memilih power bank yang bagus

merk power bank yang bagus

Memilih Power Bank Yang Bagus

Blog about all latest PC & tech related news and info

Bagaimana Cara Memilih Power Bank Yang Bagus

02. Bagaimana Cara Memilih Power Bank BagusSemakin banyak smartphone yang beredar di pasar dan smartphone selalu menggunakan paket internet untuk berbagai macam apps di dalamnya. Dengan menggunakan koneksi internet smartphone akan lebih menghabiskan baterai anda. Rata-rata smartphone 1-2x dalam sehari harus di-charge baterainya. Oleh karena itu keluarlah produk dengan sebutan power bank. Begitu banyak masuk power bank dari China ke Indonesia dan banyak pula power bank dengan harga murah. Sekarang bagaimana kita para user pintar-pintar memilih power bank yang bagus dan cocok bagi kita.

Kebanyakan merek power bank yang beredar di Indonesia berasal dari China, tetapi tidak semua produk China jelek. Misalnya saja power bank merek Yoobao yang sudah terkenal di Indonesia, terkenal dengan kualitasnya yang bagus hanya sangat disayangkan banyak yang palsu. Merek China lain yaitu Romoss, power bank Romoss menjadi best seller di Eropa dari segi desain dan kualitas benar-benar sangat bagus. Tetapi di Indonesia masih belum banyak beredar. Kami ingin membagikan tips bagaimana cara memilih power bank yang bagus

Pahami Dahulu Tentang Power Bank di Indonesia

Sebelum kita menuju ke cara memilih power bank yang bagus ada baiknya anda mengerti dahulu produk power bank itu seperti apa. Kita berangkat dari paling dasar untuk lebih mengerti mengenai power bank ada 3 hal yang perlu anda pahami antara lain

Fungsi Dari Power Bank Yang Akan Dibeli

Siapa yang tidak mengerti fungsi dari power bank? Tentu semua orang sudah tahu bahwa power bank ini adalah baterai cadangan buat gadget anda. Anda perlu mengetahui dahulu power bank yang akan dibeli ini bertujuan untuk apa? Ada 2 kategori besar yang dapat membantu ada menjawab pertanyaan itu

Power bank biasa yang beredar dapat dipakai untuk smartphone dan tablet sedangkan untuk power bank laptop mempunyai fitur tersendiri agar bisa support terhadap laptop. Jika fungsi power bank untuk smartphone dan tablet anda bisa menemukan begitu banyak merk yang ada, sedangkan jika untuk laptop anda harus lebih jeli dalam memilih, kalau sampai salah power bank tidak bisa support pada laptop.

Pelajari Merk Power Bank

Kenali Merk Power Bank Bagus Agar Tidak Tertipu

Begitu maraknya pasar gadget di Indonesia, banyak pedagang yang memanfaatkan pola belanja kita yang salah sehingga hadir berbagai macam merk power bank di Indonesia yang kualitasnya abal-abal alias tidak bagus. Kita harus dapat mengenali merk power bank terbaik yang dijual di Indonesia. Berikut ini saya memberikan beberapa contoh merk power bank terbaik yang dapat anda jadikan sebagai referensi:

  • Romoss
  • Vivan
  • Energizer
  • Enerpad
  • Xiaomi
  • Hippo
  • Probox, dll

Menentukan Kapasitas Yang Kita Perlukan

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah menentukan kapasitas berapa yang cukup/sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk mengetahui ini caranya murah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Lihat berapa kapasitas baterai gadget anda. Pada bagian baterai dapat anda temukan tulisan xxxx mAh
  • Misal kapasitasnya 2000mAh, dengan power bank 5600mAh power bank sudah dapat mencharge 2x paling tidak.
  • Ingat tidak mungkin kapasitas baterai bisa full atau murni. Bertuliskan 2000mAh tidak mungkin bisa pas 2000mAh begitupun dengan power bank.

