Mengganti Keyboard Laptop

Penyebab Keyboard Laptop Rusak

Mengganti Keyboard Laptop

Blog about all latest PC & tech related news and info

Cara Mengganti Keyboard Laptop yang Benar agar Berhasil

Komponen dalam sebuah laptop atau alat elektronik apa pun pasti suatu saat akan mengalami kerusakan. Oleh karena memang ada masanya. Dalam sebuah laptop, keyboard adalah salah satu yang sering rusak apalagi sering digunakan untuk menulis. Keyboard memang salah satu hardware laptop paling penting. Beberapa masalah yang bisa terjadi pada keyboard biasanya ada tombol yang tidak berfungsi atau tombol hilang. Apabila keyboard laptop Anda sedang mengalami masalah maka bisa membaca artikel ini yang akan membahas bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Keyboard Laptop Rusak

Apa pun yang dipakai dalam jangka waktu yang lama pasti akan rusak apalagi barang elektronik. Untuk sebuah laptop bagian yang rusak biasanya hardware seperti keyboard, kabel charger, baterai, dan layar. Jika bagian keyboard yang rusak pastinya akan mengganggu pekerjaan karena memang harus selalu dipakai. Ada banyak sekali penyebab keyboard dalam sebuah laptop rusak. Mungkin ada yang sedang Anda alami saat ini. Berikut ini apa saja hal yang bisa menyebabkan laptop rusak.

  • Tombol Keyboard Bekerja Tanpa Ditekan

Ini adalah kerusakan tombol yang pertama, ada tombol keyboard yang menulis sendiri padahal tidak ditekan. Hal yang menyebabkan ini terjadi bisa karena ada benda asing yang menempel pada tombol atau mungkin ada orang yang iseng membuat skrip auto pada tombolnya. Jika hal ini terjadi karena ada benda asing maka Anda harus mengeluarkan benda asing yang menempel pada keyboard.

Namun, jika ada skrip otomatis yang dibuat Anda harus mengeceknya. Caranya dengan klik Start pada laptop kemudian pilih All Program kemudian Startup. Pada bagian itu lihat lah program yang sekiranya mencurigakan kemudian pilih Properties dengan cara klik kanan. Sesudah itu langsung hapus saja file atau program yang mencurigakan itu.

  • Tombol Nomor Tidak Berfungsi

Dalam sebuah keyboard pastinya ada tombol nomor. Ada kalanya keyboard tersebut tidak menyala atau tidak akan keluar angka jika ditekan. Salah satu penyebab dari kerusakan ini adalah ada software yang bermasalah. Penyebab lainnya adalah mungkin Anda tidak sengaja mengaktifkan kunci digital.

Apabila hal ini terjadi maka cara yang bisa Anda lakukan antara lain menonaktifkan kunci digital. Caranya adalah dengan menekan dua tombol secara bersamaan, yaitu Fn dan Num Lock, cara lainnya dengan menekan bersamaan tombol Fn, Shift dan Num Lock. Tapi jika tidak membantu atau masalah masih ada maka lakukan pengaturan.

Langkahnya adalah dengan memilih Start kemudian pilih  Search. Selanjutnya pilih Device Manager kemudian Enter. Setelah itu buka Device Manager dengan cara klik Start kemudian pilih Control Panel, pilih lagi Administrative Tools kemudian Computer Management kemudian Device Manager. Apabila memang keyboardnya rusak Anda bisa melihat ada tanda seru kuning pada ikon keyboard laptop Anda. Agar bisa betul kembali coba uninstall driver-nya kemudian insert kembali lalu restart laptopnya.

  • Karakter Keyboard Salah

Hal ini terjadi ketika Anda menekan tombol sebuah huruf atau angka tapi yang keluar justru angka atau huruf lain yang tidak ditekan. Penyebab dari masalah ini bisa karena  sistem operasi atau perangkat lunaknya yang bermasalah. Cara untuk mengatasinya adalah dengan memilih Control Panel kemudian pilih Regional and Language Options lalu Keyboards and Languages > Change Keyboards lalu Advanced Key Settings.

Selanjutnya pilih lagi pilihan Between Input Languages lalu klik Change Key Sequence. Setelah itu pilih opsi Not Assigned agar bisa melakukan Switch Input Language serta Switch Keyboard Layout. Selanjutnya klik saja OK agar perubahan bisa dilakukan.

  • Tombol Keyboard Tidak Berfungsi

Apabila ada salah satu tombol yang jika ditekan tidak akan muncul hurufnya maka penyebabnya antara lain ada kotoran yang menempel pada tombolnya karena jarang dibersihkan, ada cairan tumpah, pelumas karet tombolnya mengering, dan tombol terlalu sering ditekan.

