mengenal internet

pengertian internet

Mengenal Internet

Blog about all latest PC & tech related news and info

Seberapa Tahu Tentang Internet? Yuk Mengenal Internet Di Sini!

Tahukah Anda, berdasarkan data terbaru yang dirilis We Are Social per Agustus 2017, pengguna internet di seluruh dunia terus meningkat drastis. Yakni dengan pengguna global 51 persen dari total populasi dunia, atau mencapai 3,8 miliar orang.

Hal ini berangkat dari populasi dunia yang berkisar sekitar 7,1 miliar orang, dan pengguna internet yang tadinya tak sampai setengah populasi dunia pada tahun 2016. Bahkan, Indonesia sendiri menduduki peringkat keenam di dunia sebagai pengguna internet terbanyak, dengan lebih dari 2 milyar penggunanya mengakses internet lewat ponsel.

Tentu, fenomena fantastis ini tak lepas dari maraknya penggunaan media sosial, juga pemakaian ponsel pintar di kalangan masyarakat yang kian menyeluruh.

Begitu pula, perkembangan internet yang sangat cepat tak terlepas dari peran teknologi sekaligus globalisasi. Internet juga begitu mudah diakses, tak butuh banyak biaya, menyajikan berbagai fitur informasi menarik, pun memudahkan komunikasi.

Lantas, apa saja yang Anda ketahui mengenai internet itu sendiri? Mari mengenal internet lebih jauh.

Pengertian Internet

Internet merupakan kependekan dari interconnection networking, artinya antarjaringan penghubung internet. Mudahnya, internet bisa dibilang sebagai sebuah jaringan yang menghubungkan jaringan perangkat komputer satu dengan komputer lain, di seluruh dunia.

Jadi jelas, jaringan internet sangat besar. Bahkan tak berbatas pada apa pun, termasuk teritori wilayah, pun peraturan wilayah di seluruh dunia. Standar penggunaan sistemnya bersifat global, yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite). Medianya bisa apa saja, mulai dari PC, laptop, hingga smartphone dan peralatan elektronik memungkinkan lainnya.

Internet memiliki dua peranan penting. Yakni sebagai sumber data dan komunikasi, serta sarana komunikasi itu sendiri.

Sekilas Sejarah Internet

Internet dibentuk pertama kali pada 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, lewat sebuah proyek bernama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Kala itu, OS yang digunakan berbasis UNIX, jenis OS yang juga pertama kali diciptakan.

Proyek tersebut berkembang sebagai cikal bakal terciptanya IP. Pada awalnya, internet hanya untuk kepentingan militer, di mana penyebaran informasi bisa diterima secara mudah oleh perangkat komputer militer di berbagai tempat, andai ada serangan nuklir dan sebagainya.

Pada Oktober 1972, ARPANET yang tadinya cuma menghubungkan 4 situs yang ada di Amerika, kemudian diperkenalkan pada masyarakat umum. Sejak itulah permintaan pemakaian internet menyebar luas dengan pesat, dan membuat ARPANET kewalahan.

Untuk itu, ARPANET selajutnya dipecah jadi dua. Satu yang disebut MILNET bagi kepentingan militer, dan satu lagi ARPANET kecil yang baru untuk kepentingan nonmiliter, alias yang kita kenal sampai saat ini. Namanya pun berubah jadi DARPA Internet, yang selanjutnya disederhanakan jadi internet.

Aplikasi Internet

Aplikasi internet memiliki andil besar pada keberlangsungan perkembangan teknologi digital, bahkan kehidupan orang banyak. Makanya hal ini sempat jadi sorotan para pengamat IT sekaligus pemerhati sosial Indonesia.

Menurut mereka, aplikasi internet termasuk konten dan servisnya, dinilai belum diatur secara jelas sehingga kerap merugikan orang banyak. Mengapa begitu? Karena internet yang berlangsung sekarang, lebih banyak menyaring informasi barat dibanding lokal. Sementara Indonesia bukanlah negara barat, tentu dampak yang paling nyata adalah meningkatnya pengangguran.

Di Indonesia, tak semua lini masyarakat memfungsikan internet secara menyeluruh layaknya masyarakat di dunia barat. Masih banyak masyarakat Indonesia yang bahkan belum siap menghadapi kemajuan teknologi, baik itu secara pendidikan dan kesejahteraan. Jika seluruh lini kehidupan jadi terhubung dengan internet, tanpa batasan yang jelas, boleh jadi keberadaannya hanya menguntungkan separuh pihak saja, bukan menyeluruh. Pun bukan di bidang yang menciptakan kesejahteraan, melainkan hanya sebagai lapak komunikasi.

