motherboard gaming terbaik

motherboard terbaik untuk game

Motherboard Gaming Terbaik

Blog about all latest PC & tech related news and info

Asyiknya Bermain Game dengan Motherboard Gaming Terbaik

motherboard gaming terbaikSedang mencari referensi tentang motherboard gaming terbaik untuk kebutuhan bermain game? Jika ya, sudah seharusnya kamu menyimak informasi dalam artikel berikut. Kali ini kami akan berbagi informasi tentang cara memilih motherboard gaming terbaik untuk kebutuhan bermain game.

Bagi kamu yang sering bermain game tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah motherboard gaming. Memilih motherboard gaming memang tidak mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam memilih motherboard gaming terbaik yang dapat menunjang performa permainan. Sebelum kami membahas tentang cara memilih motherboard gaming yang bagus, kami akan membahas dulu apa itu motherboard dan apa fungsinya.

Apa sih yang Disebut Dengam Motherboard itu?

Salah satu komponen komputer yang menjadi inti dari sebuah komputer adalah motherboard. Motherboard merupakan papan sirkuit berupa pcb dengan beragam komponen elektronik yang saling terhubung satu sama lain.

Cara kerja motherboard ini yaitu mengatur teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), RAM, chipset, prosesor & Additional card (PCI, ISA), dan kartu grafis (VGA card). Motherboard ini memiliki fungsi untuk menghubungkan komponen-komponen penyusun dari sebuah komputer. Artinya, motherboard bertugas menghubungkan bahasa kode antarperangkat keras agar bisa disinergikan menjadi sebuah aktivitas komputer.

Cara Memilih Motherboard Khusus Main Game

Sama halnya dengan komponen lain, semakin motherboard memiliki kuaitas yang jempolan, harganya akan semakin mahal. Hal ini kadang menjadi kendala bagi gamer. Sebenarnya kamu bisa saja membeli motherboard dengan harga murah, namun kualitas yang jempolan. Untuk memilih motherboard terbaik untuk game, kamu pun bisa perhatikkan hal-hal berikut.

Pilih yang cocok dengan RAM, processor, dan VGA

Hal yang harus kamu perhatikan pertama adalah pilih motherboard yang sesuai dengan spesifikasi RAM, processor, dan VGA. Misalnya, kamu memiliki processor Intel Core i3 2100 Sandy Bridge dengan soket LGA 1155; VGA PCI-e 2.0, pilihlah motherboard yang mendukung soket LGA 1155 serta PCI-e 2.0. Dengan data hardware yang dimiliki, kamu akan dengan mudah menentukan akan memilih motherboard yang seperti apa.

Beda fitur, beda harga

Beda fitur motherboard akan berbeda pula harganya. Chipset AMD 990FX akan berbeda dengan AMD 970. Begitupun dengan Intel. Intel H61 akan memiliki fitur yang berbeda dengan Intel Z77, begitupun harganya.

Untuk memilih motherboard ini, sebaiknya sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Saran kami adalah bahwa kamu tidak usah beli motherboard dengan chipset kelas paling tinggi dan dilengkapi dengan beragam fitur untuk bermain game yang berat. Pilih saja motherboard yang cocok dengan processor dan kartu grafis (VGA card) yang kamu miliki.

Murah pun tak apa

Sebenarnya, jika untuk bermain game standar kamu tidak usah membeli motherboard tidak yang mahal. Yang penting sesuai dengan spesifikasi processor komputer yang dimiliki. Kini banyak motherboard yang dijual di pasaran dengan harga murah, namun kualitas yang baik.

Akan tetapi, jika kamu berniat untuk bermain game-game yang berat, sebaiknya memang harus memilih motherboard dengan spesifikasi yang mumpuni. Namun yang jelas, sebaiknya komputer kamu memiliki slot PCI-e untuk VGA. Kecuali jika akan membangun komputer HTPC kecil dengan grafik on-board motherboard maupun processor.

Harga untuk motherboard gaming ini berkisar sekitar 1,5 juta hingga 2 juta untuk kualitas terbaik. Untuk daftar harga motherboard, kamu bisa mencari informasi di internet. Bisa juga dengan mengunjungi toko-toko komputer dan menanyakan daftar harga motherboard yang mereka miliki.

Dalam memilih motherboard ini, kamu juga harus menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki. Jangan karena ingin membeli motherboard gaming, lantas kebutuhan kamu yang lain terabaikan.

Sebagai contoh, jika kamu ditawari untuk memilih salah satu dari dua spesifikasi komputer beriut, manakah yang akan dipilih?

Intel Core i3 3220 3.3Ghz

ASRock H61M-U3S3

Asus Geforce GTX 650Ti 1024MB DDR5 DirectCU II OC

Harga 3,5 juta

atau

Prosesor: Intel Core i3 3220 3.3 Ghz

Motherboard: ASRock Z77 OC Formula

VGA: Asus Geforce GT 630 4096MB DDR3

Harga 4 juta

Berdasarkan spesifikasi komputer di atas, jika komputer kamu hanya akan digunakan untuk bermain game saja, sebaiknya pilih spesifikasi pertama. VGA yang dimiliki lebih bertenaga. Dilihat dari motherboard kelas pertama memang kalah, tapi tidak apa karena VGA-nya bertenaga. Ini jelas bagus untuk bermain game. Selain itu, harganya pun lebih murah dibanding komputer kedua. Bagaimana? Kamu sudah paham dengan cara memilih motherboard gaming ini?

Nah, demikianlah kiranya informasi tentang cara memilih motherboard terbaik untuk gaming. Semoga dengan informasi ini bisa lebih mudah dalam memilih motherboard yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan. Selamat memilih motherboard yang bagus untuk bermain game ya!

Baca artikel yang lain mengenai Spesifikasi Komputer Untuk Game

LEAVE A REPLY

Anal