PC atau Laptop Untuk Gaming

pilih pc atau laptop untuk game

PC atau Laptop Untuk Gaming

Blog about all latest PC & tech related news and info

Memilih PC atau Laptop untuk Gaming?

PC atau Laptop Untuk Gaming

Bagi sebagian orang, bermain game merupakan hobby dan membuang waktu. Namun untuk sebagian orang yang lain, bermain game dapat digunakan sebagai sarana menambah pendapatan. Bahkan banyak juga gamers yang menuai kesuksesan dari hobby pembuang waktu ini.

Untuk memainkan game lebih nyaman jika menggunakan komputer PC dan laptop. Komputer PC dan laptop yang digunakan untuk bermain game membutuhkan spesifikasi tinggi agar kinerja komputer PC maupun laptop tidak terganggu alias lemot. Dengan spesifikasi yang tinggi juga akan membuat komputer PC dan laptop tidak mudah rusak dan lebih awet.

Terkadang gamers merasa bingung saat harus memilih antara komputer PC atau laptop yang cocok digunakan untuk bermain game. Karena komputer PC dan laptop yang akan digunakan sebagai sarana bermain game memiliki kelebihan serta kekurangan. Sebenarnya komputer PC dan laptop sudah cukup baik jika digunakan untuk bermain game namun game yang memiliki kualitas grafis baik atau game kelas HD membutuhkan spesifikasi tinggi.

Semakin bagus dan tinggi spesifikasi dari komputer PC maupun laptop maka semakin bagus kualitasnya. Bermain game tidak akan asyik apabila sering berhenti atau lemot. Saat bermain game pasti akan menyenangkan apabila permainan lancar. Oleh karena itu, membutuhkan perangkat komputer PC atau laptop yang memiliki spesifikasi tinggi.

Memilih Komputer PC atau Laptop untuk Gaming

Saat ini sebagian besar perangkat komputer PC dan laptop telah memiliki spesifikasi tinggi yang canggih untuk melakukan permainan game. Namun perkembangan teknologi dan informasi membuat game juga semakin berkembang dengan berbagai kecanggihannya. Game yang diciptakan untuk hiburan telah bergeser menjadi sebuah hobby dengan segala kerumitannya.

Game yang diciptakan tidak lagi hanya berdimensi tunggal namun sudah banyak pula game dengan animasi 3 dimensi. Semakin tinggi resolusi dan efek dari game maka membutuhkan komputer PC dan laptop yang berspesifikasi tinggi agar tidak terganggu pada saat bermain. Mana yang lebih baik untuk melakukan permainan game antarakomputer PC dan laptop?

Kelebihan komputer PC untuk bermain game, yaitu:

  1. Harga komputer PC lebih murah daripada laptop meskipun memiliki spesifikasi sama.

Untuk membeli komputer PC maupun laptop dengan spesifikasi yang sama harganya terpaut tidak begitu jauh. Pada harga yang sama dapat memperoleh komputer PC dengan spesifikasi lebih tinggi daripada membeli laptop.

  1. Komputer PC lebih mudah diupgrade kemampuannya jika spesifikasinya kurang.

Cara upgrade komputer PC lebih mudah daripada upgrade laptop. Hanya dengan menambahkan perangkat tertentu maka spesifikasi komputer PC dapat menjadi lebih tinggi.

  1. Komputer PC memiliki sistem pendingin lebih bagus.

Sistem pendingin pada komputer PC lebih bagus daripada laptop karena tidak membutuhkan perangkat pendingin tambahan.

  1. Komputer PC tidak mudah panas sehingga lebih puas saat bermain game.

Sistem pendingin yang baik pada komputer PC menyebabkan komputer PC tidak mudah panas. Pada saat bermain game tidak berhenti dahulu untuk mendinginkan perangkat. Bermain game di komputer PC dapat dilakukan terus menerus tanpa khawatir komputer PC menjadi panas dan rusak.

  1. Perangkat pada komputer PC lebih awet dan tidak mudah rusak.

Sistem perangkat pada komputer PC tidak mudah panas sehingga lebih awet serta tidak mudah rusak.

