Mengenal Microsoft Word

bagian microsoft word dan fungsinya

Mengenal Microsoft Word

Blog about all latest PC & tech related news and info

Mengenal Microsoft Word Untuk Pemula Yang Belajar Komputer

Microsoft Word atau Microsoft Office Word merupakan perangkat lunak (software) atau program aplikasi untuk mengolah kata, yang disebut juga word processor.

Orang biasa menggunakannya untuk membuat dokumen berupa tulisan, yang bisa juga diselipi bermacam kebutuhan seperti tabel, gambar, dan segala elemen pendukung data. Misalnya membuat karya tulis, seperti makalah juga laporan.

Hingga saat ini, Microsoft Word merupakan andalan perusahaan Microsoft, sekaligus aplikasi terbaik untuk menulis di komputer, yang umum digunakan seluruh masyarakat di penjuru dunia. Khususnya bagi kepentingan dunia kerja dan siswa sekolah. Mari menyimak lebih jauh tentang Microsoft Word.

Sejarah dan Evolusi Microsoft Word

Kemunculan pertama Microsoft Word adalah versi 1.0 pada tahun 1983. Namanya saat itu Multi-Tool Word, dengan sistem operasi Xenix dan MS-DOS. Versi-versi setelahnya terus bermunculan, tetapi bukan malah melengkapi versi pertama, melainkan menjadi terobosan lain. Misal, Apple Macintosh pada tahun 1984.

Pada 1989, Microsoft melahirkan sistem operasi Windows untuk pertama kalinya. Ini sekaligus mengusung penciptaan Microsoft Windows. Tampilannya jauh lebih baik dibanding sebelumnya. Setahun setelahnya, Microsoft kembali meluncurkan Windows 3.0. Ini juga menjadi cikal bakal munculnya versi-versi terbaru Word for Windows 1.0.

Tahun 1991, Word versi 2.0 diluncurkan. Menyusul  Word versi 6.0 setahun setelahnya. Pada 1995, Microsoft membuat terobosan baru Office suite. Di dalamnya juga tercakup word 7.0, yang selanjutnya berganti nama menjadi Word 95. Sejak itulah, penamaan software yang saat itu mengetren menggunakan angka untuk berbagai versi, kemudian berubah memakai tahun.

Dua tahun kemudian, Microsoft Word 97menjadi versi pertama yang menampilkan OfficeAssistant bernama “Clippit”. Clippit ini merupakan cikal bakal fitur animasi di semua program Office, yang sebelumnya telah diperkenalkan pada Microsoft Bob.

Fitur Word 2000 yang muncul setelahnya tak berbeda  jauh dengan Microsoft Word 2002 atau Word xp, yang dirilis tahun 2001 bersamaan dengan Office XP. Bedanya, Word XP punya tambahan fitur baru Task Panes. Fungsinya sebagai pusat kontrol dan informasi bagi banyak fitur, yang lebih cepat dibanding sebelumnya. Yaitu yang tadinya tersedia di kotak dialog.

Microsoft Word 2003 kemudian muncul sebagai yang paling inovatif. Seluruh program Microsoft keluaran tahun 2003, termasuk Word, diberi nama baru sesuai Office Suite, yang akhirnya berubah nama menjadi Microsoft Office Word.

Microsoft kekinian dimulai pada tahun 2007, setelah dibesut Microsoft Corporation, yang berhasil mengembangkan versi-versi sebelumnya. Microsoft Word 2007 punya keunggulan lebih ramah pengguna dan punya standar baru menggunakan ribbon. Ribbon ini tampilan menu tool yang lebih kaya seperti tab, group, dan ribbon. Jika Microsoft Word 2003 menggunakan Toolbar, Menu Bar, atau Title Bar; maka Microsoft Word 2007 pakai format file baru, yaitu docx.

