merakit komputer server sendiri

merakit komputer server

Merakit Komputer Server Sendiri

Blog about all latest PC & tech related news and info

Belajar Cara Merakit Komputer Server Sendiri

merakit komputer server sendiriAnda ingin merakit komputer server sendiri tapi masih binggung? Tidak usah bingung, kali ini kami akan membahas informasi seputar perakitan komputer server yang dilakukan sendiri. Meskipun memang merakit komputer ini cukup sulit untuk dilakukan, namun bukan tidak mungkin Anda bisa melakukannya sendiri. Hal yang penting dan harus Anda perhatikan adala poin-poin berikut. Apa sajakah itu? Simak informasinya berikut.

Perakitan Komputer Server

Sebelum membahas tentang poin-poin dalam merakit komputer server, Anda harus mengetahui dulu sekilas tentang perakitan komputer server. Merakit komputer server memang merupakan pekerjaan yang cukup sulit, terutama untuk mereka yang belum berpengalaman.

Namun, pekerjaan ini pun tidak sesulit yang dibayangkan. Asalkan Anda mengetahui tahap-tahapnya dan melakukan tahapan-tahapan tersebut dengan teliti, perakitam komputer server akan berasil dengan baik.

Pekerjaan yang cukup sulit dalam merakit PC server adalah memilih perangkat keras yang akan digunakan. Namun jika ingin mudah, Anda bisa membeli komputer server ini di toko komputer. Komputer server yang mereka jual pun merupakan merek-merek yang terkenal.

Di pasaran banyak merek komputer server yang dijual, seperti HP, Dell, IDM, maupun merek komputer server terkenal lainnya. Tak hanya beragam dalam hal nama brand, harga yang ditawarkan untuk komputer server pun sangat beragam. Hal ini tergantung dari spesifikasi komputer server tersebut. Namun, secara umum harga komputer server ini dibandrol di atas harga 10 juta rupiah.

Harga untuk komputer server ini memang lebih mahal dibanding dengan harga komputer pada umumnya. Jika harga komputer secara umum dibanderol sekitar 5 juta rupiah, untuk komputer server ini harga yang paling murah tidak kurang dari 10 juta rupiah. Hal ini karena komputer server sudah dirancang sedemikian rupa sehingga komputer tersebut dapat bekerja sebagai server komputer dengan baik dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya.

Merakit Komputer Server Sendiri

Selain memakai komputer server built up, Anda pun dapat mmebuat komputer server sendiri. Caranya yaitu dengan merakit sendiri komputer server. Namun sebelum Anda merakit komputer server ini, sebaiknya pahami dulu spesifikasi yang digunakan pada komputer server tersebut.

Bagian pertama dari komputer server yang harus Anda pertikan adalah prosesor. Pilihlah prosesor yang benar-benar didesain untuk komputer server, prosesor yang dapat beroperasi pada suhu dingin. Untuk produk Intel, prosesor yang cocok untuk komputer server adalah Xeon. Intel Xeon memiliki banyak varian antara lain E3, E5, E7 dan 5000 sequence.

Dalam memilih prosesor server Intel, satu hal yang harus Anda perhatikan, yaitu prosesor yag Anda pilih memiliki fitur VT (virtualization technology) dan berbasis 64 bit. Terkait hal ini, Intel Xeon memiliki basis 64 bit. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa server yang Anda pilih siap untuk Microsoft Windows server 2008 dan 2012 serta dapat mendukung virtualisasi dengan baik.

Kelebihan dari Intel Xeon ini antara lain:

  • Memiliki L3 cache sehingga prosesor bisa bekerja lebih optimal.
  • Dukungan ECC RAM. Jenis RAM ini dapat mendeteksi serta memperbaiki data corruption.
  • Memiliki inti lebih banyak sehingga memungkinkan Anda menjalankan aplikasi dengan jumlah core yang banyak (12 core).
  • Daya tahan lebih kuat meskipun bekerja berat dan tahan lama.
  • Harga lebih murah dibanding Core i7 dan i5.

Bagian kedua dari komputer server yang harus diperhatikan yaitu kapasitas RAM. Semakin baik spesifikasi RAM yang dimiliki, akan semakin baik performanya. Jenis RAM untuk server adalah RAM ECC. RAM ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan memperbaiki data corruption baik itu yang sedang terjadi maupun yang akan terjadi selama komputer digunakan. Selain itu, perhatikan juga kapasitas dari RAM yang dipilih.

Semakin besar kapasitas RAM tentu akan membuat performa komputer server tersebut semakin stabil. RAM berukuran 4 GB bukanlah ukuran RAM yang cocok untuk komputer server. Pada umumnya, komputer server memiliki kapasitas RAM minimal 16 GB. Kami sarankan sebaiknya memilih EEC dengan kapasitas 32 GB. Dengan RAM EEC ini komputer server Anda akan terhindari dari error system.

Selain kapasitas RAM, kapasitas harddisk pun harus diperhatikan. Harddisk ini akan digunakan sebagai media penyimpanan beragam jenis data dan file. Untuk harddisk ini, ukuran 1 terra byte cukup untuk komputer server. Ini merupakan ukuran minimal dari harddisk komputer server agar Anda tidak cepat kehabisan ruang penyimpanan.

Bagian ketiga dari komputer server yang tidak kalah pentingnya merupakan bagian yang sangat penting dalam merakit komputer server. Komputer server harus menggunakan power supply yang bagus, yang memiliki cairan pendingin (Liquid Cooling System). Dengan adanya system pendingin ini, power supply yang digunakan untuk komputer server yang bekerja 24 jam sehari tidak akan cepat panas sehingga tidak akan cepat rusak.

Besarnya daya power supply sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi komputer Anda. Totalkan berapa kebutuhan daya listrik komputer Anda. Pilih power supply dengan besaran daya lebih besar dari kebutuhan listrik yang diperlukan. Sementara untuk merek, saat ini banyak merek-merek yang bagus seperti Thermaltake, Corsair, dan Hydro yang memiliki system pendingin.

Jika bagian-bagian penting di atas sudah terpenuhi, Anda sudah bisa merakit komputer server sendiri. Dari informasi ini, bisa disimpulkan bahwa membangun sebuah komputer server memerlukan investasi biaya yang cukup tinggi. Namun, jika pemanfaatan dan pengelolaan komputer server ini bisa maksimal, tentu biaya yang dikeluarkan akan sebanding dengan manfaat atau fungsi yang diberikan komputer server tersebut.

Hal lain yang juga harus Anda perhatikan adalah sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Membangun sebuah komputer server memang memerlukan biaya yang cukup tinggi. Anda sebaiknya menabung dulu untuk mendapatkan komputer server dengan kualitas yang bagus dibanding dengan membeli atau merakit komputer server yang lebih murah, namun dengan kualitas yang kurang atau tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagaimana, merakit komputer server tidak sesulit yang dibayangkan, bukan? Anda bisa merakit komputer server sendiri dengan memperhatian poin-poin di atas. Satu hal lagi, telitilah saat melakukan perakitan komputer server ini.

Nah, demikianlah informasi tentang cara merakit komputer server sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba.

Baca artikel yang lain mengenai UPS Komputer

1 RESPONSE

  1. Belajar Ngeblog

    April 4, 2017 4:19 pm

    REPLY

    Wah mau dong belajar jaringan begitu, susah gak bos ? Duh tapi sama sekali gak paham bahasanya loh,..Perlu waktu yah

LEAVE A REPLY