Ada setidaknya 7 aplikasi internet yang umum digunakan masyarakat pengguna internet. Berikut penjelasannya.

1. WWW  (Word Wide Wibe)

Setiap pengguna internet dijamin kenal benar dengan aplikasi satu ini. Ya, karena memasuki internet, nyaris tak mungkin tanpa menyertakan aplikasi WWW, atau yang disebut juga web. Sebagai aplikasi terpenting, Web memungkinkan seluruh jaringan komputer di internet saling bertukar informasi. Formatnya berupa dokumen khusus, disebut juga hypertext dan hypermedia. Hypermedia ini memungkinkan hypertext berupa informasi tadi disimpan dalam beragam bentuk. Misalnya sebagai teks, gambar, juga suara dan video.

2. E-Mail (Elektronik Mail)

Elektronik Mail atau surat elektronik yang bisa disingkat surel, dan lebih dikenal sebagai email, merupakan aplikasi internet yang umum digunakan sebagai pengganti sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk biasa, menjadi elektronik. Bentuk berkirimnya nyaris sama dengan berkirim surat biasa.

Tak hanya berkirim pesan lewat tulisan, Anda juga bisa berkirim seluruh file dokumen  apapun lewat email. Misalnya gambar atau foto, video, dan sebagainya. Proses pengiriman dan sampainya pun sangat cepat, hanya dalam hitungan detik. Selama pihak yang dikirimi juga punya jaringan internet yang baik.

Saat ini, seluruh pengguna internet seakan wajib punya email. Meski ada yang sangat jarang membukanya, bahkan sampai lupa password, setidaknya kebutuhan memiliki email berkontribusi penting bagi akses membuat dan membuka media sosial atau fitur perpesanan tertentu yang banyak digunakan orang.

3. Milis (Mailing List)

Milis ini tak beda jauh dengan email. Bedanya, milis berbentuk semacam grup dalam dunia perpesanan elektronik, alias menjadi sarana komunikasi bagi suatu kelompok, lewat email. Tiap pesan yang dikirim ke milis, akan sampai dan terbaca oleh seluruh anggota kelompok yang terdaftar dalam milis tersebut.

4. IRC (Internet Relay Chat)

Jika Anda sering bercakap-cakap lewat internet pasti paham apa itu IRC. IRC ini biasa disebut chatting. Bukan percakapan menggunakan telepon, melainkan lewat teks, dengan saling bertukar pesan. Anda bisa berkomunikasi antarperorangan, atau berkelompok. Bisa membicarakan hal pribadi, atau topik tertentu yang sedang dibahas. Khusus untuk perbincangan kelompok yang ada dalam sebuah forum, biasa disebut Newsgroup. Newsgroup ini umumnnya dilengkapi berbagai perangkat multimedia sebagai fasilitas penunjang. Kegiatan chatting ini butuh dukungan penggunaan software, namanya IRC Client. Salah satu yang paling populer, yaitu mIRC.

5. FTP (File Transfer Protocol)

FTP ini aplikasi yang memungkinkan pengguna internet mengunduh atau mengunggah file tertentu ke dalam jaringan internet. Istilahnya, download dan upload. Dengan FTP, proses transfer data jadi lebih cepat.

6. Telnet

Aplikasi Telnet biasa digunakan untuk mengakses komputer tujuan yang lokasinya berjauhan. Biasanya aplikasi ini dipakai satu perusahaan tertentu semisal bank pusat dan bank cabangnya di daerah lain. Meski begitu, untuk menjaga keamanan informasi data yang diakses, Telnet cuma bisa digunakan jika Anda mengetahui IP address sekaligus User ID dan Password komputer yang akan diakses. Jadi, seperti membuka komputer sendiri dari jarak jauh saja.

7. VoIP (Voice over Internet Protocol)

Seperti namanya, aplikasi ini menggunakan internet protocol, sebagai alat yang memungkinkan sesama pengguna internet berkomunikasi jarak jauh secara langsung. Cara kerjanya mirip telepon, dengan data yang dikirim dan diterima berbentuk audio.

Baca artikel yang lain mengenai Server Rakitan vs Built up

LEAVE A REPLY