Mengenal Virus Komputer

jenis virus komputer

Mengenai Virus Komputer

Blog about all latest PC & tech related news and info

Belajar Mengenai Virus Komputer Untuk Pemula

Mengenal virus komputer sangat penting. Pun mengetahui cara-cara menanganinya berikut jenis-jenisnya.

Apa Itu Virus Komputer?

Virus komputer adalah sebuah program dalam komputer, yang mampu menyalin atau menggandakan file yang serupa. Namun, bukan menyalin biasa, melainkan sebagai ‘program nakal’ yang tujuannya merusak. Biasanya virus dibuat oleh seseorang dengan tujuan tertentu. Virus komputer ini bisa menyebar. Bahkan penyebarannya bisa menyeluruh di tiap bagian komputer.

Cara Kerja dan Penyebaran Virus Komputer

Caranya dengan membelah diri lalu menyisip dalam file program atau dokumen lain, kemudian menggandakan diri.

Begitu dibuka tanpa sengaja, virus ini pun berkembang dan pertama menyerang file yang disalin tadi, sampai tak bisa dibuka sama sekali. Sebab virus bekerja dengan memaksa perangkat tertentu untuk mmproses secara berlebihan program yang sedang dijalankan.

Virus komputer umumnya menyerang langsung perangkat lunak, dan tidak secara langsung menyerang perangkat keras. Terkecuali virus yang super ganas, dan tentu, jika didiamkan efek virus biasa pun bisa berbalik.

Jika dianalogikan, virus komputer ini mirip virus penyakit yang bisa menyerang tubuh manusia, dengan bentuk berbahaya serupa parasit, dan pasti menyebar sekaligus bertambah parah bila tak segera diatasi.

 Perbedaannya, bila virus biologis menyebar lewat udara, maka virus komputer menyebar lewat perantara media. Misalnya melalui harddisk atau flashdisk yang biasa digunakan orang untuk memindahkan file dari komputer satu ke komputer lain, atau menyelinap begitu saja lewat internet.

Dampak Virus Komputer

Dengan begitu bisa dibilang, virus komputer ini sifatnya bisa sangat merusak. Pada beberapa komputer yang diserang, efeknya bisa kentara dan sangat fatal. Bahkan sampai menganggu pengguna komputer. Memang, ada juga yang tidak menimbulkan efek sama sekali, atau hanya menimbulkan gangguan kecil. Meski begitu tetap saja, jika virus kebetulan menyerang dan merusak dokumen Anda yang paling penting, apa yang terjadi tentu tak bisa terbayangkan.

Selain memiliki kemampuan untuk merusak data di komputer, virus yang didiamkan juga akan memperburuk performa komputer. Misalnya dengan membuat kinerjanya lebih lambat atau mudah Hang saat digunakan. Ini terjadi karena cara kerja virus itu sendiri. Dengan menggandakan diri, tentu saja keberadaan virus akan membebani memori penyimpanan, yang berbarti memperlambat kerja RAM secara signifikan.

Penyerangan Virus

Virus komputer paling sering ditemukan menyerang sistem operasi Windows. Mengingat pengguna Windows adalah yang terbanyak di dunia, dan menyerangnya akan memberi keuntungan tersediri. Menurut data yang pernah dikeluarkan Microsoft, serangan virus terhadap Windows mencapai 95 persen. Sementara 5 persen sisanya menyerang MAC, Linux/GNU, IBM, dan yang tidak terlalu kentara yaitu FreeBSD serta Sun Operating System.

Virus dalam Sejarah

Dunia IT mencatat bahwa virus komputer pertama di dunia muncul pada tahun 1981. Program virus tersebut bernama Elk Cloner, dan menyerang sistem keamanan di komputer Apple II. Kala itu, virus yang menyerang hanya berupa tampilan sederet kalimat. Kehadirannya tidak terlalu mengganggu, tapi cukup mengejutkan.

Berikut tampilan kalimatnya yang sudah diartikan dalam bahasa Indonesia: (virus) itu akan mengambil alih komputermu dan akan menulari otaknya. Ya itu peniru! Itu akan menempel pada (komputer)mu seperti lem, dan akan memodifikasi RAM untuk dikirim pada peniru!

Sementara virus pertama yang menyerang PC, diketahui muncul pada tahu 1986. Nama virus tersebut The Brainyang. Virus itu diciptakan oleh dua bersaudara asal Pakistan. Media penyebarannya kala itu adalah disket. Virus Brainyang berpotensi jahat karena memiliki kemampuan mengendalikan instruksi perintah di level DOS.

