memilih power supply

power supply yang bagus

Memilih Power Supply Yang Bagus

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Memilih Power Supply Yang Bagus untuk PC

Power Supply pada suatu perangkat PC merupakan salah satu komponen paling penting yang wajib anda perhatikan ketika anda memfungsikan komponen ini pada perangkat Komputer anda, memang hampir kebanyakan pengguna  komputer di indonesia, pada umumnya lebih memperhatikan komponen lain seperti RAM, Processor ataupun VGA dibandingkan dengan Power Supply. Padahal pada dasarnya komponen ini merupakan komponen paling vital dimana jika terdapat masalah yang serius pada komponen power supply ini maka perangkat komputer anda akan kehilangan daya dan kehilangan performa untuk bekerja secara maskimal, terlebih lagi jika anda seseorang yang bekerja di depan komputer setiap harinya, pasti anda membutuhkan komponen yang memiliki kualitas apik dan tahan lama. Oleh karena itu alangkah baiknya jika anda melengkapi Perangkat komputer anda dengan Power Supply yang berkelas dan mampu menghantarkan daya ke Perangkat Komputer anda, lalu bagaimanakah cara memilih Power Supply yang Bagus untuk PC?

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Tips Memilih Power Supply Yang Bagus anda dapat menyimak baik-baik beberapa ulasan kami di bawah ini

  • Ketika anda memutuskan untuk membeli Power Supply di Toko Komputer alangkah baiknya jika anda terlebih dahulu  memeriksa kualitas dari komponen tersebut juga memperkirakan jumlah Daya yang di konsumsi oleh perangkat Computer anda, untuk mengecek jumlah daya tersebut anda dapat mengeceknya melalui tool yang ada di Internet. Rata-rata pada umumnya pemakain standart PC adalah 350W-500W.
  • Pilihlah Komponen Power Supply yang merupakan product dari Brand atau merk ternama, kebanyakan pengguna komputer  pemula lebih memilih power supply yang murah dan membeli product dari brand yang kurang terkenal, oleh karena itu mereka lebih sering mengalami beberapa kendala yang dapat mengurangi kinerja komputer pada saat Power supply kehilangan daya, jadi ketika anda membeli Komponen Power Supply alangkah baiknya jika anda memiliih product dari merk ternama, meskipun harganya terbilang mahal namun performa pada komponen tersebut lebih terjamin ketimbang power supply yang dijual dengan harga murah. Contoh dari brand ternama adalah merek Cooler Master, Thermaltake, dll.
  • Cobalah untuk membaca beberapa review terbaik di Internet yang mengulas tentang kelebihan dan kelemahan power supply yang akan anda pakai di perangkat komputer anda, selain membantu anda menemukan Power Supply yang memiliki kualitas terbaik, membandingkan beberapa Product  power supply juga dapat membantu anda menambah pengetahuan tentang kuantitas dan kualitas suatu product, jadi ketika anda memutuskan untuk membeli komponen tersebut, anda tidak mudah ditipu oleh penjual Produk tersebut.
  • Pilihlah Komponen Power Supply yang telah mendapat sertifikasi dan lolos dari uji coba di laboratorium, Komponen power supply yang baik umumnya memiliki beberapa sertifikasi yang telah di uji coba di laboratorium ternama, dan kebanyakan product tersebut berasal dari Brand ternama seperti, Digital Alliance dan juga Seasonic, oleh karena itu saat anda membeli Komponen ini ada baiknya jika anda memeriksa apakah product tersebut sudah memiliki sertifikasi atau belum, jika belum mungkin anda bisa memilih product lain yang telah memiliki sertifikasi dan lolos di uji coba laboratorium

Selain tips diatas kami ingin membagikan informasi jenis-jenis power supply agar dapat membantu anda memilih power supply yang bagus, berikut ini jenis-jenis power supply

  • Power supply stanart, adalah power supply yang umum dengan brand-brand biasa ataupun bagus yang dilengkapi dengan konektor power untuk motherboard, harddisk dan VGA
  • Power supply modular, adalah power supply yang kabel-kabelnya bisa dilepas dari power supply sehingga casing anda bisa lebih rapi karena kabel yang tidak terpakai bisa dilepas dan anda cukup memasang kabel yang akan dipakai saja. Power supply modular biasanya dipakai untuk PC gaming dan brand-brand yang membuatnya juga sudah ternama dan sudah pasti kualitasnya bagus.
  • Selain 2 jenis itu anda perlu memperhatikan konektor-konektor yang anda butuhkan untuk ditancapkan ke PC. Ada jenis-jenis power supply yang tidak mencukupi konektor yang anda butuhkan. Misalnya anda memakai VGA dengan power dari power supply tentunya anda memerlukan konektor khusus dari power supply ke VGA. Pastikan sebelum anda membeli konektor tersebut ada dan dapat dipakai.

Demikianlah beberapa ulasan kami mengenai beberapa Tips Memilih Power Supply Yang Bagus untuk perangkat PC anda, semoga dengan ulasan kami yang singkat ini dapat membantu menambah pengetahuan pengguna dan dapat membantu untuk menemukan komponen Power Supply yang memiliki performa yang apik dan tahan lama, semoga bermanfaat.

Baca artikel yang lain mengenai Bagaimana Cara Memilih Power Bank Murah Berkualitas

LEAVE A REPLY