Motherboard Untuk Gaming

motherboard yang bagus untuk gaming

Motherboard Untuk Gaming

Blog about all latest PC & tech related news and info

PC Tangguh Dengan Motherboard untuk Gaming Gigabyte Z170

Motherboard Untuk GamingGamer sejati pasti memiliki PC tangguh untuk game kesayangan mereka. Berbagai komponen yang tertanam ke dalam komputernya harus benar-benar menunjukkan performa tinggi. Maklum, jenis game yang mereka mainkan termasuk kelas berat. Oleh karena itu, sejak awal pemilihan komponen harus benar-benar berdesain tangguh. Sebut saja dimulai dari komponen motherboard.

Jangan sampai keliru memilih motherboard dan juga jangan mudah tergiur dengan tawaran motherboard yang lebih murah untuk alasan penghematan. Karena bisa saja alasan penghematan malah membuat kinerja PC Gaming tak menunjukkan performa maksimal. Ingat! PC gaming tangguh dibangun dari pondasi kuat.

Motherboard Canggih dan Tangguh

Kriteria seperti apakah motherboard yang memiliki kriteria seperti ini. Yang pasti motherboard dilengkapi dengan teknologi dan fitur khusus dengan tujuan mampu menunjukkan performa yang hebat untuk ukuran gamer. Komponen-komponen yang ditanamkan juga harus berkualitas tinggi dan siap “tempur” saat dimainkan.

Misalnya saja, pemakaian kartu grafis yang tak hanya satu saja, tapi bisa sampai 4. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya “frame rate jeblok” atau kualitas visual “rata kiri” ketika seru-serunya bermain game. Hal yang sama juga untuk komponen-komponen lainnya seperti audio premium, solusi network kelas atas yang bebas dari lag, transfer data super cepat, dan lainnya.

Konter game yang menyediakan beragam komponen PC tangguh untuk game biasanya menyediakan beragam pilihan produk motherboard dengan kriteria yang mumpuni. Sebut saja produsen motherboard kelas dunia, GIGABYTE. Salah satu produk motherboard gaming yang memiliki kemampuan hebat yaitu Gigabyte Z170X-Gaming G1. Seri motherboard ini berbasis platform dari intel yang terbaru dengan fitur-fitur canggih di dalamnya untuk menghasilkan PC tangguh buat nge-game.

Siapkan 4 VGA

PC tangguh untuk game memerlukan 4 kartu grafis sekaligus. Jangan hanya setengah-setengah saja, misalnya dengan 2 atau 3 saja kartu grafis yang ditanam. Mengapa diperlukan 4 kartu grafis sekaligus? Hal ini karena PC gaming harus bisa menjalankan game 3D yang benar-benar berat dengan tampilan tajam dan jernih pada setting grafis “rata kanan” walau PC tersebut memiliki resolusi 4.000 piksel. Gigabyte Z170X-Gaming G1 mampu memakai tenaga dari 4 buah kartu grafis yang berasal dari lini AMD atau NVIDIA.

Dengan demikian para gamer bisa menikmati game dengan kualitas visual tinggi dan tetap nyaman bermain. Terdapat 4 slot PCI Express 3.0×16 yang bisa bekerja pada mode kecepatan x8/x8/x8/x8 supaya performa tiap kartu grafis bekerja tetap optimal. Motherboard gaming Gigabyte Z170X-Gaming G1 dengan chipset intel z170 ini menawarkan konfigurasi 4-way AMD Crossfire dan NVIDIA SLI.

Audio PC Gaming Juga Harus Canggih

Tak hanya memperhatikan dari segi tampilan visual saja, suara atau audio yang keluar dari PC juga berperan pending dalam menghadirkan keseruan dan kedahsyatan saat bermain game. Semua gamer sepakat, bukanlah PC gaming kalau suara yang keluar hanya berkualitas biasa-biasa saja. Suara yang keluar dari game haruslah sama dengan suara audio saat kita menonton film di bioskop.

Benar-benar membahana. Motherboard Z170X-Gaming G1 menyediakan audio premium Creative Sound Core 3D untuk menghasilkan suara yang dahsyat. Chip audio ini bisa ditemukan pada perangkat soundcard gaming yang terpisah. Harganya bisa mencapai ratusan Dollar untuk komponen audio canggih seperti ini.

Chip audio ini memadukan 3 komponen yaitu chip Burr-Brown High End 127 dB DAC, Hi-Fi-Grade WIMA Capacitors, dan Nichicon audio-grade Fine Gold Capacitors. Ketiga paduan komponen ini akan menghasilkan audio premium dengan kualitas suara tinggi. Motherboard gigabyte membenamkan 3 chip OP-AMP (Operational amplifier) yang bisa diganti dengan chip lain dengan kemampuan dan karakter suara yang bervariasi sehingga gamer bisa leluasa memilih jenis sesuai selera.

Koneksi PC Tangguh Untuk Game Harus Bebas Lag

PC gaming harus dilengkapi dengan komponen network kelas atas supaya terhindar dari kejadian ‘lag’ ketika bermain game. Terutama bagi gamer yang selalu dalam kondisi online dan saling berkompetisi dengan pemain-pemain lainnya. Gigabyte telah menyediakan teknologi network tercanggih berupa DoubleShot-X3 Pro yang mampu game online bebas ‘lag’.

Bagi gamer, bebas ‘lag’ merupakan jaminan merebut kemenangan demi kemenangan. Adanya dukungan algoritma cerdas pada teknologi ini mampu menciptakan jalur koneksi berkecepatan tinggi untuk menjalankan aplikasi game online sembari mengalokasikan aplikasi lain melalui jalur koneksi lainnya.

Storage PC Tangguh Untuk Game Harus Benar-Benar Kencang

PC gaming canggih memakai storage SSD (Solid State Drive) yang super cepat. Gigabyte sudah menyediakan perangkat SSD ini. Gamer bisa memilih SATA III berkecepatan maksimal 6 Gbps, SATA Express berkecepatan 16 Gbps, atau pilih kecepatan yang lebih kencang lagi seperti 32 Gbps dan RAID.

Koneksi melalui USB juga harus kencang sehingga dipakai konektivitas USB 3.1 Gen 2. Gigabyte sudah dilengkapi dengan chip intel Alpine Ridge yang membuat konektivitas USB 3.1 Gen 2 memiliki kecepatan transfer data berkali-kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan jenis-jenis motherboard lainnya.

Kesimpulan

PC tangguh untuk game juga harus memiliki desain yang canggih dan futuristik. Pada Gigabyte, desain yang ditawarkan berkesan sporty dan kuat. Adanya tambahan lampu LED pada permukaan PCB yang bisa diprogram seirama dengan audio yang keluar dari game menambah nilai kecanggihannya. Jadi, kenapa tidak, PC gaming milik Anda memakai motherboard Gigabyte Z170X-Gaming G1 yang memiliki pondasi dasar kuat untuk menciptkan PC gaming canggih, futuristik, dan super kuat. Ini adalah motherboard gaming tercanggih yang tak ada duanya.

Baca artikel yang lain mengenai Transfer Data Android ke PC

LEAVE A REPLY