Mengubah PDF ke Word

pdf to word

Mengubah PDF ke Word

Blog about all latest PC & tech related news and info

Cara Mudah Mengubah PDF ke Word

Dokumen dengan format PDF sering jadi pilihan orang. Biasanya untuk menyimpan data berupa riset, juga jenis-jenis e-book yang mudah Anda temui saat ini. Alasan utama format PDF banyak dipakai orang adalah kapasitasnya yang ringan. Baik itu ringan saat dibuka, pun tidak memiliki ukuran yang menyita tempat saat disimpan.

Selain ringan, fitur pendukungnya juga banyak. PDF bisa dibekali password atau dikunci agar tak sembarang orang bisa menyalin-tempel (copy-paste), pun memodifikasi data, sehingga cukup hanya bisa dibaca. Istilahnya file read-only.

Anda juga tak perlu kerepotan mengedit data karena bentuk susunannya tak mudah berubah sebagaimana ketika mengedit pakai Microsoft Word. Tak ada pula istilah missing font alias kehilangan jenis huruf tertentu, hanya karena font tertentu tidak terpasang di komputer yang berbeda.

Bahkan, ketika memasuki dunia percetakan, PDF jadi yang paling digemari karena kemampuan penyimpanannya yang sangat baik. Bayangkan, dengan format lainnya, ada kemungkinan warna desain awal akan berubah sehingga tak sesuai dengan yang diinginkan. Sementara PDF mampu mempertahankan kendala tersebut. Terlebih lagi dengan fiturnya yang ringan, membuat data-data PDF lebih cepat dikirim lewat email.

Lantas, bagaimana caranya jika dokumen yang sudah Anda buat telah disimpan dalam file PDF, lalu ingin diedit? Misalnya karena ada kata yang salah, susunan yang kurang tepat dan sebagainya. Mudah saja, Anda hanya perlu mengubah format PDF menjadi Word. Istilahnya konvert.

Untuk melakukan perubahan, caranya ada tiga. Yakni cara online atau daring melalui situs web tertentu, cara offline atau luring menggunakan perangkat lunak (software) tertentu, dan menggunakan aplikasi lewat ponsel.

Cara Mudah Mengubah PDF ke Word

1. Cara Mengubah PDF ke Word Lewat Situs Web

Bukan cuma mudah, cara ini terbilang praktis. Di internet ada banyak situs web PDF daring yang bertebaran. Selama koneksi internet terpasang, tentu memudahkan. Anda bisa menyalin format PDF menjadi Word semua versi.  Syaratnya satu, untuk mengakses biasanya Anda akan dimintai keterangan email beralamat Gmail.

  • PDFonline.com

 Situs ini sering direkomendasikan karena mudah digunakan dan tak terlalu merepotkan. Setelah lamannya terbuka, klik “upload a file to convert.” Kemudian pilih file yang ingin Anda ubah ke Word. Setelahnya tunggu beberapa saat hingga proses mengunggah file selesai. Semakin banyak muatan gambar atau tabel, alias memiliki file ukuran besar, maka akan semakin lama waktu menunggunya.

Jika sudah, Anda akan melihat unggahan file PDF tadi telah berubah ke Word di layar. Selanjutnya klik “download” di bagian atas layar, dan Anda bisa membuat pilihan mengunduh dalam tiga format. Yakni, HTML, PDF, dan Word. Pilih yang terakhir dengan mengklik “download word file”.

Berikutnya file Word Anda akan segera muncul dengan format RTF (*.rtf), dan Anda bisa segera mengedit.

  • Google Docs

Anda hanya perlu membuka situs docx.google.com. Selanjutnya login ke dalam Gmail, dan klik “folder” di kanan tengah. Kemudian klik “select file from computer,” “upload,” cari file yang akan diubah, “open”.

Selesai menggunggah, biasanya menunggu sesuai besaran ukuran file dokumen, segera masuk ke drive.google.com. Klik kanan pada file PDF hasil unggahan yang terdapat di my drive, klik “open with,” lalu “Google Docs.”

