa memiliki kinerja yang bagus, bisa membantu kebutuhan penggunanya, dan tidak mengalami kendala apa pun ketika digunakan. Berkualitas juga tidak harus mahal karena yang terpenting adalah bisa melengkapi kebutuhan penggunanya.

Ada beberapa ciri yang bisa mengindikasikan bahwa sebuah laptop berkualitas. Hal ini harus benar-benar Anda perhatikan. Bagaimana cara memilihnya? Berikut ini informasinya.

1. Keyboard Nyaman Digunakan

Salah satu ciri laptop yang bagus adalah memiliki keyboard yang nyaman digunakan. Hal ini patut diperhatikan apalagi bagi Anda yang menghabiskan banyak waktu di depan laptop sepanjang hari. Semua aktivitas di laptop pastinya akan menggunakan keyboard jadi pilih keyboard yang empuk dan perhatikan hal lainnya seperti tombol keyboard, dan lampu keyboard.

2. Touchpad yang Nyaman

Selain keyboard, touchpad juga butuh diperhatikan karena umumnya laptop tidak menggunakan mouse untuk menggerakkan kursor. Maka dari itu Anda harus perhatikan apakah touchpad bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Meski memang Anda bisa menggunakan mouse jika kesulitan menggunakan touchpad.

3. Ukuran Laptop

Anda harus mencermati portabilitas sebuah laptop agar dapat sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda sering bepergian maka gunakan laptop yang ukurannya tidak terlalu besar, layarnya sekitar 11 sampai 13 inchi. Perhatikan juga semua standarisasi laptopnya, jika memilih laptop yang besar pastikan jika layarnya beresolusi besar juga supaya gambar yang dilihat bisa jernih.

4. Harga Laptop

Harga yang perlu dipertimbangkan adalah harga jual dan harga beli. Hal ini bisa tergantung kepada reputasi merek sebuah laptop. Apabila mereknya sudah terkenal dan spesifikasi laptopnya memang bagus maka harga jual kembalinya pun mungkin akan masih besar. Ini termasuk ciri laptop yang berkualitas, karena dengan harga jual yang masih besar menandakan ada banyak orang yang mencari laptop ini. Harga belinya juga bisa mengindikasi apakah laptop ini bagus atau tidak karena harganya akan disesuaikan dengan spesifikasinya. Semakin mahal maka spesifikasinya akan semakin baik.

5. Service Center dan Garansi

Anda harus meneliti kedua hal ini supaya Jika ada masalah yang terjadi pada laptop Anda bisa dibetulkan di service center atau menggunakan garansi yang ada sehingga tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk memperbaikinya. Perhatikan berapa lama garansi yang diberikan, apabila lebih lama maka artinya lebih bagus. Kemudian, cara memperhatikan service center adalah cek keberadaan service centernya apakah jauh atau tidak, atau banyak atau tidak.

6. Merek atau Brand

Supaya Anda yakin akan kualitas sebuah laptop maka harus mencari merek laptop yang telah memiliki reputasi yang baik, jangan yang baru Anda dengar dan katanya bagus oleh beberapa orang. Hal ini sebenarnya mudah karena ada banyak sekali merek terkenal seperti Asus, Acer, Apple, HP, dan merek lainnya. Jika sudah memilih merek-merek yang dikenal maka hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah kebutuhannya. Jika hanya membutuhkan laptop untuk kegiatan ringan maka bisa pilih yang spesifikasinya ringan, dengan begitu harganya pun akan murah.

7. Fitur Keamanan Tambahan

Jika Anda menemukan laptop dengan fitur keamanan tambahan sudah dapat dipastikan bahwa laptop tersebut berkualitas. Oleh karena menunjukkan bahwa produsen laptop ini sangat peduli terhadap para penggunanya. Hal ini akan lebih bermanfaat lagi bagi Anda yang memiliki banyak data penting. Hanya dengan menggunakan password tidak berarti data Anda akan aman. Akan lebih baik jika laptop Anda memiliki fitur seperti sensor fingerprint atau windows hello.

