Perangkat Keras Jaringan Komputer

perangkat jaringan komputer

Perangkat Keras Jaringan Komputer

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Penting Perangkat Keras Jaringan Komputer

 Perangkat Keras Jaringan Komputer

Topik kali ini saya ingin membahas sedikit mengenai perangkat keras jaringan komputer. Bagi kita yang sudah mengerti tentang IT mungkin ada yang sudah tahu atau mungkin bahkan tidak tahu juga karena mereka ahli untuk bagian software saja. Maka posting kali ini akan membahas sedikit mengenai perangkat keras yang akan dipakai untuk jaringan komputer.

Apa Itu Jaringan Komputer?

Secara sederhana jaringan komputer adalah beberapa komputer yang terhubung menjadi 1 jaringan. Jaringan komputer yang biasa kita pakai adalah yang sederhana saja. Kecuali kita adalah suatu perusahaan besar yang membutuhkan jaringan komputer yang canggih. Posting kali ini hanya akan membahas jaringan komputer yang sederhana dan bisa kita aplikasikan sendiri.

Perlukah Menggunakan Jaringan Komputer di Rumah atau di Kantor Sederhana?

Pendapat saya pribadi sangat perlu, kenapa? Karena memudahkan kita untuk memindahkan suatu data dan sharing data jadi kita tidak perlu susah harus pindah-pindah data dengan flashdisk. Dengan jaringan komputer kita bisa akses data dari komputer satu ke komputer yang lain.

Untuk kepentingan pekerjaan sekelas toko atau dagang yang sederhana sangat memudahkan jika kita punya jaringan komputer. Apalagi saat kita menggunakan database dan database akan dipakai oleh banyak komputer. Jaringan komputer akan sangat membantu kita.

Perangkat Keras Jaringan Komputer Yang Sederhana

Bagi kita yang tidak mengerti tentang IT, posting kali ini akan sangat cocok untuk mengenal perangkat keras jaringan komputer. Ada berbagai macam perangkat keras yang dipakai untuk jaringan komputer tetapi kita akan bahas yang sederhana saja untuk jaringan komputer sederhana yaitu:

  • Wifi Router
  • Switch Hub
  • Kabel LAN + Konektor RJ45
  • Repeater (penguat sinyal wifi)
  • Modem

Dengan perangkat keras itu kita sudah dapat membuat jaringan komputer sederhana untuk di rumah atau di kantor.

Wifi Router

Wifi router adalah wireless router untuk menghubungkan 1 jaringan dengan jaringan yang lain, dalam hal ini jaringan lain adalah internet. Jadi modem akan dihubungkan dengan wifi router agar terdapat koneksi dengan internet. Sedangkan Wifi Router yang sudah include dengan modem (modem ADSL) tidak perlu modem lagi dan ini biasanya untuk pemasangan speedy. Wifi router sudah include modem ADSL.

Switch Hub

Switch hub ini digunakan untuk menghubungkan komputer tetapi menggunakan kabel LAN. Switch hub terdapat berbagai macam port mulai dari 5 port, 8 port hingga 16 port. Tergantung dari berapa banyak komputer yang akan dihubungkan.

Repeater (Penguat Sinyal Wifi)

Penguat sinyal dibutuhkan untuk jangkauan yang lebih luas. Misalnya dari lantai 1 ke lantai 2. Rumah dengan 2 lantai tidak cukup jika hanya menggunakan 1 wifi router paling tidak diperlukan 2 wifi router. Untuk cara teknis dan tips akan saya berikan pada bagian berikutnya.

Memasang Perangkat Keras Jaringan Komputer

Untuk pemasangan perangkat keras jaringan komputer biasanya dilakukan oleh pihak ketiga saat anda memasang internet. Tetapi alangkah baiknya bila kita menguasai ilmu jaringan komputer yang sederhana saja. Hal-hal yang perlu dilakukan untuk membuat jaringan komputer antara lain:

  • Melakukan setting pada wifi router (masalah ini cukup teknis jadi lebih baik orang IT yang melakukan)
  • Memasang kabel yang perlu misalnya saat anda menggunakan speedy anda perlu memasang kabel telepon ke konektor modem dan kabel LAN ke konektor RJ45.
  • Setelah setting selesai wifi router sudah dapat langsung dipakai.

Untuk pemasangan wifi router lebih dari satu anda harus menggunakan kabel. ITU ADALAH CARA YANG PALING BAGUS. Karena jika hanya menggunakan mode repeater sinyal wifi tidak bisa bagus dan stabil, hanya dengan kabel koneksi bisa bagus.

Cara menghubungkan 2 wifi router dengan kabel:

  • Siapkan kabel LAN dan pasang konektor dengan mode straight. Pemasangan mode straight bisa anda Google dengan keyword kabel lan straight.
  • Agar tidak bingung kita beri nama router 1 dan router 2.
  • Pasang router 1 dengan modem. Pastikan kabel modem menancap pada port internet di router 1 (warna port biasanya kuning).
  • Pasang kabel LAN pada port LAN (warna abu-abu biasanya) pada router 1 dan tancapkan ujung satunya ke router 2 yang warna kuning. Agar router 2 juga mendapatkan koneksi internet.

Dengan langkah-langkah tersebut anda sudah dapat menghubungkan 2 router menjadi 1 jaringan, dengan ini anda dapat mempraktekkan router mau ditaruh dimana saja terserah anda. Anda tinggal menyiapkan kabel saja, cara diatas juga dapat digunakan untuk menghubungkan router dengan switch hub.

Kesimpulan

Mengetahui perangkat keras jaringan komputer akan membantu ada menyelesaikan masalah IT anda di rumah ataupun di kantor. Semoga posting ini dapat membantu anda menyelesaikan masalah jaringan komputer anda dan jika ada yang salah pada cara teknis saya mohon bimbingannya bagi para master memberikan komentar pada posting di bawah ini.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Memilih CCTV

LEAVE A REPLY

Anal