Merakit Komputer Untuk Game

komputer untuk game

Merakit Komputer Untuk Game

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Memilih Perangkat dan Merakit Komputer untuk Game Sendiri

Merakit Komputer Untuk Game

Saat ini bermain game sudah sangat umum dilakukan oleh anak-anak maupun dewasa. Keasyikan bermain game terkadang mengganggu aktivitas sehari-hari namun banyak pengalaman yang dapat diperoleh saat bermain game. Duduk di depan komputer atau laptop untuk bermain game ternyata juga bermanfaat seperti menyegarkan pikiran dan sebagai olahraga otak.

Untuk bermain game dibutuhkan suatu perangkat seperti komputer. Saat ini sebagian besar masyarakat telah memiliki komputer sendiri di rumah karena telah merupakan kebutuhan seperti menyelesaikan tugas sekolah maupun kantor. Komputer yang akan digunakan untuk bermain game harus memiliki spesifikasi tinggi karena ada sebagian game dapat memberatkan fungsi kerja komputer. Agar komputer yang digunakan untuk bermain game memiliki spesifikasi sesuai dengan keinginan maka biasanya gamers akan merakit komputer sendiri.

Membeli komputer yang memiliki spesifikasi tinggi untuk bermain game lumayan mahal. Namun komputer untuk gaming dapat dirakit sendiri agar komputer tidak mudah rusak saat bermain game yang berat. Bermain game di komputer membutuhkan komponen komputer yang cocok khusus untuk game. Jika sering bermain game dapat berakibat mengurangi umur komputer. Dengan menggunakan komputer yang dirakit sendiri akan dapat lebih leluasa memilih komponen.

Cara Merakit Komputer untuk Gaming Sendiri

Sebelum merakit komputer sebaiknya memahami bagian-bagian yang ada pada komputer. Pemilihan komponen rakitan yang tepat untuk komputer akan sangat membantu fungsi kerja komputer tidak terlalu berat saat digunakan bermain game.

  1. Casing

Casing dibutuhkan untuk menyatukan keseluruhan perangkat komputer. Casing yang dipilih untuk komputer gaming dapat menentukan komponen komputer. Ukuran komputer, bahan rangka, fitur, sistem pendingin dan aliran udara yang akan melalui perangkat di dalam komputer sangat dipengaruhi oleh pemilihan casing. Pemilihan casing juga akan memengaruhi keindahan bentuk komputer.

  1. CPU (Central Processing Unit)

CPU adalah otak komputer yang berfungsi untuk memproses data perintah dari kanal input dan mengeluarkan data agar dapat dieksekusi oleh komponen output. Intinya kinerja komputer secara keseluruhan sangat dipengaruhi dari pemilihan perangkat CPU. Perangkat CPU untuk komputer rakitan game harus dipilih yang memiliki spesifikasi tinggi sehingga kinerjanya maksimal.

  1. HDD (Hard Disk Drive) dan SSD (Solid State Drive)

HDD digunakan untuk menyimpan data diluar OS seperti penginstalan game. Sedangkan SSD dapat menyebabkan komputer memiliki keheningan, akses lebih cepat dan lebih tahan lama. Dengan adanya SSD maka untuk membuka aplikasi dan masuk ke Windows hanya membutuhkan waktu sangat singkat, yaitu sekitar beberapa detik. Performa yang diperoleh juga sangat signifikan dibandingkan jika tidak ada perangkat SSD.

  1. HSF (Heat Sink Fan)

HSF merupakan sistem pendingin untuk CPU dan mencegah CPU over heating. Komponen HSF terdiri dari heat exchanger yang dapat mentransfer panas dari perangkat mekanik atau CPU dan membuang panas. HSF ini berbentuk seperti kipas yang dikombinasi dengan sistem pendingin. Agar sistem komputer dapat berfungsi dengan baik maka dibutuhkan HSF untuk menjaga kestabilan suhu.

