Mengenal Jaringan Komputer

macam macam jaringan komputer

Mengenal Jaringan Komputer

Blog about all latest PC & tech related news and info

Belajar Mengenal Jaringan Komputer Untuk Pemula

Anda mungkin sering dengar, ketika ada hacker yang berhasil mencuri rahasia penting, yang dibobolnya jaringan komputer. Ketika ada perbaikan di komputer, ada saatnya teknisi bakal bilang, jaringan komputernya yang bermasalah. Begitu pula saat koneksi internet buruk, lagi-lagi, penyebabnya gangguan jaringan komputer.

Begitu akrab jaringan komputer di telinga kita. Sampai-sampai ada orang yang menyamakannya dengan komputer itu sendiri.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang dirancang untuk menghubungkan lebih  dari satu komputer. Tujuannya untuk mempermudah penggunaan, sekaligus efisiensi teknologi. Dengan adanya jaringan, antarkomputer tadi bisa lebih mudah dalam hal berkomunikasi, berbagi data, hingga berbagi perangkat keras (hardware) dan lunak (software). Termasuk mempermudah komunikasi antarpengguna pada komputer yang berbeda.

Apa Contoh dan Manfaatnya?

Tak jauh berbeda dengan tujuannya, Anda bisa mengakses segala sumber dan file milik Anda sendiri atau orang lain tanpa repot. Misal, ketika Anda membutuhkan akses berita atau informasi lainnya, maka dengan mudah Anda bisa menemukan data yang telah disebar lewat jaringan internet.

Proses pengiriman data macam teks, gambar, juga audio dan video pun akan lebih mudah, cepat dan efisien, sekaligus bisa dikirim secara real time.

Mengontrol kegiatan juga lebih efektif karena pada satu jaringan, Anda bisa menghubungkan berbagai perangkat. Mulai dari komputer, laptop, hingga ponsel pintar.

Anda juga tak akan kesulitan berkomunikasi jarak jauh dengan orang di beda negara. Selain itu, Anda bisa lebih berhemat pengeluaran. Contohnya, jaringan perangkat akan membantu tiga komputer untuk terhubung dengan satu printer,atau scanner sehingga tak perlu membeli lagi.

Macam-Macam Jaringan Komputer

Jenis jaringan dengan jangkauan yang paling sederhana adalah LAN, dan yang paling luas ialah internet. Berikut penjelasannya.

1. LAN (Local Area Network)

LAN atau jaringan wilayah lokal merupakan jenis jaringan komputer yang mencakup wilayah kecil. LAN ini merupakan dasar jaringan komputer. Elemen pembangunannya terdiri dari komponen fisik dan software. Komponen fisik mencakup PC (Personal Computer), NIC (Network Interface Card) macam ethernet, dan kabel yang disebut twisted pair ethernet. Sementara komponen software mencakup sistem operasi jaringan, protokol jaringan atau dikenal juga IP Address, dan network adapter driver.

Pada suatu kumpulan komputer, biasanya ada beberapa unit komputer yang disebut client, dan ada satu unit komputer berupa sumber data yang disebut server. Semuanya tercakup dalam satu area lokal, otaknya di server. Masing-masing komputer tadi, baik server atau client, keduanya bisa saling bertukar data dan informasi. Dengan kata lain, hubungannya timbal balik.

Anda bisa menemui LAN ini pada jaringan komputer di rumah, juga jaringan di satu tempat lainnya seperti di sekolah, kampus, gedung perkantoran tertentu, dan banyak lagi.

2. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN ini jaringannya lebih luas dan canggih dari LAN, yaitu dari kota ke kota. Misalnya, sekolah x di Jakarta yang punya cabang di Bandung dan Surabaya bisa berkomunikasi dengan mudah pakai MAN. Jaringan ini juga biasa dipakai pusat perbelanjaan modern yang masih satu label antarkota, atau untuk urusan bisnis.

Sebab jarak yang berjauhan, sistem jaringannya bukan lagi client-server, melainkan perlu operator telekomunikasi untuk menghubungkan antarjaringan. Selain lebih luas dan canggih,  sistem keamanan dalam jaringan sebetulnya lebih baik.

Sayangnya, MAN kerap dianggap tidak aman karena sering jadi sasaran cracker atau hacker ‘nakal’. Penggunaan alat tambahan pun menambah biaya operasional. Terlebih lagi, MAN butuh waktu lama untuk diperbaiki.