Kenapa kita perlu menentukan kapasitas yang dibutuhkan? Karena semakin besar kapasitas yang diperlukan power bank yang dibeli juga ukurannya bertambah besar karena baterai yang dipakai juga banyak.

langkah langkah memilih power bank yang bagus

7 Langkah Memilih Power Bank Yang Bagus

Setelah mengetahui 3 hal tentang power bank sekarang mari kita bahas langkah-langkah apa saja yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan power bank yang bagus. Berikut ini adalah langkah-langkah memilih power bank yang bagus:

Merek dan Keaslian Power Bank

Pelajari merek power bank yang akan anda beli. Apakah merek ini mempunyai komentar atau review yang bagus dari user yang pernah memakainya. Merk power bank yang bagus misalnya Yoobao, Romoss, Enerpad yang sudah terkenal dari segi kualitasnya. Karena banyak merek China yang masuk ke Indonesia maka coba cari dahulu merek ini di Internet untuk reputasinya sebelum membeli. Keaslian power bank juga menjadi salah satu faktor yang sangat penting mengingat banyak produk palsu yang banyak masuk ke Indonesia. Pastikan anda mengetahui ciri-ciri power bank yang asli seperti apa.

Fitur Power Bank

Power bank memiliki berbagai macam tipe untuk setiap mereknya, baca dahulu power bank tersebut mempunyai fitur seperti apa? Misalnya short circuit, overcharge dan lainnya. Fitur ini akan menjadi bahan pertimbangan pada saat membeli karena fitur-fitur yang disediakan dapat melindungi gadget anda ataupun memudahkan anda dalam pemakaianya.

Baterai Power Bank

Power bank memiliki sumber daya baterai sebagai tempat utama untuk menyimpan listrik. Perlu diperhatikan cell baterai yang dipakai oleh power bank ini seperti apa, ada 2 bentuk baterai yang dipakai yaitu Li-ion dan Li-ion Polymer. Perbedaannya Li-ion bentuk baterai seperti baterai AAA lebih besar sedikit sedangkan Li-ion Polymer bentuknya kotak dan tipis. Baterai Samsung Cell selama ini mempunyai reputasi yang bagus, banyak power bank menggunakan Samsung Cell dan mempunyai kualitas yang tidak diragukan lagi. Misalnya seperti Power Bank Romoss yang menggunakan Samsung Cell, Power bank Enerpad menggunakan Sanyo Cell (Japan Cell). Untuk merek ternama biasanya menuliskan menggunakan baterai apa, sedangkan power bank dengan merek-merek biasa tidak menuliskan cell yang dipakai. Baterai menjadi penentu utama dari kemampuan berapa kali charge dari suatu power bank. Power bank yang menggunakan baterai biasanya ketahanan dari baterainya biasanya kurang atau bisa dikatakan baterainya mudah drop. Belum tentu power bank dengan merek tertentu yang meng-klaim punya kapasitas 20.000mAh dapat dipakai semuanya. Kapasitas tergantung dari Baterai yang dipakai oleh power bank tersebut.

Kelengkapan Kabel dan Adaptor

Kabel menjadi sarana untuk bisa charge ke berbagai macam smartphone. Pada umumnya jika anda membeli power bank mendapatkan berbagai macam konektor dan kabel USB yang ujungnya dapat diganti konektornya. Kabel seperti ini menurut saya kurang bagus mengapa demikian?

  • Kabel mudah rusak karena harus dilepas berkali-kali dan diganti konektornya.
  • Konektornya karena juga sering diganti-ganti juga akan mudah rusak
  • Listrik yang dihasilkan juga kurang stabil
  • Terkadang ada smartphone yang tidak mau charge saat menggunakan kabel seperti ini.

