stabilizer yang bagus

stabilizer listrik yang bagus

Memilih Stabilizer Yang Bagus

Blog about all latest PC & tech related news and info

Pakai PC Tanpa Stabilizer? Simak Tips Memilih Stabilizer Yang Bagus

Berdasarkan forum-forum di internet, beberapa pengguna komputer sering bertanya apakah mengoperasikan komputer tanpa stabilizer itu baik dan aman?

Pertanyaan tersebut mungkin saja muncul bagi pengguna PC yang tidak menggunakan stabilizer. Apakah pertanyaan serupa terlintas dalam benak kamu?

Jika iya, ada dua kemungkinan nya. Pertama, kamu belum membeli stabilizer untuk mendukung PC mu. Kedua, kamu memang tidak ingin menggunakan stabilizer komputer.

4 Tips Menggunakan Komputer Tanpa Stabilizer

Saya sendiri termasuk dalam kemungkinan yang kedua. Saya memang saat ini tidak menggunakan stabilizer komputer.

Apa hasil dan pengalaman terburuk yang pernah saya alami ketika menggunakan pc tanpa stabilizer ?

Sejak awal perakitan PC hingga masa pemakaian, saya tidak mengalami kendala berarti.

Namun, setelah pemakaian beberapa tahun akhirnya kinerja PC saya mulai bermasalah karena pengaruh tidak adanya stabilizer.

Satu hal yang paling saya rasakan, PC tanpa stabilizer mendadak restart disaat saya tengah mengoperasikannya.

Dan yang terparah motherboard PC saya akhirnya mati total tidak berfungsi dan komputer sayapun tidak dapat diopersaikan.

Tapi, jika dihitung dari usia garansi ternyata motherboard saya juga memang sudah melewati masa garansi resmi.

Karena saya sempat mencoba untuk memperbaiki PC tersebut terlebih dahulu melalui service centernya.

Setelah di cek motherboard saya memang bermasalah, dan salah satu penyebab masalahnya ya karena tidak menggunakan stabilizer.

Nah bagi kamu yang ternyata saat ini kebetulan menggunakan pc tanpa stabilizer. Meski sangat tidak direkomendasikan, namun jika terpaksa karena budget perakitan yang ketat. Berikut tips yang bisa dilakukan :

  1. Gunakan Pada Tegangan Listrik yang Stabil

Kamu mungkin pernah mendengar beberapa perangkat elektronik dapat mengalami gangguan hingga kerusakan akibat pemadaman listrik yang terlalu sering atau saklar listrik rumah yang sering jepret.

Itu memang benar, akibat pemadaman listrik yang terlalu sering serta pemakaian perangkat elektronik melebihi kapasitas beban Ampere. Ternyata dapat menyebabkan kerusakan komponen tertentu pada perangkat elektronik itu sendiri.

Salah satunya ya seperti yang saya alami. Akibat menggunakan dan mengoperasikan PC tanpa stabilizer pada tegangan listrik yang tidak stabil.

Komponen kapasitor motherboard akhirnya rusak dan tidak dapat mengisi ulang daya listrik.

Dalam situasi terpaksa, sebaiknya kamu menggunakan dan mengoperasikan PC tanpa stabilizer pada tegangan listrik yang benar-benar stabil.

Pilih jadwal yang tepat saat menggunakan PC tanpa stabilizer. Misalnya, di waktu malam hari atau pada saat listrik rumah tidak sedang digunakan oleh beragam perangkat elektronik.

  1. Lakukan Perawatan Berkala Secara Rutin

Pemakaian komputer tanpa dukungan stabilizer memang tidak direkomendasikan. Apalagi jika kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan perawatan PC secara berkala karena kesibukan.

Seperti yang pernah saya jalani dan alami selama menjadi salah satu operator warnet disela-sela kesibukan study saya. PC yang sudah menggunakan UPS saja tetap membutuhkan perawatan berkala oleh teknisinya.

Lantas bagaimana dengan PC yang tidak menggunakan stabilizer ? Sangat direkomendasikan agar kamu melakukan perawatan berkala ekstra secara rutin.

Perawatan dapat dilakukan secara manual dengan dukungan set cleaner PC atau menggunakan dukungan blower khusus penghilang debu dan kotoran casing PC.

Lakukan perawatan seperti pembersihan pada bagian motherboard, power supply, RAM dan hardisk.

Jika memiliki pengalaman teknis, jangan sungkan melakukan perawatan pada prosesor. Bongkar prosesor dan bersihkan headsinknya, dan tambahkan pasta baru pada prosesor.

  1. Hanya Untuk Motherboard Terbaik

Motherboard untuk PC tersedia dalam beberapa jenis dan pilihan merek. Masing-masing merek motherboard memiliki kualitas dan daya tahan yang berbeda.

Menurut saya pemakaian komputer tanpa stabilizer bisa dilakukan khusus pada motherboard terbaik buatan merek berpengalaman.

Meski harga sedikit tergolong mahal, tapi perusahaan dengan merek terbaik dipastikan telah berpengalaman dalam memproduksi motherboard yang sesuai kebutuhan, aman dan awet.

Bahkan ada salah satu merek motherboard terbaik yang berani memberi jaminan garansi resmi lebih lama dibandingkan merek lainnya.

