pc rakitan amd

komputer rakitan amd

PC Rakitan AMD

Blog about all latest PC & tech related news and info

Mengukur Kekuatan Komputer dan Merakit PC Rakitan AMD

pc rakitan amd

Mengapa dianjurkan merakit komputer gaming AMD sendiri dibandingkan dengan komputer pabrikan lainnya? Alasan utama yang bisa diberikan, yaitu harga komponen-komponen PC yang dibutuhkan relatif terjangkau oleh kantong orang kebanyakan. Tambahan lagi, AMD menawarkan “Price per Performance” yang artinya harga-harga yang diperoleh murah, tapi dalam soal performa kerjanya dijamin berkualitas tinggi. Apalagi gamer saat ini sedang menggandrungi game GTA V atau Grand Theft Auto yang butuh PC komputer dengan spesifikasi tinggi. Maklum, hampir semua gamer kuatir dengan PC milik mereka sendiri tak mampu menjalankan game berat ini karena keterbatasan daya dukung komponen-komponen yang tertanam. Mereka panic, jangan-jangan PC atau laptop milik mereka tak kuat menjalankan GTA V.

Cek kekuatan PC untuk GTA V Sebelum Merakit Komputer Gaming AMD

Karena game GTA V termasuk game berat dengan file sebesar 60 GB, hal yang tak mungkin mengecek kekuatan PC dengan cara langsung menginstal file tersebut ke dalam komputer. Tentu harus ada cara untuk mencari tahu apakah PC milik kita memiliki processing power yang memadai untuk menjalankan GTA V.

Caranya bagaimana? Jalankan software benchmark. Software benchmark merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk menilai seberapa kencang kinerja PC dan menampilkan data berupa angka-angka supaya mudah dimengerti. Software ini sudah banyak tersedia, hanya saja kita akan mengalami kesulitan dalam membuat patokan untuk mengambil referensi skor yang dihasilkan. Apakah PC milik kita termasuk kencang atau tidak.

Dalam hal ini, kita bisa memakai 2 software benchmark, yaitu Cinebench R11.5 atau 3DMark- Cloud Gate. Software Cinebench R11.5 akan membuat simulasi berupa pekerjaan rendering scene 3D yang bagus untuk menguji kemampuan prosessor. Sedangkan software 3DMark merupakan software benchmark untuk mengukur kinerja kartu grafis. Nantinya akan membuat simulasi performa sebuah VGA pada API DirectX 10.

Untuk software Cinebench R11.5 bisa di-download secara gratis, sedangkan pada software 3DMark- Cloud Gate adalah software berbayar. Walaupun 3DMark berbayar, tapi tersedia versi basic yang gratis untuk melakukan pengukuran performa. Walau untuk menjalankannya butuh waktu lama karena tak tersedia pilihan custom benchmark.

Menjalankan Benchmark-Cinebench R11.5

Cara menjalankan software ini terbilang mudah. Setelah software diunduh, lalu ekstrak file ke sebuah direktori, langsung deh start dengan menjalankan .exe. Tampilan jendela Cinebench R11.5 begitu sederhana. Selanjutnya tinggal meng-klik bagian “CPU” atau “CPU (single core)” untuk memulai proses benchmark. Untuk menampilkan menu CPU (Single Core) perlu dicentang pada bagian “Advanced Benchmark” pada menu file. Setelah selesai, software akan memproses dan menampilkan hasilnya berupa angka dengan satuan pts atau points

Menjalankan Benchmark-3dMark Cloud Gate

Pada benchmark versi terbaru, tersedia beberapa pengujian, mulai dari benchmark 3DMark Ice Storm, 3DMark Cloud Gate, 3DMark Sky Diver, dan 3Dmark Fire Strike. Untuk menjalankan pengujian tinggal meng-klik “Run” pada menu yang disediakan. Hilangan tanda centan pada “Include demo” agar tak perlu jalankan demo. Bila Anda memilih versi “Basic” atau gratis, ini berarti Anda haru menjalankan semua benchmark yang ada. Mulai dari Ice Storm sampai dengan Fire Strike, menjalankan demo-demonya. Menjalankan versi gratis ini bisa memakan waktu kurang lebih 20-25 menit. Hasilnya, berupa skor angka. Untuk 3DMark Cloud Gate, skor yang diperoleh merupakan gabungan dari skor CPU dan GPU. Yang jadi acuan untuk kita adalah 3DMark Cloud Gate Graphic Score.

