Mempercepat Kinerja Laptop

cara meningkatkan performa laptop

Mempercepat Kinerja Laptop

Blog about all latest PC & tech related news and info

Mempercepat Kinerja Laptop Supaya Tidak Lemot

Laptop yang sudah lama digunakan mungkin akan mengalami beberapa kendala, salah satunya adalah kecepatan yang menurun alias lemot. Ada banyak hal yang membuat kinerja sebuah laptop menjadi tidak baik lagi. Bisa karena sudah terlalu lama digunakan sehingga komponen-komponennya ada yang harus diganti, atau karena pemakaian yang tidak bijak. Apabila laptop Anda sedang mengalami masalah ini maka bisa membaca informasi pada artikel ini yang akan membahas penyebab dan cara mengatasi laptop yang lemot.

Penyebab Laptop Lemot

Ada banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi kecepatan sebuah laptop. Beberapa penyebabnya mungkin tidak Anda sadari. Mengenai apa saja penyebab-penyebab laptop menjadi lemot, daftarnya ada di bawah ini.

  • Spesifikasi Laptop yang Tidak Sesuai

Laptop itu dibuat dengan spesifikasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya, jika untuk melakukan hal-hal berat maka laptop akan mempunyai komponen yang sangat besar seperti kapasitas RAM, memori, jenis prosesor, dsb. Maka dari itu Anda harus mengetahui batasan laptop Anda. Contohnya, apabila Anda akan menginstal Windows 10 maka laptop harus memiliki RAM minimal 1 GB. Apabila tidak memenuhi spesifikasi stAndar maka sudah pasti laptop akan lemot.

  • Program Service dan Startup Terlalu Banyak

Mungkin Anda tidak tahu ini, setiap Anda menyalakan laptop maka langsung ada beberapa program yang berjalan secara otomatis meski Anda tidak membukanya. Hal ini bisa menjadi penyebab laptop jadi lemot. Supaya hal ini tidak terjadi maka Anda harus memilih beberapa program startup sehingga yang tidak terpakai harus dimatikan.

  • Kapasitas RAM Tidak Cukup

RAM adalah bagian yang penting dari sebuah laptop karena merupakan tempat menyimpan data atau instruksi sementara. Apabila instruksi atau datanya terlalu besar dan memaksa RAM untuk bekerja lebih keras maka komputer bisa jadi lemot dan beberapa program mungkin tidak berjalan atau crash.

  • Banyak File Sampah

Inilah salah satu alasan paling utama yang menyebabkan kinerja laptop menjadi tidak maksimal. Apabila terlalu banyak file terhapus yang tersimpan di recycle bin maka memengaruhi hal ini. Maka dari itu apabila file benar-benar sudah tidak dibutuhkan, hapus saja dari recycle bin karena bisa memenuhi ruang harddisk.

  • Terlalu Banyak Program yang Diinstall

Tentu saja Anda pasti membutuhkan beberapa program untuk bisa digunakan di laptop. Namun beberapa program justru telah tertanam pada laptop sebelum Anda membelinya padahal tidak digunakan. Hal inilah salah satu alasan laptop menjadi lemot.

  • Melakukan Multitasking yang Terlalu Banyak

Multitasking atau melakukan banyak kegiatan sekaligus dalam satu waktu akan membuat processor bekerja dengan lebih berat dan akhirnya membuat laptop menjadi lemot. Lebih baik lakukan beberapa hal dulu yang benar-benar diperlukan, jika sudah selesai Anda bisa menutupnya dan membuka program yang lain.

  • Program yang Terlalu Berat

Apabila Anda menginstal program yang lebih tinggi dibandingkan stAndar spesifikasi laptop Anda maka bisa berpengaruh juga terhadap kecepatan laptop. Maka dari itu Anda harus memilih program yang versinya sesuai dengan spesifikasi laptop Anda.

  • Virus

Apabila Anda terlalu sering berinternet di laptop maka virus kemungkinan besar akan masuk ke laptop Anda. Kebanyakan memang virus ini menyebabkan kinerja laptop jadi lemot. Inilah kenapa Anda perlu menginstal antivirus di laptop.