Mother terbaik juga biasanya sudah ditingkatkan dengan teknologi terbaru yang berdampak pada kinerja dan daya tahan motherboard itu sendiri.

  1. Perhatikan Durasi Pemakaian Komputer

Selain menggunakan dan mengoperasikannya juga pada waktu-waktu khusus. Komputer tanpa stabilizer juga harus diperhatikan durasi pemakaiannya.

Jangan terlalu memaksa untuk memakai komputer tanpa stabilizer dalam durasi yang lama atau seharian.

Sebaiknya beri jeda pemakaian agar PC dapat beristirahat dan komponen PC dapat terjaga meski digunakan tanpa stabilizer.

Menggunakan Personal Computer (PC) tanpa stabilizer memang penuh resiko. Dan jika kamu tidak ingin mengalami permasalahan yang sama seperti yang pernah saya alami sebelumnya.

Maka sebaiknya lengkapi komputer atau pc kamu dengan dukungan stabilizer terbaik yang sesuai.

Lantas bagaimana cara memilih stabilizer terbaik yang sesuai untuk komputer kesayangan kamu ?

Pertimbangan Dalam Memilih Stabilizer Yang Bagus Untuk Komputer

Memilih dan membeli stabilizer baru untuk komputer dan pc sebaiknya tidak hanya berpatok dengan harganya saja.

Agar dapat membeli stabilizer terbaik untuk komputer atau pc, maka kamu perlu juga mempertimbangkan hal-hal berikut :

  1. Jenis Stabilizer
  2. Kapasitas Stabilizer
  3. Kualitas Stabilizer
  4. Jaminan Gransi

Pilih stabilizer dengan dukungan filter dan respon lebih cepat

Jenis sistem yang digunakan pada stabilizer menjadi salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan ketika akan membeli stabilizer.

Stabilizer dengan sistem ferro resonant adalah salah satu yang terbaik. Meski sedikit lebih mahal bila dibandingkan jenis stabilizer lainnya seperti servo motor.

Stabilizer dengan sistem fero resonant sudah didukung dengan filter terhadap berbagai gangguan listrik. Seperti : sag, spirke, suge atau sambaran petir.

Hasilnya stabilizer ferro resonant lebih stabil dan memiliki kemampuan menyaring listrik lebih baik.

Respon stabilizer jenis ferro resonant juga memiliki response time yang lebih cepat yaitu hanya sekitar 0,4 detik saja.

Kapasitas Stabilizer minimal 25 persen lebih besar

Masing-masing stabilizer yang dijual dipasaran saat ini tersedia dalam beragam pilihan kapasitas. Mulai dari kapasitas yang terkecil 500 VA hingga 3000 VA.

Stabilizer yang bagus untuk komputer adalah stabilizer yang memiliki kapasitas lebih besar dari beban listrik yang digunakan komputer.

Minimal kapasitas lebih besar sekitar 25 %, 30% atau 50 % untuk menampung daya fluktuasi daya listrik.

Tipsnya, sesuaikan kapasitas stabilizer yang ingin dibeli dengan tegangan watt power supply komputer kamu.

Pilih Stabilizer berkualitas yang Memenuhi Standar

Pertimbangan ini bisa digunakan khusus kamu yang ingin membeli stabilizer tidak hanya untuk komputer, tapi juga sekaligus untuk rumah kamu.

Selain mengetahui merk stabilizer yang akan dibeli. Kualitas stabilizer juga dapat ditentukan berdasarkan kualitas kabel dan MCB (Miniature Circuit Breaker) nya.

Pilih stabilizer dengan kabel berkualitas yang memang dirancang untuk arus listrik tinggi. Dan pilih stabilizer yang sudah dilengkapi dengan dual MCB.

Stabilizer dengan dual MCB akan mempermudah kamu melakukan baypass dari meteran PLN dan untuk Regulation pada unit stabilizer.

Pastikan juga kamu mengetahui standarisasi MCB pada masing-masing stabilizer untuk rumah yang ingin kamu beli.

Pilih Stabilizer yang Dilindungi Jaminan Garansi Resmi

Kerusakan pada peralatan elektronik memang sering terjadi. Entah itu karena pemakaian yang tidak sesuai dengan buku petuntuk. Atau karena faktor kesalahan pabrik.

Stabilizer terbaik baik untuk pc atau rumah selalu dilindungi dengan jaminan garansi resmi 1-2 tahun. Pilih dan beli stabilizer berkualitas dan berkapasitas terbaik dengan jaminan garansi paling lama.

Kesimpulan

Menggunakan komputer tanpa stabilizer memang dapat dilakukan oleh calon pemilik komputer dengan budget perakitan yang ketat. Tapi tetap saja harus menerapkan 5 tips menggunakan komputer tanpa stavolt yang telah dipaparkan sebelumnya.

Namun jika memang kamu memiliki budget perakitan lebih. Saya tetap merekomendasikan untuk melengkapi PC kamu dengan dukungan stabilizer.

Gunakan 4 pertimbangan utama di atas, sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk benar-benar melakukan pembelian stabilizer baru terbaik untuk PC kamu.

Baca artikel yang lain mengenai Perbedaan notebook dan netbook

LEAVE A REPLY