Memilih Laptop Gaming

cara memilih spesifikasi laptop yang bagus

Memilih Laptop Gaming

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik dan Kinerjanya Super

Laptop gaming selalu memiliki spesifikasi yang tinggi dibandingkan dengan laptop biasa. Ini supaya bisa menunjang para penggunanya untuk bermain game dengan grafis yang bagus. Apabila spesifikasinya biasa saja maka tidak semua game bisa dimainkan karena bisa mempengaruhi kinerjanya. Maka dari itu laptop gaming dibekali dengan RAM, prosesor, processor, memori, resolusi layar, dan aspek lainnya yang terbaik.

Ada beberapa jenis laptop gaming yang dikenal memiliki kualitas yang baik sehingga banyak yang memilihnya. Harga-harga laptop gaming sangat mahal, bisa 5 kali lipat dibandingkan laptop biasa. Bagi Anda yang ingin mendapatkan laptop gaming yang berkualitas maka bisa membaca artikel ini.

Tips Pilih Laptop Gaming Bagus

Definisi bagus bisa berbeda-beda setiap orang tapi untuk laptop gaming ada stAndar spesifikasi yang harus dipenuhi supaya bisa digunakan untuk bermain game secara maksimal. Laptop gaming yang mahal tidak berarti bagus maka Anda harus memperhatikan banyak hal. Berikut ini berbagai tips untuk memilih laptop gaming yang bagus dan berkualitas.

1. Prosesor

Pemilihan processor adalah hal yang paling penting karena ini merupakan otak dari sebuah laptop. Jika jenis prosesornya memiliki spesifikasi yang tinggi maka akan semakin baik performanya, jenis prosesor yang biasa digunakan pada laptop gaming adalah AMD dan Intel. Dengan prosesor yang tinggi ini Anda bisa bermain game dengan lancar tanpa adanya kendala seperti hang atau panas.

Di antara banyaknya jenis prosesor, Intel adalah yang terbaik. Jenis laptop gaming dengan prosesor ini cocok dipilih oleh Anda yang suka bermain game berat dan waktu yang lama karena tidak akan membuat laptop cepat panas bahkan hemat daya.

Dalam prosesor Intel pun terbagi menjadi dua jenis, yaitu dengan label HQ dan MQ. Anda bisa memilih diantara keduanya karena memiliki kinerja yang sangat baik. Sedangkan jenis prosesor label U adalah yang patut dihindari karena hanya cocok digunakan untuk berbagai hal yang ringan. Laptop gaming terbaik minimal memiliki prosesor dengan jenis Intel Core i5 atau i7.

Apabila ingin memilih prosesor AMD maka lebih baik pilih yang FX Series dan A10. Selain hal-hal tadi, Anda juga harus melihat kecepatan prosesornya atau GHz agar laptop bisa digunakan dengan lebih maksimal.

2. VGA

Ini adalah kartu grafis dalam sebuah komputer. Bagian ini akan memberikan pengaruh pada kualitas dan tampilan game saat Anda memainkannya. Dengan VGA yang besar maka hasil grafis dari game yang Anda mainkan akan sangat bagus.

Untuk memilih VGA juga ada pilihan minimalnya, yaitu Nvidia GT840. Akan lebih baik jika Anda memilih Nvidia GTX Series.

3. Media Penyimpanan

Media penyimpanan atau memori juga bisa mempengaruhi kinerja sebuah laptop. Media pensil penyimpanan pada laptop ada dua jenis yaitu HDD dan SSD. Kapasitas minimal untuk laptop gaming yang baik adalah HDD sebesar 1TB atau 1000 GB.

Jika Anda benar-benar tercipta game dan selalu update jika ada game terbaru maka lebih baik pilih laptop yang memiliki slot tambahan untuk menyimpan HDD supaya semakin banyak ruang penyimpanannya. Sedangkan untuk SSD-nya hanya bisa digunakan untuk simpan operasi sistem karena biasanya kapasitasnya sedikit. Namun jika kapasitasnya ada di atas 500 GB Anda bisa menyimpan game di sana.

4. RAM

Ini juga bagian paling penting jika Anda akan memilih sebuah laptop gaming. Akan lebih baik jika kapasitas RAM minimalnya 4 GB. Akan lebih bagus lagi jika ada slot untuk menyimpan RAM tambahan supaya laptop menjadi lebih keren dan cepat. Jenis RAM paling bagus adalah DDR4, sedangkan jika game-game yang Anda punya sangat berat maka minimal jumlah RAM-nya adalah 8 GB.