Mungkin Anda belum pernah mendengar Windows hello. Ini adalah fitur canggih terbaru yang ada pada Windows 10, ya itu bisa mengidentifikasi pemilik laptop dari sidik jari, wajah, dan iris mata.  Laptop dengan fitur canggih ini otomatis masuk dalam kategori sangat berkualitas.

8. Portabilitas

Hal ini harus diperhatikan oleh Anda jika sering membawa laptop ke mana-mana. Anda harus memilih laptop yang berat dan ukurannya tidak terlalu besar. Dalam hal ini, laptop yang berkualitas adalah yang bisa meringankan penggunanya.

9. Daya Tahan baterai

Ketahanan baterai harus menjadi prioritas utama apalagi jika laptop sering dibawa keluar. Beli lah laptop yang ketahanan baterainya minimal 6 – 8 jam sehingga tidak perlu selalu membawa charger yang akan membuat beban semakin berat jika dibawa ke tempat lain.

Daftar Laptop Terbaik dan Berkualitas 2017

Sebenarnya ada banyak sekali laptop yang memiliki kualitas bagus tapi pada tahun 2017 ini ada beberapa yang paling bagus. Apa saja? Berikut ini daftarnya.

1. Dell XPS 13

Ini adalah salah satu laptop terbaik pada tahun 2017 dengan sistem operasi Windows 10. Laptop ini memiliki desain yang compact dan memiliki layar yang berkualitas baik. Desainnya lumayan bagus juga dan menggunakan prosesor Intel generasi baru. Laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i5-6200U.

Kapasitas RAM-nya besar sekali, yaitu 8 GB tapi penyimpanannya hanya 256 GB SSD. Daya tahan baterai dari laptop ini adalah 9 jam lebih.

2. Microsoft Surface Book

Ini memang bukan nama laptop yang paling populer tapi Microsoft Surface Book ini adalah laptop yang sangat berkualitas. Merupakan laptop berjenis hybrid karena bisa dijadikan sebagai tablet. Jika diubah menjadi tablet maka bisa menggunakan stylus pen.

Sistem operasi dari laptop ini adalah Windows 10, semakin hebat dengan digunakannya prosesor 6th Gen Intel Core i5 ada juga pilihan Intel Core i7. Kapasitas RAM bisa dipilih, ada yang 8 GB dan 16 GB. Ruang penyimpanannya juga ada yang 128 GB sampai 1 TB SSD. Kemudian, daya tahan baterainya adalah 12 jam.

3. Lenovo ThinkPad X1 Yoga

Laptop hybrid ini cukup banyak diperbincangkan pada tahun 2017 ini. Sesuai dengan namanya, laptop ini bisa dilipat-lipat ke beberapa arah sehingga bisa digunakan dengan beberapa mode. Sistem operasi laptop ini juga Windows 10. Prosesornya menggunakan Intel Core i5-6200U. Kapasitas RAM-nya 8 GB, dan penyimpanannya 256 GB. Daya tahan baterai yang dimilikinya adalah lebih dari 10 jam.

4. Alienware 17

Ini adalah salah satu laptop gaming terbaik yang bukan hanya kemampuannya yang bagus, desainnya juga tidak biasa. Sebenarnya laptop ini telah dirilis pada tahun 2016 tapi telah di-upgrade pada tahun 2017. Hardwarenya mengalami pembaruan yang lebih baik dan canggih. Salah satunya pada bagian kartu grafis yang berjenis GeForc GTX 980M Nvidia GPU, ini adalah kartu grafis VGA paling kuat untuk laptop.

Prosesor yang digunakannya adalah Intel Core i7-6820HK 2.7 GHz, kapasitas RAM-nya 16 GB, dan penyimpanannya 1 TB HDD dan 16 GB SSD. Jika digunakan bermain game daya tahan baterainya maksimal 4 jam sedangkan dalam penggunaan normal sekitar 7.5 jam.

Demikianlah informasi mengenai tips memilih laptop berkualitas dan rekomendasi laptop terbaik 2017.

Baca artikel yang lain mengenai Laptop untuk Programmer

LEAVE A REPLY