Anda bisa mengedit langsung atau menyimpan dengan membuka menu file, klik “download as,” lalu pilih menu Microsoft word, biarkan mengunduh hingga beres, dan selesai. Cara Mengubah PDF ke Word menggunakan perangkat lunak

2. Cara Mudah Mengubah PDF ke Word Menggunakan Perangkat Lunak

Perangkat lunak biasa dipakai orang jika ingin lebih cepat mengubah file, terutama jika sering digunakan dan ada banyak dokumen yang perlu diubah.

  • Ice Cream PDF Converter

Perangkat lunak satu ini terbilang ringan, mudah digunakan dan sangat cepat. Tak perlu waktu lama untuk menggunggah dan mengunduh file. Jika sudah diinstal dan terpasang, cukup buka programnya dan klik “from PDF.” Klik tanda (+) untuk mengunduh file PDF pilihan yang ingin Anda ubah. Jika sudah, ubah formatnya sesuai keinginan. Di dalamnya ada banyak format yang tersedia mulai dari tiff, gif, sampai html. Sesuai kebutuhan, pilih format doc untuk standard Word. Lalu klik “convert.” Tinggal tunggu dan klik “ok” atau “open folder” untuk membuka lokasi filenya jika laporan perubahan telah muncul.

  • Microssoft Word Versi 2013 ke Atas

Bagi Anda yang sudah menginstal aplikasi Microsoft Word versi 2013 ke atas di komputer bisa langsung membuka fitur pengubah PDF ke Word. Langkahnya mudah. Pertama, klik “open other document” – “computer” – “browser” – pilih file PDF yang akan diubah – “open” – “ok” – tunggu beberapa saat. Setelah selesai file ubahan akan muncul sendiri dan bisa segera diedit.

  1. Cara Mengubah PDF ke Word Menggunakan Aplikasi Ponsel

Untuk yang satu ini, PDF Conversion Suite bisa jadi andalan. Setelah diinstal dan terpasang, buka aplikasinya lalu pilih “convert PDF to Word”. Selanjutnya di bagian “Open Form” anda tinggal pilih “file manager”. Jika file Anda sudah tersimpan dalam google drive, tinggal pilih “drive” dan segera cari file PDF yang ingin Anda ubah ke Word. Tinggal tunggu hingga proses konversi berakhir, dan selesai. Kini Anda bisa mengedit secara bebas.

Cara Membuka PDF yang Terkunci

File PDF yang diproteksi pasti akan menolak jika Anda berniat mengubahnya jadi Word. Untuk itu, sebelum file diubah, proteksi tersebut perlu dibuka terlebih dulu. Berikut cara-caranya.

1. Hilangkan Sandi Kunci dengan Membuka Situs Asalnya

Situs asal yang dimaksud adalah situs awal Anda mengunduh file tersebut. Umumnya beberapa file PDF punya syarat-syarat terlampir untuk membuka proteksi, atau menyertakan langsung sandi kunci di bagian bawah laman situs. Jika tidak ada atau Anda lupa dari mana file itu diunduh, sedangkan isinya dirasa amat penting, cara berikutnya bisa dicoba.

2. Hilangkan Sandi Kunci dengan Menggunakan Aplikasi

Cara ini merupakan cara luring, alias tidak membutuhkan koneksi internet. Anda cukup mengunduh aplikasi mediafire di mediafire.com, lalu install. Setelah terpasang, buka dan klik “Portable PDF Password Remover 3.0.exe.” Setelah itu klik “open PDF(s)” dan cari lokasi file terproteksi yang Anda simpan di komputer. Kemudian hapus sandi kuncinya, dan tentukan lokasi penyimpanan. Setelahnya beri nama file, simpan, dan selesai.

3. Hilangkan Sandi Kunci dengan Secara Luring

Anda yang terkoneksi dengan internet bisa melakukan cara ini. Lebih praktis tanpa harus mengunduh aplikasi dulu, dan cukup cepat. Sebagai perawalan, coba masuki situs pdfunlock.com, lalu buka “my computer” untuk mencari letak file. Klik “Unlock” di bagian bawah dan tunggu hingga proses mengunggah selesai. Setelah sandi kunci terbuka, file akan mengunduh sendiri file dokumen yang sudah tidak menggunakan sandi. Berikutnya Anda bisa segera mengedit.

Untuk hasil terbaik, jangan menyalahgunakan cara ini ya!

Baca artikel yang lain mengenai Membuat Cloud Storage di Rumah

LEAVE A REPLY