Kami menyarankan untuk membeli power bank yang menggunakan kabel langsung (secara default kabelnya micro USB) jadi bukan kabel yang konektornya bisa diganti-ganti. Kabel langsung micro USB akan lebih awet dan saat ini micro USB dipakai hampir pada semua smartphone. Jika ingin dipakai pada produk Apple sebaiknya menggunakan kabel original dari Apple atau bisa dibelikan kabel yang secara langsung ke konektor Apple. Selain kabel yang perlu diperhatikan juga adaptornya, ada power bank yang dijual tanpa menggunakan adaptor terus yang menjadi pertanyaan bagaimana cara charge-nya? Bisa menggunakan komputer tetapi itu akan membuat susah pengguna. Akan lebih baik bila sebelum membeli terdapat minimal 1 kabel micro USB dan 1 AC adaptor untuk mengisi power bank.

Desain Power Bank

Desain juga menjadi salah satu pertimbangan saat memilih, kebanyakan orang menginginkan power bank dengan kapasitas besar tetapi memiliki desain yang sangat kecil. Hal ini masih belum ada dipasaran. Bayangkan saja jika kapasitas besar maka baterai yang dipakai juga banyak. Jika baterai yang dipakai banyak maka otomatis bentuk power bank akan besar. Bagaimana memilih desain yang cocok?

  1. Anda perlu menentukan power bank ini akan dibawa pakai tas atau dimasukkan kantong? Jika pakai tas anda bisa membeli power bank dengan kapasitas besar, jika dimasukkan kantong lebih baik memilih power bank kecil seperti 5600mAh
  2. Ketebalan power bank juga perlu diperhatikan lebih baik memilih power bank dengan baterai Li-ion Polymer karena cenderung lebih tipis tapi tidak semua power bank dengan Li-ion Polymer tipis, anda harus jeli dalam memilih desain yang cocok.
  3. Lampu-lampu indikator juga perlu diperhatikan bagaimana jika Full, bagaimana jika sedang charge.

Garansi Power Bank

  • Faktor garansi tentu semua orang sudah tahu, untuk pembelian barang elektronik paling tidak selalu ada garansi. Pada umumnya power bank diberi garansi 6 bulan samapai 1 tahun. Lama garansi menentukan kualitas dari power bank yang bagus. Semakin lama garansinya berarti pabrik power bank itu bisa menjadi bahwa power bank itu bagus.
  • Proses garansi juga perlu diperhatikan andaikan rusak proses yang harus ditempuh seperti apa? Misalnya tinggal replace saja atau harus service.

Harga Menentukan Kualitas

Terakhir adalah harga. Ada pepatah mengatakan “Mahal itu bagus”, pepatah itu sangat benar untuk elektronik. Semakin mahal power bank maka semakin bagus pula. Pastikan mereknya bagus, barang asli dan jika harganya mahal bisa dipastikan bahwa kualitas dari power bank itu bagus.

3 Kesalahan Yang Paling Sering Dilakukan Saat Membeli Power Bank

3 Kesalahan Yang Paling Sering Dilakukan Saat Membeli Power Bank

Setelah mengetahui langkah-langkah memilih power bank yang bagus, ada baiknya juga anda mengetahui kesalahan yang sering dilakukan masyarakat saat berbelanja. Saya menyimpulkan menjadi 3 kesalahan yang paling sering dilakukan masyarakat saat membeli power bank:

  • Terpancing Dengan Harga Murah

Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah beli power bank yang penting “MURAH”, ini paling sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana mungkin dengan harga murah anda bisa mendapatkan power bank yang bagus? Justru hal ini malah dimanfaatkan oleh pedagang untuk menjual power bank murah tetapi kualitasnya jelek. Jadi hati-hati jangan terpancing dengan harga murah saja.