5. Baterai

Ini adalah masalah pertama dari sebuah laptop gaming. Meski baterai yang digunakannya besar tapi tetap akan membuat dayanya menjadi boros. Akan lebih baik jika Anda memilih laptop yang baterainya bisa dilepas supaya dapat diganti jika sudah rusak.

6. Resolusi Layar

Supaya tampilan game terlihat baik maka pilih laptop gaming yang resolusi layarnya minimal 1920 x 1080 dengan ukuran layar minimal 15.6 inci.

7. Port

Bagian ini juga cukup penting Anda teliti, port yang dibutuhkan untuk laptop gaming adalah USB 3.0 HDMI.

Itulah beberapa tips untuk memilih laptop gaming yang bagus.

Harga Laptop Gaming Terbaik

Untuk laptop gaming terbaik harganya ada di atas 10 juta rupiah. Di bawah ini ada spesifikasi tiga jenis laptop gaming yang paling bagus, dan harganya.

Asus ROG Gaming

Inilah laptop gaming paling bagus dan dikenal luas oleh para gamers. Ini adalah laptop dengan performa yang sangat tinggi sehingga cocok digunakan untuk bermain game berat. Ukuran laptop ini juga sangat besar sehingga Anda akan puas melihat grafis game di layarnya.

Untuk Asus ROG terbaru 2017 ini memiliki hardisk SSD yang paling cepat dan terbaru, bahkan 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan hati yang biasanya.

Kartu grafis yang dimiliki laptop ini adalah NVIDIA GeForce GTX 900M-Series yang akan membuat grafis game terlihat sangat kaya akan warna. Agar tampilan layarnya semakin luas maka Anda bisa menggabungkan 4 buah monitor.

Kelebihan lain yang dimilikinya adalah adanya port Thunderbolt yang bisa membuat transfer data sangat cepat. Seperti jika akan mentransfer video dengan kualitas 4K maka waktunya hanya beberapa detik.

Dengan kelebihan-kelebihan ini dan reputasinya yang baik, harga termurah untuk laptop ini adalah 11.8 juta rupiah. Harga ini untuk seri GL552VX(KBL)-DM409T.D (4 GB). Sedangkan yang paling mahal sekitar 17.9 juta rupiah untuk seri GL753VD-GCI46T.D.

Laptop Gaming MSI

MSI memang laptop khusus untuk gaming, dari yang murah sampai yang mahal. Kualitas dari produk laptop MSI sangatlah bagus dan tidak ada yang meragukannya. Banyak sekali komunitas gaming di Indonesia yang memakai laptop ini untuk bermain.

Desain yang dimiliki laptop ini sama seperti laptop gaming pada umumnya, yaitu kokoh dan keren. Harga-harga untuk laptop gaming MSI ada di atas rata-rata, mungkin bisa membuat Anda harus berpikir berkali-kali untuk membelinya. Seri laptop MSI termurah adalah 11,7 juta rupiah untuk seri MSI GL62M 7RDX-863. Sedangkan yang paling mahal adalah seharga 18.7 juta rupiah untuk seri MSI GE62VR 7RE-018XID Apache Pro + upgrade menjadi 16 GB.

Dell Alienware 14 CT06

Dalam daftar laptop gaming terbaik ini biasa dibilang, ini adalah laptop yang paling bisa memberikan Anda pengalaman bermain game yang mewah sekali. Salah satu kelebihan utama dari laptop ini adalah baterainya awet sekali sehingga tidak akan mengganggu Anda yang sedang asyik bermain game.

Hal lain yang paling menonjol dari game ini adalah desainnya karena sesuai namanya, laptop gaming ini memiliki logo alien dengan mata yang menyala. Desain pada bagian atasnya terlihat seperti moncong sebuah mobil super.

Masalah spesifikasi, laptop Dell Alienware 14 CT06 ini mempunyai kecepatan overlocking prosesor 3.5 GHz. Jenis prosesornya adalah Intel Cor i7-47190MQ. Kemudian kapasitas RAM-nya 8 GB yang artinya bisa digunakan untuk bermain game yang berat sekali pun. Resolusi layar yang dimilikinya adalah 1920 x 1080, yaitu resolusi minimal sebuah laptop gaming yang bagus.

Oleh karena kehebatannya, harga laptop ini pun sangat tinggi. Harganya adalah sekitar 18,5 juta rupiah.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan untuk memilih laptop gaming terbaik. Semoga informasi ini berguna untuk Anda.

Baca artikel yang lain mengenai Laptop untuk Programmer

LEAVE A REPLY