Kekurangan komputer PC untuk bermain game, yaitu:

  1. Komputer PC tidak fleksibel karena tidak dapat dibawa ke mana saja dengan mudah.

Ukuran komputer PC cukup besar dan biasanya terdiri dari dua bagian, yaitu CPU dan layar. Sehingga tidak memungkinkan jika komputer PC dijinjing dan dibawa ke mana-mana karena sangat berat. Komputer PC hanya dapat diletakkan di suatu tempat saja seperti rumah dan kantor.

  1. Pemakaian daya listrik lebih boros.

Untuk memperoleh suplai listrik maka komputer PC harus dihubungkan dengan arus listrik selama pemakaian. Hal ini menyebabkan pemakaian daya listrik menjadi lebih besar daripada laptop.

Kelebihan laptop untuk bermain game, yaitu:

  1. Laptop lebih fleksibel karena dapat mudah dibawa ke mana saja.

Ukuran laptop yang lebih ringan dan simpel sangat memungkinkan jika laptop dijinjing atau dibawa ke mana-mana. Hal ini tidak dapat dilakukan pada komputer PC.

  1. Pemakaian daya listrik lebih hemat daripada komputer PC.

Untuk memperoleh suplai listrik untuk laptop cukup mengisi baterai dengan cara dicas. Setelah baterai penuh maka cas dapat dilepas. Suplai listrik dengan cara ini dapat menghemat pemakaian daya listrik.

  1. Memakai laptop terlihat lebih keren.

Menenteng dan memakai laptop memang terlihat sangat keren karena terlihat seperti pelajar atau pebisnis.

Kekurangan laptop untuk bermain game, yaitu:

  1. Laptop lebih cepat panas.

Sistem pendingin pada laptop tidak begitu baik dibandingkan komputer PC sehingga sebaiknya tidak dapat menggunakan laptop secara terus menerus.

  1. Tidak puas saat bermain game.

Saat bermain game tidak dapat puas karena tidak dapat bermain secara terus menerus. Laptop mudah panas sehingga tidak dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

  1. Saat baterai habis harus dicas terlebih dahulu.

Untuk memperoleh suplai baterai maka laptop harus dicas.

Kemudian, apa yang harus dipilih antara komputer PC dan laptop jika ingin bermain komputer? Memang menurut kelebihan dan kekurangan di atas akan lebih baik jika memilih perangkat komputer PC untuk bermain game. Namun ada beberapa hal yang dapat dipertimbangkan saat memilih antara komputer PC dan laptop untuk melakukan permainan game terutama oleh gamers.

Apabila jarang melakukan aktifitas di luar rumah maka komputer PC dapat menjadi pilihan. Namun apabila sering melakukan aktifitas di luar rumah dan ingin bermain game di luar rumah maka dapat memilih laptop. Apabila memilih laptop untuk bermain game maka dibutuhkan perangkat tambahan, yaitu keyboard game dan cooling pad. Keyboard game ditambahkan untuk mempermudah dan lebih nyaman saat bermain game. Sedangkan cooling pad ditambahkan agar laptop tidak mudah panas pada saat bermain game.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Riset Keyword

4 RESPONSES

  1. mahasinul fathani

    August 3, 2016 7:41 pm

    REPLY

    bukannya laptop skrng udah pada makai teknologi plugged in not charging?
    gk tau klo merk lain,tp klo asus sudah pakai,jd untuk no 3 bukanlah lagi kekurangan laptop

    • eddy setiawan

      August 4, 2016 7:22 am

      REPLY

      Teknologinya seperti apa gan bisa dibantu jelaskan? setahu saya soalnya laptop harus di charge kan baterainya perlu diisi juga.

      • angga

        August 4, 2016 5:16 pm

        REPLY

        maksudnya tuh saat baterai sudah penuh, laptop akan mengambil daya listrik tidak melalui baterai tp langsung dari adaptor.. Sehingga umur baterai lebih panjang

LEAVE A REPLY

Anal