  • Power Bank Murah Dengan Kapasitas Besar

Kesalahan kedua adalah terpancing dengan kapasitas yang besar tetapi harganya murah. Misalnya power bank 88.000mAh dengan harga 200.000, sedangkan ada power bank 10.400mAh dengan harga 225.000. Apakah masuk akal? Power bank dengan kapasitas 88.000mAh harganya bisa lebih murah daripada kapasitas 10.400mAh. Dan lagi jika anda perhatikan ukuran dari power bank 88.000mAh itu pasti tidak begitu jauh berbeda dengan yang 10.400mAh. Semakin besar kapasitas power bank maka ukuran power bank akan semakin besar.

  • Hanya Memperhatikan Merk Power Bank

Merk sangat penting memang apalagi dalam dunia elektronik. Tetapi anda perlu memperhatikan di Indonesia suatu merk dapat dipalsu sehingga masyarakat kita perlu tahu dan perlu berhati-hati jangan hanya melihat merk saja tetapi perlu melihat keaslian dari merk tersebut. Misalnya saja untuk power bank yang banyak beredar adalah Samsung dan banyak juga yang komplain karena kualitasnya jelek. Power bank dengan merk Samsung ini palsu, produsen hanya menggunakan merk Samsung supaya pembeli terpancing untuk membeli power bank itu karena merk Samsung yang mendunia sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Itulah 3 kesalahan yang paling sering ditemui saat membeli power bank. Perlu hati-hati dalam membeli power bank karena banyak sekali power bank di Indonesia yang dijual dengan harga murah tanpa memperhatikan kualitas sehingga tidak sedikit dari kita yang kecewa dengan kualitas power bank yang kita beli.

Kesimpulan

Power bank memang tidak dapat dipisahkan dari gadget kita karena semakin banyak perkembangan gadget yang ada semakin banyak fitur yang ditawarkan sehingga pemakaian baterai akan lebih boros. Anda bisa memahami dahulu mengenai power bank kemudian anda bisa membeli power bank dengan memperhatikan 7 langkah yang sudah diuraikan diatas untuk memilih power bank yang bagus. Selain itu anda bisa memperhatikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat membeli power bank sehingga anda tidak salah membeli. Itulah cara memilih power bank yang bagus, jika ada pertanyaan anda bisa meninggalkan komentar pada bagian bawah.

49 RESPONSES

  1. iman

    August 13, 2014 8:46 am

    REPLY

    Salah satu cara memilih power bank adalah dengan memperhatikan kualitas batterainya. beberapa pilihan power bank tersedia di sini : http://tokomaksi.com/handphone_tablet/power_bank

  2. Store fes

    September 6, 2014 10:06 am

    REPLY

    Thanks buat artikel ya gan. lgi nyari-nyari powerbank soal ya.

    • admin

      September 6, 2014 10:25 am

      REPLY

      Recommended-nya merek Romoss Gan mantap. Customer saya pake itu semua mantap no problem gan.

  3. rio haris

    January 26, 2015 4:35 pm

    REPLY

    Kalo powerbank samsung kira2 bagus gk ?

  4. yogie

    April 20, 2015 9:13 am

    REPLY

    gan, ane punya power bank advance 5200MAh.
    gimana caranya ane bisa tau pas di charge, daya nya udah penuh?
    soalnya lampu indikatornya cuma 1..

    • eddy setiawan

      April 20, 2015 11:34 am

      REPLY

      Biasanya rata-rata kalo power bank dicharge berkedip lampunya dan kalo sudah penuh lampu bisa nyala terus atau mati sendiri.

  5. Monika Cindy

    September 16, 2015 10:14 pm

    REPLY

    Selamat malam , kak , saya mau membeli power bank Romoss 20 ribu mAh ya , sebab saya butuh sekali jadi harus beli … Mohon hubungi saya lewat bbm 52F05FEF . Terima kasih , kak .

  6. Ridwan

    December 25, 2015 2:57 pm

    REPLY

    Gan kira” power bamk vivan atau advance bagus gk ? Dan kira” ada yg KW nya gk ?