Motherboard atau yang disingkat dengan MoBo adalah tempat menempel dan berhubungannya semua perangkat keras komputer atau hardware. Dari perangkat ini dapat ditentukan jenis dan jumlah perangkat yang dibutuhkan untuk menghasilkan komputer dengan spesifikasi seperti keinginan. Untuk merakit komputer gaming sebaiknya pilih MoBo yang khusus untuk game. Motherboard yang memiliki chipset dengan kode seri 75 dan 77 seperti B75, Q75, Z75, H77, Q77 dan Z77 dapat dipilih untuk merakit komputer gaming. Motherboard dengan chipset dengan kode tersebut merupakan pilihan terbaik.

  1. RAM (Random Access Memory)

RAM berfungsi sebagai penyimpan data sementara dan memperingan kinerja komputer. Komputer gaming membutuhkan RAM yang besar agar fungsi komputer tidak terganggu. Agar fungsi komputer tidak terganggu dan tidak menyebabkan komputer lemot maka komputer yang akan digunakan untuk game sebaiknya memilih RAM sebesar 8GB.

PSU berfungsi untuk menyediakan energi listrik dan memberi kestabilan pasokan listrik pada komputer. PSU yang rusak dapat memengaruhi pada komponen komputer lainnya dan menyebabkan kerusakan. Sehingga agar perangkat komputer tidak mudah rusak akibat kejutan listrik maka sebaiknya memilih PSU yang berkualitas baik. PSU dengan kapasitas 500 watt-600 watt dapat dipilih untuk merakit komputer gaming. Untuk memastikan kapasitas PSU yang diperlukan harus menghitung kebutuhan daya listrik komputer.

  1. VGA (Video Graphic Accelerator)

VGA atau kartu grafis merupakan perangkat komputer yang penting dalam penentuan kinerja komputer gaming. GPU atau Graphic Processing Unit yang terintegrasi dan terhubung pada kanal VRAM (Video Random Access Memory) tertanam di dalam kartu grafis rancangan khusus. GPU akan memberikan perubahan bentuk data menjadi pixels yang ditampilkan pada layar. Dan dengan adanya VRAM akan memberikan tekstur data dan kecepatan akses menjadi model 3 dimensi dengan tidak menghalangi akses memori pada RAM. Pemilihan GPU yang tepat akan sangat memengaruhi spesifikasi dari komputer gaming. Biasanya CPU dan motherboard telah disertai dengan GPU yang terintegrasi dan cukup untuk game ringan. Namun jika ingin memainkan game yang lebih berat misalnya game 3 dimensi makan dibutuhkan kartu grafis yang terpisah dan ditancapkan pada motherboard.

Kesimpulan

Membuat komputer rakitan yang digunakan untuk game harus memiliki spesifikasi tinggi agar kinerja komputer tidak terganggu. Dengan komputer yang berspesifikasi tinggi juga dapat membuat perangkat komputer tidak mudah rusak dan lebih awet. Komponen-komponen yang akan dipilih untuk merakit komputer harus disesuaikan dengan kebutuhan dan cocok. Jika pintar merakit komputer gaming memang dapat merakitnya sendiri. Selain memperoleh perangkat yang pas juga dapat menghemat biaya.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Riset Keyword

3 RESPONSES

  1. Jerry

    August 1, 2016 11:46 am

    REPLY

    Siang gan, mau tanya budget 5 jt untuk cpu gaming dapat spek yg gimana,kalo bisa sama rincian harga nya.makasih

    • eddy setiawan

      August 2, 2016 7:32 am

      REPLY

      Processor core i3 = 2.5jt an
      Motherboard Asus H81 = 1jt an
      Memory 4GB = 350rb
      Hard disk 500Gb = 500rb
      Casing = 250rb

      Perkiraan seperti itu tetapi ini hanya bisa buat main game standart saja karena tanpa VGA jika pakai VGA ada extra budget 2 juta

    • ILmi Hakim

      August 5, 2016 10:54 pm

      REPLY

      Cpu:Intel Pentium 3258 Anniversary 3,2 Ghz to 4,6 Ghz Haswell Refresh Series.
      Motherboad:AsRock H81M-HDS.
      VGA:Galax Geforce GTX 750 Ti
      RAM:Team Extreme DDR3 8 GB
      PSU:FSP HEXA+ 500w
      Casing:Segotep The Wind-White-Psu Cover
      Hardisk:WDC 1 TB

LEAVE A REPLY

Anal