Tahun 2009 Microsoft Word 2010 dirilis. Keandalan utamanya yaitu kemampuan multitasking yang memungkinkan pengguna Word menulis, mengedit sekaligus mengakses satu dokumen dari banyak lokasi. Termasuk lebih mempercepat pengerjaan dengan beragam fitur yang mempermudah.

Namun jangan salah, meski fitur tak penting telah dipangkas, tetapi jadi lebih lengkap dan mendukung beragam kemampuan. Alhasil, Microsoft Word 2010 punya keunggulan lebih ringan ketimbang versi-versi sebelumnya.

Microsoft Word 2013 diluncurkan tepat di awal tahun. Fiturnya mendukung seluruh OS Windows terbaru. Mencakup penyimpanan data di aplikasi Cloud, dan mendukung penyuntingan file PDF. Secara keseluruhan, tampilannya masih mirip Microsoft Word 2010, dengan tema Metro.

Sementara yang terbaru, Microsoft 2016, hadir dengan sejumlah upgrade di sana-sini termasuk fitur-fitur real time yang canggih, dan memungkinkan penggunanya mendapat sejumlah kemudahan. Selain bisa difungsikan di PC, aplikasi Word juga bisa ditemukan di ponsel cerdas.

Fitur Microsoft Word

Meski Microsoft Word memiliki banyak versi, fitur utamanya mendukung kemampuan Word yang paling dasar, yakni untuk menulis dan membuat dokumen. Bedanya tentu saja, semakin kekinian, akan semakin lengkap juga fitur yang tersedia. Versi Word dengan pengguna terbanyak adalah Microsoft Word 2007.

Sayang, orang kerap tidak mempergunakan keseluruhan fungsi Microsoft Word, sehingga bertambah kekinian, justru dianggap semakin menyulitkan.

Beberapa fitur utama yang bisa ditemukan pada seluruh versi terhitung sejak munculnya Microsoft Word 2003 adalah pengaturan font atau jenis huruf, pengaturan numbering atau pengangkaan, dan tampilan outline untuk melihat halaman per dokumen secara detail. Agar lebih jelas, mari mengenali fitur yang biasa digunakan dalam Word lebih jauh.

1. Microsoft  Office Button atau Menu File

Letaknya di pojok kiri atas dengan logo Microsoft dalam lingkaran. Jika diklik akan menampilkan fungsi dokumen utama sebagai berikut.

  • New (lembar kosong baru)
  • Open (membuka dokumen tersimpan)
  • Prepare (menyiapkan dokumen)
  • Publish (mempublikasi dokumen)
  • Send (mengirim file lewat emai)
  • Close (menutup program)
  • Recent (membuka dokumen terakhir yang telah ditutup)
  • Save (menyimpan dokumen)
  • Save As (menyimpan dokumen sama dalam format lain)
  • Seacrh (mencari dokumen tertentu)
  • Print (mencetak dokumen dan mengatur kinerja printer)
  • Send to (mengirim dokumen lewat e-mail)

2. Quick Access Toolbar (Perintah Cepat)

Letaknya di atas persis di sebelah kanan Office Button. Isi tetapnya adalah fitur save dan undo (pembatal perintah), selebihnya bisa ditambahkan sesuai keinginan.

3. Tittle Bar (Kolom Judul)

Fungsinya memperlihatkan judul dokumen. Jika belum disimpan, judul otomatis yang akan tampak adalah ‘Document 1.’

4. Ribbon Tab

Fitur  ini terletak di bagian atas lembar kerja dengan 8 tab toolbars, yakni kelompok perintah yang isinya dinamakan grup.  Group ini berjejer rapi di beberapa kotak yang disebut Dialog Box Launchers. Group juga memiliki banyak tombol perintah (command button) dengan fungsi berbeda. Bentuknya bisa dikenali sebagai ikon kecil. Berikut 8 tab yang dimaksud:

Home

Isinya menu standar yang umum dan pasti digunakan untuk menulis dokumen. Berikut perinciannya.