  • Kapasitas Hardisk Penuh

Jika begini maka aliran data akan jadi lambat sehingga mempengaruhi kinerja laptop. Apabila kapasitas harddisk sudah hampir menyentuh batasnya maka pindahkanlah berbagai data ke tempat penyimpanan yang lainnya supaya ruang memori yang ada akan lebih besar.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan laptop Anda lemot. Tapi jangan khawatir karena Anda bisa mengatasi hal ini.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Pembahasan mengenai penyebab laptop lemot di atas sebenarnya sudah menjadi kunci akan bagaimana mengatasi laptop yang lemot. Namun supaya lebih jelas akan ada pembahasan selanjutnya yang lebih lengkap.

Berikut ini bagaimana langkah-langkah untuk mencegah laptop yang lemot.

  • Cara mengatasi yang pertama adalah jika kapasitas RAM yang laptop Anda miliki kecil. Salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan menambah kapasitas RAM supaya RAM yang sudah pada laptop tidak akan bekerja terlalu keras. Dengan demikian laptop yang lemot bisa dihindari. Mungkin Anda bisa memilih RAM dengan kapasitas 4 GB yang sudah lumayan besar, harganya mungkin sekitar 400 ribu rupiah ke atas.
  • Cara mengatasi yang kedua apabila Anda terlalu banyak melakukan kegiatan multitasking. Jika seperti ini maka akan lebih baik jika Anda membuka satu per satu program yang akan dipakai agar kerja RAM dan processor jadi lebih ringan. Jika memang harus membuka banyak program, buka dulu setidaknya 2 – 3 program saja. Namun akan berbeda ceritanya jika laptop Anda memang memiliki spesifikasi yang tinggi. Membuka banyak program tidak akan memengaruhinya.
  • Cara mengatasi yang ketiga adalah apabila Anda menginstal program yang terlalu berat. Untuk mengatasinya maka Anda harus tahu spesifikasi maksimal program yang bisa dijalankan oleh laptop Anda.
  • Cara mengatasi yang keempat adalah apabila ada malware atau virus di laptop Anda. Ada banyak cara yang bisa dilakukan supaya virus tidak bisa masuk ke komputer Anda. Cara paling utama tentu saja dengan menginstal antivirus di laptop karena antivirus akan melindungi laptop Anda dari serangan malware dan virus. Namun apabila laptop terlanjur terinfeksi oleh virus maka lebih baik lakukan install ulang Windows-nya. Selain itu bisa dengan cara mengupdate antivirus secara berkala supaya antivirus yang bisa dicegah lebih banyak. Cara mengatasi yang lainnya adalah jangan terlalu sering mendownload dari internet secara sembarangan karena banyak website yang sebenarnya telah terinfeksi virus sehingga jika Anda mendownload filenya, virus akan terbawa dan pindah ke laptop Anda.
  • Cara mengatasi yang kelima adalah jika terlalu banyak program yang berjalan ketika startup. Agar tidak terlalu banyak program yang berjalan maka nonaktifkan beberapa programnya yang tidak dibutuhkan. Program-program yang bisa Anda nonaktifkan adalah yang didownload, jangan program driver atau sistem karena justru akan membuat laptop tidak bekerja. Langkah untuk menonaktifkan atau disable program yang tidak penting adalah pada bagian depan Windows tekan windows+R secara bersama-sama dan ketik msconfig. Kemudian nanti akan ada jendela system configuration, pilih dengan opsi menu Startup. Sedangkan untuk Windows 8 dan 10 langsung masuk saja ke bagian Task Manager dengan cara tekan Control+Shift+Esc secara bersama-sama dan pilih Startup. Sesudah itu klik kanan pada program yang ingin dinonaktifkan lalu pilih disable.
  • Cara mengatasi yang keenam adalah dengan menghapus berbagai file yang sudah terlalu banyak. Temporary files adalah file sementara yang memiliki tujuan tertentu, contohnya file-file cache atau di recycle bin. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan beberapa software pembersih, salah satunya adalah CCleaner. Dengan menggunakan software ini maka Anda bisa menghapus berbagai file temporary yang mungkin tidak Anda ketahui keberadaannya. Melakukannya mudah sekali, hanya dengan menganalisa semua file kemudian software ini akan menghapus berbagai file yang tidak penting.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mempercepat kinerja laptop dan mengenai apa saja yang membuat laptop menjadi lemot. Semoga informasi ini berguna bagi Anda.

Baca artikel yang lain mengenai Laptop untuk Programmer

LEAVE A REPLY