Nilai benchmark yang dihasilkan dari kedua software tersebut hanya berupa gambaran kasar saja. namun, setidaknya angka-angka yang dihasilkan sudah bisa memberikan gambaran seberapa kencang sistem komputer milik kita untuk menjalankan game GTA V. Contohnya saja, nilai angka yang diperoleh ternyata di bawah yang direkomendasikan untuk memainkan game tersebut, maka dipastikan komputer Anda tak mampu menjalankan GTA V.

Bila dipaksakan, justru akan mengganggu kenyamanan bermain Anda. Hasil angka rekomendasi skor benchmark juga tak bisa memberi informasi seberapa jauh settingan apa saja yang bisa dijalankan. Misalnya saja komputer tersebut memperoleh skor Cinebench sebesar 10 pts dan skor 3DMark Cloud Gate Graphics 20000. Angka skor tersebut tak dapat memprediksi apakah kita memainkan game GTA secara detil.

Up-grade Sendiri

Sudah mengetahui kemampuan komputer Anda sendiri? Kalau ternyata komputer Anda tak mampu menjalankan game-game baru yang berukuran besar seperti GTA V, sudah saatnya merakit komputer gaming AMD sendiri. Persiapkan komponen-komponen yang diperlukan seperti CPU, GPU, dan Motherboard. Misalnya saja, spesifikasi komponen-komponen komputer yang akan dirakit sebagai berikut:

  • CPU : AMD Kaveri Athlon X4-860K Quad Core dengan perkiraan harga sebesar Rp 1.010.000
  • MOBO : ASUS A68HM-PLUS dengan perkiraan harga Rp 841.000
  • GPU : Power Color Radeon R9 270 2GB DDR5 256 Bit dengan perkiraan harga Rp 2.123.000
  • RAM : Corsair DDR3 Vengeance Black PC12800 8GB (2X4GB)- CMZ8GX3M2A1600C9 dengan perkiraan harga Rp 919.000
  • HDD : Seagate 1TB SATA3-ST100DM0003 dengan perkiraan harga Rp 654.000
  • Casing : Power Logic Armageddon Nanotron T1X-No PSU-No DVDRW Slot dengan perkiraan harga Rp 205.000
  • PSU : Corsair VS Series 450W-80 Plus dengan perkiraan harga Rp 557.000

Komputer gaming AMD rakitan tersebut diperkirakan menghabiskan anggaran kurang lebih Rp 6.309.000. Walau Cuma rakitan, jangan salah, komputer ini memiliki kemampuan hebat. tak kalah dengan PS4 atau Xbox One. Tak kalah juga dengan komputer yang memiliki prosessor kelas high-end seperti Intel Core i5/AMD FX-8000 series, RAM 8GB, dan kartu grafis kelas menengah ke atas NVIDIA GeForce GTX 680/Radeon R9 280 ke atas.

Kesimpulan

Mengukur kemampuan komputer dahulu penting untuk mengetahui apakah perlu upgrade pc gaming anda atau tidak. PC rakitan AMD menjadi salah satu pilihan anda disamping processor Intel. Komputer rakitan AMD mampu menghasilkan perfomance yang tinggi untuk kenyamanan anda bermain game. Jika anda ingin share atau diskusi langsung saja anda bisa menuliskan pada bagian komentar di bawah posting ini.

Baca artikel yang lain mengenai PC Rakitan Game

LEAVE A REPLY