mouse gaming terbaik

mouse gaming murah

Mouse Gaming Terbaik

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Cara Memilih Mouse Gaming Terbaik untuk Para Gamer

mouse gaming terbaikKamu sedang mencari mouse gaming terbaik? Jika ya maka kamu wajib menyimak informasi dalam artikel ini. Kali ini kami akan berbagi informasi tentang cara memilih mouse gaming yang baik. Simak informasinya berikut.

Setiap gamer tentu memiliki referensi yang berbeda mengenai fitur mouse gaming. Ada gamer yang lebih suka mouse dengan lapisan karet, ada juga gamer yang lebih suka mouse yang glossi. Ada gamer yang lebih mementingkan merek, sementara sebagian lagi lebih memfokuskan pada guna dan fungsinya. Dengan harga mouse gaming murah tidak selamanya akan mendapatkan mouse gaming dengan kualitas rendahan. Banyak juga mouse gaming murah yang berkualitas.

Nah, jika kamu ingin membeli mouse gaming murah yang berkualitas, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut karena berkaitan dengan fitur pada mouse terbaik untuk gaming.

Kepekaan

Kepekaan suatu mouse merupakan salah satu fitur penting yang harus diperhatikan. Semakin tinggi tingkat sensitivitasnya maka akan semakin bagus kualitas mouse gaming tersebut. Sensitivitas mouse ini diukur dengan satuan CPI (character per inch) atau DPI (dot per inch). Jika sensitivitas lebih tinggi, itu artinya pengguna mouse hanya memerlukan sedikit gerakan untuk memindahkan kursor.

Dalam bermain game tentu hal ini akan diperlukan. Pergerakan yang cepat akan dibutuhkan terutama untuk bermain game tembak-tembakan atau saat kamu bermain pada monitor dengan ukuran besar. Di sisi lain, muose dengan DPI yang rendah akan dibutuhkan saat kamu membutuhkan control yang baik seperti pada game FPS (first person shooter).

Sementara itu, mouse gaming dengan tingkat sensitivitas tinggi, yaitu 5.000 DPI atau lebih akan memerlukan gerakan tangan yang stabil. Selain itu, DPI yang tinggi membuat mouse menjadi kurang praktis untuk aplikasi desktop. Namun begitu, hal ini dapat diatasi dengan memilih mouse gaming dengan tingkat DPI yang dapat disesuaikan. Fitur ini pun dapat memungkinkan penggunanya untuk mengubah tingkat sensitivitas dengan menggunakan tombol pintas. Pengguna dapat mengatur sendiri DPI sesuai dengan kebutuhan, apakah akan digunakan untuk aplikasi seperti mengetik atau untuk bermain game.

Tombol Program

Perhatikan juga mouse gaming yang memiliki tombol yang dapat diprogram. Tombol ini memungkinkan penggunana untuk melakukan fungsi tertentu, bahkan bebrapa fungsi tertentu. Artinya, dengan menekan sebuah tombol saja kamu sudah bisa menggantikan sebuah atau serangkaian keystroke. Fungsi ini akan memudahkan gamer untuk bermain banyak gamer yang beranggapan bahwa semakin byak tombol yang dapat diprogram, semakin bagus pula mouse tersebut. Tombol-tombol ini umumnya diletakkan di sisi kiri dan kanan mouse.

Akselerasi

Akselerasi atau percepatan umumnya ditunjukkan dengan satuan G. Untuk 1 G, setara dengan 9.8 meter per detik. Fitur ini akan memengaruhi kemampuan mouse untuk bergerak sesuai dengan seberapa cepat gamer menggerakan mouse. Akselerasi tinggi ini seringkali digunakan dengan pengaturan DPI rendah hingga sedang. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan akurasi yang baik.

Sensor Laser

Pemain game sejati tentu akan merasa tidak nyaman dengan mouse optik yang biasa. Mengapa demikian? Alasannya karena teknologi sensor optik ini bisa dibilang sudah usang. Saat ini, yang banyak digunakan adalah sensor laser karena terbukti lebih cepat dan akurat.

Konektivitas

Sama halnya dengan mouse standar, mouse untuk gaming pun ada yang menggunakan kabel (wired), ada juga yang tanpa menggunakan kabel (wireless). Mouse wireless ini pada generasi awal dikenal dengan “kelemahannya” yaitu tidak responsif. Namun kini teknologi semakin berkembang. Titik konektivitas tidak lagi menjadi masalah. Mouse wireless kini sama responsifnya dengan mouse wired. Bahkan, ada mouse wireless yang bisa digunakan dalam modus menggunakan kabel saat baterai tengah diisi.

Bobot Mouse yang Bisa Diatur

Perhatikan juga bobot mouse gaming. Beberapa mouse memiliki fitur pengaturan bobot. Ada gamer yang suka bermain game dengan menggunakan gamer ringan, ada juga yang suka mouse lebih berat. Mouse gaming dengan bobot yang bisa diatur tentu akan lebih baik untuk kedua tipe gamer tersebut. Ketika gamer ingin menggunakan mouse dengan bobot ringan atau berat, ia tinggal mengaturnya saja, tanpa harus membeli mouse gaming yang baru.

Kenyamanan

Hal lain yang tak kalah penting adalah kenyamanan dalam menggunakan mouse itu sendiri. Kenyamanan ini berkaitan dengan model, desain, dan bahan. Ada mouse yang lembut, ada yang dilapisi karet, ada yang lembut, ada yang bertekstur, ada yang glossy, dan masih banyak lagi. Semua ini bergantung dari selera dan kebutuhan setia gamer itu sendiri.

Mouse Grip

Mouse grip atau pegangan mouse merupakan cara memegang mouse dengan benar. Ada tiga macam cara memegang mouse yang bisa digunakan. Pertama, claw grip (memegang seperti mencakar), fingertip grip (dengan menggunakan jari-jemari), dan palm grip (seperti memegang kelapa). Pilihlah mouse gaming yang nyaman saat menggunakan tiga macam cara pegangan mouse tersebut.

Nah, itulah informasi tentang cara memilih mouse gaming terbaik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari mouse gaming.

Baca artikel yang lain mengenai Spesifikasi Komputer Untuk Desain Grafis

LEAVE A REPLY