Solusinya adalah Anda perlu mengambil tombol yang bermasalah kemudian bersihkan tombolnya agar kotoran bisa dikeluarkan.

Itu dia apa saja penyebab kenapa keyboard bisa mengalami masalah. Apabila cara yang dibahas di atas belum berhasil maka bisa lakukan cara terakhir, yaitu mengganti keyboard laptop dengan yang baru. Bisa membawanya ke service center atau melakukannya sendiri di rumah. Jika ingin membuka dan menggantinya sendiri maka ikuti pembahasan di bawah ini.

Cara Mengganti Keyboard Laptop

Mengganti keyboard laptop ini bisa dilakukan jika semua langkah di atas tidak berhasil membuat keyboard Anda kembali seperti semula. Anda harus melepas keyboard asli laptop kemudian diganti dengan yang sesuai. Namun, ketika menggantinya Anda harus melakukan beberapa langkah. Jangan langsung dipaksa dibuka dan diganti begitu saja.

Siapkan dulu alat yang dibutuhkan karena tidak bisa hanya dilakukan dengan tangan kosong. Peralatan yang dibutuhkan antara lain isolasi, pinset, dan obeng. Setelah itu baru bisa melakukan penggantian. Berikut ini bagaimana caranya mengganti keyboard pada laptop yang benar jika Anda tidak mau datang ke service center agar mungkin menghemat biaya.

  • Matikan Laptop

Sebelum membuka keyboard laptop maka Anda harus mematikan laptop Anda dulu tapi jangan hanya turn off. Pada beberapa jenis laptop keyboard tertanam sehingga harus dibongkar dengan beberapa langkah. Pastikan laptop mati agar tidak terjadi kesalahan fatal seperti terjadi short pada bagian soket. Kemudian buka juga baterainya.

  • Buka Pengunci Keyboard

Langkah selanjutnya adalah dengan membuka pengunci keyboard-nya. Biasanya kunci ini letaknya ada di dekat bagian LCD. Pastikan Anda melihat pengaitnya kemudian secara perlahan ambil dengan obeng. Setiap laptop mungkin letak pengaitnya berbeda-beda. Anda bisa cari informasi mengenai lokasi pengunci keyboard laptop Anda di internet, mungkin ada yang sudah pernah membuka keyboardnya.

  • Lepas Kabel Keyboard

Bagian kabel yang dicopot adalah kabel fleksibel yang bentuknya pipih. Letak kabel ini ada pada socket motherboard. Mungkin Anda akan menemukan kotoran di dalamnya, jika demikian maka Anda harus membersihkannya dulu karena akan membuat kinerja dari keyboard terganggu.

  • Pasang Keyboard

Setelah semua langkah-langkah di atas telah dilakukan dan keyboard sudah dilepas, Anda bisa mengganti keyboard dengan yang baru. Sambungkan kabel fleksibelnya ke soket kemudian letakkan keyboard baru ke tempatnya. Pastikan benar memasangnya.

Selesai sudah memasang keyboard laptop dengan yang baru. Mudah sekali bukan? Namun jika Anda ragu dan takut salah lebih baik hubungi tukang service saja.

Selain yang sudah dibahas tadi, ada alternatif lain agar keyboard bisa digunakan. Pertama, pakai saya keyboard eksternal yang bisa langsung dihubungkan dengan USB atau bluetooth sehingga kompatibel dengan laptop. Dan kedua, gunakan virtual keyboard yang sudah ditanam di laptop Anda. Caranya dengan klik Start kemudian buka All Program, selanjutnya pilih Accessories kemudian Accessibility dan pilih On-Screen Keyboard.

Agar keyboard tidak rusak dan harus diganti lagi maka Anda harus menjaga keyboard dengan baik. Sering-sering membersihkannya dari debu agar tidak menumpuk dan menjadikan keyboard rusak atau macet. Cara mudahnya adalah dengan memiringkan  laptop sampai 75 derajat kemudian goyang-goyangkan agar debunya hilang. Namun laptop juga harus dimatikan dulu supaya tidak rusak.

Bisa juga dengan membersihkan bagian bawah dan atas keyboard menggunakan selotip. Selalu bijak dan rawat keyboard dan semua hardwarenya dengan baik agar awet.

Demikianlah bagaimana caranya mengganti keyboard untuk laptop beserta langkah-langkahnya yang benar. Ada juga informasi mengenai penyebab keyboard laptop menjadi rusak. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan Anda berhasil membenarkan keyboard laptop yang rusak.

Baca artikel yang lain mengenai Perbandingan Merk Laptop

LEAVE A REPLY