    • eddy setiawan

      January 5, 2016 7:43 am

      REPLY

      Kalo sepengetahuan saya vivan masih bagus gan kalo advance jelek mending agan vivan aja kalo mau beli.

  7. Ita Maulani

    January 31, 2016 8:47 am

    REPLY

    Artikelnya sangat lengkap. Bisa membantu memahami tentang power bank asli dan palsu, khususnya power bank samsung. Zaman sekarang memang zaman penuh kepalsuan. Apa saja selalu ada yang palsu. Sampai produk-produk kecil pun dipalsu, terutama produk yang laris di pasar.

  8. arif yudha

    March 1, 2016 5:44 pm

    REPLY

    Mas bagus mna romos solo 5 sama hippo noha 2 bingung nihh

    • eddy setiawan

      March 11, 2016 1:18 pm

      REPLY

      Selama ini saya jualan merk Romoss bagus produknya. Jarang ada yang kembali untuk garansi. Kalo hippo saya belum pernah jual kurang begitu mengerti. Tapi untuk Romoss saya membuktikan sendiri kalo memang bagus.

  9. Lita

    March 2, 2016 6:28 pm

    REPLY

    Gan minta saran dong. Kalo powerbank asus gmana? Bagus gak?

  10. lisa

    April 25, 2016 8:12 pm

    REPLY

    gan klo powerbank BLITZ Kapasitas 4000 mAh bagus apa nggak.??

    • eddy setiawan

      April 25, 2016 10:13 pm

      REPLY

      Merk BLITZ belum pernah dengar saya gan. Coba ditanya pakai baterai grade apa? kalo samsung cell atau Grade A baterai bagus itu udahan gan.

  11. Rezha Azis

    August 31, 2016 11:15 pm

    REPLY

    Gan, saya baru beli powerbank di lazada merk dell kapasitas 10500mAh dgn harga 110rb. Ada kartu garansinya setaun. Menurut agan bagus nggak?

    • eddy setiawan

      September 1, 2016 7:26 am

      REPLY

      Merk Dell harusnya cukup bagus ya gan, mengingat brand nya sudah dipakai untuk laptop, desktop dan komputer server. Tapi harganya kok murah banget menurut saya, biasanya 10rb mAh itu paling tidak yang bagus sekitar 200rb ++

  12. queenziruka

    September 3, 2016 3:28 pm

    REPLY

    Saya baru pertama kali beli power bank untuk samsung j3 Dan merk nya ‘ROBOT’ capacity nya 6600 MAH . bagus nggak ya?? Tolong di jwb. Pemula nih

    • eddy setiawan

      September 4, 2016 10:43 am

      REPLY

      Merk Robot brand dari vivan harusnya bagus gan. Biasanya merk vivan setahu saya tidak ada versi KW nya

  13. rizky rahmafhani

    September 10, 2016 4:13 pm

    REPLY

    Kalo merk vizz 7200 bagus gk ya

  14. iput

    September 27, 2016 2:43 am

    REPLY

    Kak mau tanya nih.. Tmen saya pakai Pb hippo 5600 mah dan bodinya tebal, di buat ngecarg emang lumayan awet bisa 2-3 kali ngecas untuk hp android.. Terus rencana saya mo beli juga yang merk hippo. Aku liat di OLSHOP ada pb hippo 12000mah slim dengan harga 250an.. Pertanyaan saya kira ” kualitasnya yang slim itu sama nggak ya dengan yang punya tmen saya yang tebel itu? Tolong di jawab min..

    • eddy setiawan

      September 27, 2016 7:34 am

      REPLY

      Sama saja gan. Slim hanya pakai baterai polimer sedang yang normal pakai baterai Li-ion biasa. Lebih baik agan cari review dulu baca-baca mengenai power bank hippo yang sedang ingin dibeli jadi bisa lebih mantap.