3. WAN (Wide Area Network)

WAN punya cakupan lebih luas dari MAN dan LAN. Yakni antarnegara, pun antarbenua. Oleh karena itu, jaringan WAN bisa mencakup MAN dan LAN. Alat bantunya pun lebih canggih, bukan sekadar operator, melainkan kabel fiber optic (ini masih mencakup jaringan LAN) yang ditanam dalam tanah, melewati jalur bawah laut yang disediakan khusus.

Jaringan dengan kabel fiber optic unggul karena andal dan memiliki kecepatan yang tak perlu diragukan. Kecepatan pengiriman datanya melebihi 100Mbps dan bebas pengaruh lingkungan. Jika penggunaan kabel tidak memungkinkan, jaringan WAN dengan pola penghubung berupa gelombang radio barulah digunakan. Biasanya pengguna jaringan WAN adalah perusahaan besar

Seperti MAN yang punya keunggulan dan kekurangan, WAN juga sama. Selain lebih mudah dioperasikan dan lebih terjamin keamanannya, arus informasi yang bersifat rahasia juga bisa aman . Namun, jika keamanan sampai menurun, kecenderungan ‘tercurinya’ sejumlah data penting pun makin besar. Apalagi untuk perawatan dan operasional, jaringan WAN butuh biaya lebih banyak. Terlebih karena proses pemasangannya yang terbilang sulit.

4. Internet

Seperti yang Anda kenal selama ini, internet punya kemampuan merambah segala lini kehidupan. Artinya, jaringan internet bersifat global (meluas) dan menghubungkan antardunia. Internet sendiri bisa dibilang perpaduan antara berbagai jenis jaringan komputer, topologi, dan tipe jaringan yang seluruhnya saling berhubungan. Untuk mentransfer data, jaringan internet butuh node-node tertentu.

Adakah Jenis Jaringan Lainnya?

Jenis jaringan komputer lainnya bisa dibedakan berdasarkan distribusi sumber data, media taransmisi, hubungan jaringan, dan topologi jaringan. Seluruhnya bisa tercakup pada LAN, MAN, dan WAN. Berikut penjelasannya.

1. Distribusi Sumber Data

Pendistribusian data bisa dilakukan melalui jaringan terpusat dan terdistribusi. Jaringan terpusat serupa jaringan LAN, di mana lebih dari satu komputer yang dipakai, memiliki satu server dan banyak client. Client bertugas sebagai perantara untuk mengakses sumber data dari server. Jaringan terpusat punya dumb terminal atau terminal bisu, yang tidak memiliki alat untuk memproses data.

Sementara jaringan terdistribusi merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat. Paduan ini memungkinkan server dan client saling terhubung membentuk jaringan berbeda. Dengan kata lain, bisa juga berlaku timbal balik.

2. Media Transmisi

Media transmisi untuk jaringan bisa berkabel atau tidak. Jaringan berkabel disebut wired network, sedangkan jaringan nonkabel/nirkabel disebut wireless network.

Untuk jaringan berkabel, kabel yang umum digunakan adalah kabel UTP. Fungsinya agar satu komputer dengan komputer lainnya bisa terhubung, pun saling terhubung ke internet, sehingga pengguna atau komputer tersebut bisa berbagi data.

Untuk jaringan nirkabel, cara kerjanya mirip jaringan WAN yang menggunakan gelombang elektromagnetik.Salah satu media yang umum dipakai adalah wireless adapter.

3. Hubungan Jaringan

Selain hubungan jaringan client-server, ada juga hubungan jaringan peer to peer. Istilah ini untuk menyebutkan bahwa kedudukan komputer server dan client setara, alias memiliki hubungan dua arah.

4. Topologi Jaringan

Topologi merupakan struktur geometrik pembentuk jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan lainnya. Jenis topologi ada dua, yang berdasar logika dan berdasar fisik. Tiap jenis tadi memiliki turunan beragam, dengan struktur jaringan yang semakin kecil. Karakteristiknya pun berbeda-beda dan memiliki fungsi yang saling terkait satu sama lain.

Sama seperti jaringan LAN, MAN, dan WAN, topologi juga memiliki media sebagai penghubung, yaitu kabel. Di antaranya twisted pair, kabel coaxial, kabel optic dan wireless.

Baca artikel yang lain mengenai Server Rakitan vs Built up

LEAVE A REPLY