  • Berfungsi menampung dokumen sementara, dan berisi grup seperti paste (untuk menempel dokumen/ctrl+v), Cut (pemotong dokumen), copy (menggandakan dokumen/Ctrl+C), Format Painter (peniru format halaman dokumen).
  • Menu penulisan yang mencakup pilihan jenis huruf, pengatur ukuran huruf (font size), memperbesar dan memperkecil ukuran huruf (grow dan shrink font), Menghapus format (clear formatting), dan sisanya berfungsi memberi gaya pada sebuah kata atau tulisan. Misal, bold untuk mempertebal tulisan atau Text Highlight Color untuk menyematkan garis stabilo.
  • Berfungsi mengatur peletakan dan penulisan paragraph. Isinya terdiri dari bullet dan numbering (untuk memberi tanda berupa format gambar atau penomoran), decrease dan increase (untuk menggeser awal paragraph lebih ke kanan atau kiri), alignment untu mengatur posisi teks rata kanan-kiri-tengah, line spacing (mengatur jarak antarparagraf), shading (mengatur latar warna), border (memberi garis tepi), dan sort (untuk menyortir dokumen).
  • Mengatur tampilan teks secara cepat dengan opsi tertentu macam normal, tanpa spasi dan heading.
  • Berfungsi mengedit teks, yang terdiri dari find (untuk mencari kata), replace (mengganti kata) dan select (untuk memilih objek).

Insert

Berfungsi menyisipkan perintah dalam dokumen yang terdiri dari 7 bentuk, antara lain:

  • Page (laman). Terdiri dari Cover Page (sampul halaman), blank page (halaman kosong), dan page break (sisipan halaman di sela halaman).
  • Table (tabel). Ini bisa dibuat sendiri atau dikonversi dari jenis Microsoft Office lain.
  • Sisipan ilustrasi berupa pilihan tool seperti gambar, bentuk, grafik, smartArt, diagram, dan sebagainya.
  • Link (tautan) seperti Hyperlink, Bookmark, atau referensi silang.
  • Header&footer (catatan kepala dan kaki) yang juga mencakup page number (penomoran).
  • Text (tulisan indah) seperti Text Box dan artistik, huruf capital, juga penanggalan
  • Symbol seperti karakter khusus dan penanda matematika.

Page Layout

Berfungsi mengatur tata letak dokumen seperti huruf sesuai format (themes), latar belakang halaman yang mencakup teknik pewarnaan dan bingkai (page background), pengaturan jarak teks dan antarparagraf, pengaturan bentuk kertas dan dokumen (page layout), dan posisi teks pada halaman (arrange).

References

Berfungsi sebagai acuan referensi seperti pada penulisan catatan kaki (biasanya untuk kepentingan sertaan data ilmiah), termasuk sisipan gambar dan tanda citasi.

Mailings

Berfungsi membuat mail merger atau surat dalam jumlah besar, menuliskan alamat pada amplop, juga membuat label atau kop surat.

Review

Berfungsi mengecek ulang kesalahan tata bahasa dalam penulisan, treking perubahan, perbandingan dokumentasi, dan juga melindungi dokumen.

View

Berfungsi memperlihatkan kegiatan dokumentasi secara menyeluruh. Mulai dari tampilan dokumen dalam skala tertentu, alat bantu macam penggaris dan gridlines yang bisa disembunyikan atau tidak, pemetaan dokumen, hingga gambaran dokumen dalam bentuk hasil cetak, atau tampilan di web.

Acrobat dan Help

Fitur Help berfungsi sebagai mode bantuan andai pengguna menemukan masalah. Sementara Acrobat merupakan fitur tambahan untuk mengubah dokumen berformat docx dan format Word lainnya menjadi PDF.

Baca artikel yang lain mengenai Membuat Cloud Storage di Rumah

LEAVE A REPLY