  15. Hasraf

    October 25, 2016 3:08 pm

    REPLY

    Gan klau Pb jaspan 10.000…enak apa endak gan real capasty apa ndak ya gann..tpi Harganya 125 Ribu gan..menurut agan Itu original apa Kw ya gan tpi pbnya tebal dan besar gan tolong di balas gan

    • eddy setiawan

      November 1, 2016 7:15 am

      REPLY

      Merk Jaspan belum pernah dengar gan. Tetapi kalau melihat harganya 125rb itu power bank kualitas menengah gan jadi masih layak pakai harusnya.

  16. tri sutrisno

    November 18, 2016 9:26 am

    REPLY

    gan, mw tanya.
    tuk romos apkh ad kwx gan?
    trus lw hrg, misal cap 20rb mah brp hrgx y gan?

    • eddy setiawan

      November 20, 2016 6:12 pm

      REPLY

      Sementara ini tidak ada versi KW untuk Romoss. Harga untuk kapasitas 20.000 sekitar 375.000

  17. dhiya

    November 24, 2016 3:40 am

    REPLY

    Gan kalo powerbank solar yg tenaga surya 188000 gimana gan mohon jawabannya

    • eddy setiawan

      November 25, 2016 6:56 pm

      REPLY

      Saya belum ada pengalaman tenaga surya. Apakah bisa seenak seperti pakai listrik pada umumnya

  18. dicky

    December 20, 2016 11:17 am

    REPLY

    gan powerbank merek ini bagus gk iya,Hame QC2 Power Bank 3 Port 20000mAh Qualcomm Quick Charge 2.0,batre nya sih li polymer

    • eddy setiawan

      December 23, 2016 7:22 am

      REPLY

      Biasanya tipis kalau baterai polymer. UNtuk mereknya belum pernah tahu juga. Jika 20.000mAh harga diatas 350.000 biasanya bagus gan.

      • kope

        April 19, 2017 4:36 pm

        REPLY

        jelek gan gk real kapasitasnya kapasitas 20000 hanya bisa cas 3x untuk xiami redmi note 4g 3100mah

  19. muhammad afip

    December 23, 2016 12:58 am

    REPLY

    Gan. Saya baru beli power bank 10 rb mah merk nya xiaomi, harganya 100 rb. Kira2 itu palsu atau ori ya gan?

    • eddy setiawan

      December 23, 2016 7:26 am

      REPLY

      Palsu itu gan. Terlalu murah itu kelas xiaomi seharga itu

  20. Nikodemus Galih C W

    January 16, 2017 11:33 pm

    REPLY

    Gan kalo pb sekitar 20rb harga sekitar 300k merk apa ya?

  21. Utaminggit

    March 13, 2017 10:08 am

    REPLY

    Ka recomend power bank yg bagus buat hp yg baterainya sistem tanam/lipon kira2 apa?

    • eddy setiawan

      March 14, 2017 10:13 pm

      REPLY

      Maksudnya sistem tanam? power bank saat ini menggunakan baterai lithium biasa atua lithium polymer dan semuanya bisa dibongkar meskipun harus merusak casing power bank

  22. Shahwin

    April 16, 2017 7:08 am

    REPLY

    Kalo super power bagus gaa?

  23. syufyan

    June 2, 2017 5:01 pm

    REPLY

    kalo advance 5800 mah harga 150 rb.. kira2 ori ndk gan ? bagru beli soalnya, masi awam

    • eddy setiawan

      June 6, 2017 6:52 pm

      REPLY

      Untuk advance saya rasa tidak ada yang KW gan. Tapi kualitasnya advance standart menurut saya.

  24. rikky jawa

    July 2, 2017 4:27 am

    REPLY

    Gan,aq bru beli PB vizz 7200 mah. Kira2 uda ada Kw ny belum? Soalny aq takut palsu ne

    • eddy setiawan

      July 5, 2017 7:39 pm

      REPLY

      Untuk merk Vizz selama ini belum ada dengar yang KW gan.

LEAVE A REPLY