Sejak itulah, berbagai virus lain terus bermunculan. Prkembangannya pun senada dengan pesatnya teknologi. Tiap kali ada jenis komputer baru, maka pasti ada jenis virus baru, yang anehnya selalu mampu menembus sistem keamanan komputer. Makanya tak heran jika terciptanya beragam virus diklaim sebagai hasil kerja orang-orang nakal, yang bukan rahasia umum lagi berasal dari kalangan dalam pencipta OS, untuk melakukan tindak tak bertanggung jawab demi efek komersil, tapi merusak.

Puncak perkembangan virus, sama seperti puncak teknologi komputer, menyeruak sekitar akhir 90-an hingga awal 2000-an. Misalnya virus SQL Slammer, Code Red, I Love You, Melissa, hingga CriptoLocker yang kini berkembang menjadi Ransomware.

Jenis Virus

Di dunia, ada beberapa jenis virus yang selalu eksis dan kehadirannya perlu terus diwaspadai. Jenis-jenis virus ini bisa dibedakan berdasarkan jenis file seperti apa yang akan terinfeksi, seberapa besar kerusakan yang diakibatkan, dan seberapa fatal skala kerusakannya. Berikut di antaranya.

  1. Worm

Worm merupakan sejenis virus berbahaya, yang memiliki kemampuan berkembang biak sangat cepat. Jika dibiarkan, worm bisa memenuhi kapasitas penyimpanan harddisk dengan file-file sampah. Cara mengatasinya tak sulit. Anda bisa melakukan scanning alias pembersihan virus menggunakan beragam antivirus macam AVG, Avira, dan sejenisnya.

  1. Trojan

Trojan merupakan sejenis virus komputer yang lebih berbahaya dari Worm. Ia memiliki kemampuan jahat untuk mengontrol hingga mencuri data-data yang tersimpan dalam sebuah perangkat komputer. Viru jenis ini bisa muncul dari internet atau pengamanan email yang berhasil dibobol virus, ketika pengguna membuka email. Trojan hanya bisa diatasi dengan sejenis software bernama Trojan Remover.

  1. Multipartite Virus

Seperti namanya, virus ini terdiri dari sejumlah file. Seluruhnya mampu menginfeksi sistem operasi tertentu yang terdapat dalam perangkat komputer. Bahayanya, virus ini bukan hanya menginfeksi dengan sangat cepat, tapi juga tersembunyi dalam harddisk dan RAM. Meski begitu, virus ini bisa diatasi. Yakni dengan mengoperasikan Disk Defragmenter secara berkala.

  1. Memory Resident Virus

Virus ini bekerja dengan menyerang memori komputer. Efeknya cukup merepotkan karena bisa menurunkan performa komputer dengan membuatnya lebih lambat. Anda bisa mengatasinya dengan Antivirus macam Avira atau Avast.

  1. Directory Virus

Virus ini hanyak akan menginfeksi jenis file dengan ekstensi exe. Jangan heran jika file exe yang terpapar virus bisa mendadak error atau hilang seketika. Bahayanya virus ini bisa menular pada seluruh file exe dengan sangat cepat. Sementara file exe, seperti diketahui, merupakan program penting dalam komputer. Tak cukup dengan antivirus, virus jenis ini cuma bisa diberantas dengan menginstal ulang sistem operasi.

  1. Overwrite Virus

Virus ini tergolong licik dan jahat, karena bisa menginfeksi data dengan menghapusnya sampai benar-benar hilang, tanpa mengurangi kapasitas di harddisk, sehingga pengguna tidak mengetahui bahwa file tersebut telah lenyap dari direktori. Cara mengatasinya agak repot, karena Anda perlu mengecek satu per satu file mana yang terinfeksi, lalu menghapusnya secara manual, agar tidak menyebar ke file lain.

  1. FAT Virus

FAT atau File Allocation Table, merupakan jenis virus yang akan merusak file pada direktori tertentu. File sebetulnya tidak hilang, tapi akan disembunyikan, sehingga tampak seolah menghilang. Jika Anda mencurigai ada file yang lenyap misterius, cukup atasi dengan Antivirus.

  1. Boot Sector Virus

Seperti namanya, virus ini menginfeksi bagian terkecil komputer yang bernama disk boot sector. Virus akan bekerja ketika sistem komputer berjalan. Mengatasinya hanya bisa dilakukan dengan mengatur hard drive Anda dalam Write Protect.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Membuat VPS Sendiri

LEAVE A REPLY