Perangkat Komputer

Perangkat Lunak komputer

Perangkat Komputer

Blog about all latest PC & tech related news and info

Kenali Perangkat Komputer agar Makin Pintar!

Mengenal perangkat komputer merupakan bagian terpeting untuk mempelajari seluk-beluk komputer lebih jauh. Dengan mengenali perangkat kmputer, Anda tidak akan kesulitan mengoperasikan keseluruhan komputer. Bahkan, jika ada permasalahan komputer yang terjadi, atau jika ada virus yang menyerang, mengenali perangkat dapat mempermudah pencarian solusi.

Perangkat komputer pada dasarnya terdiri dari tiga bagian utama. Yakni perangkat lunak atau software, perangkat keras atau hardware, dan penggunanya atau disebut brainware. Untuk mempermudah penjelasan, berikut kami rangkum bagian-bagiannya.

Perangkat Lunak Komputer (Software)

Perangkat lunak merupakan salah satu elemen pembangun komputer berbentuk digital. Kehadirannya sangat penting, meski secara fisik tidak dapat disentuh, alias tidak berwujud.

Anda bisa melihat software dalam bentuk tampilan layar semata, dengan fungsi yang tentu saja terasa. Lewat bantuan perangkat lunak, sebuah komputer akan beroperasi dan mampu menjalankan berbagai perintah khusus.

Secara bentuk, perangkat lunak mencakup berbagai program komputer, dengan informasi dan dokumentasi khusus yang bisa terbaca sekaligus ditulis oleh komputer.

Perangkat lunak bisa digolongkan ke dalam dua bagian, yaitu sistem operasi atau lebih populer disebut OS (operating system) dan sistem aplikasi. Keduanya bisa dikenali lagi dengan jenis yang beragam. Berikut ulasannya.

1. Sistem Operasi (OS/Operating System)

OS secara teori adalah jenis software yang berfungsi memeberi perintah sekaligus mengontrol terlaksananya berbagai program di komputer. Mudahnya, OS bisa dibilang sebagai program dasar komputer yang menghubungkan antara pengguna dengan hardware.

Sejumlah hal yang diatur OS adalah waktu pemrosesan, kontrol input dan output, mengecek kesalahan data dan sistem, membuat perhitungan, termasuk penyimpanan, pengolahan, dan penggabungan data sekaligus bentuk-bentuk layanan yang berkaitan.

Ada banyak jenis sistem operasi yang biasa dipakai dalam komputer, di antaranya berikut ini.

  • OS Berbasis UNIX

UNIX merupakan jenis sistem operasi paling tua di dunia. UNIX muncul pada tahun 1965 sebagai cikal bakal berkembangnya berbagai OS terkenal lain seperti MAC OS, System V, BSD, hingga Linux.

UNIX berawal dari sebuah proyek bernama Multics. Kependekan dari Multiplexed Information and Computing Service. Pendirinya adalah tiga perusahaan gabungan di Amerika, yang bergerak di bidang IT dan telekomunikasi. Yaitu AT&T atau American Telephone and Telegraph, MIT atau Institut Teknologi Massachusetts, dan General Electric (GE). Proyek UNIX dibiayai langsung oleh Departement of Defence Advenced Research Project, yang disebut juga DARPA atau ARPA, selaku Departemen Pertahanan Negara Amerika. Sejak dulu sampai sekarang UNIX tetap konsisten dengan desain OS yang multiaksi, multipengguna, dan portable.

  • OS Berbasis Windows

Windows sebetulnya nama baru. Dulu namanya QDOS (Quick and Dirty Operating Sistem). Cepat dan ‘kotor’, itulah keunggulannya. QDOS diprogram oleh seorang programmer kesohor asal Amerika bernama Tim Paterson dari perusahaan Seattle Computer.

QDOS sendiri tercipta dari OS yang terkenal pada zamannya kala itu, yakni CP/M. Awalnya, Paterson merancang QDOS untuk prosesor Intel 8806. Itulah mengapa begitu dipasarkan oleh Seattle Computer pada tahun 1980, QDOS diberi nama 86-DOS.

Lisensi 86-DOS ini kemudian dibeli oleh Bill Gates, sang pendiri Microsoft. Ia berencana mengembangkan QDOS lalu memasarkannya lagi ke banyak perusahaan komputer. Selang setahun sejak dibeli, tepatnya pada tahun 1981, QDOS pun berubah nama.

Microsoft menamainya MS-DOS, sedangkan produk jualannya yang dibeli oleh IBM diberi nama PC-DOS oleh perusahaan komputer tersebut. Sejak awal kemunculannya, MS DOS terus mengalami perkembangan menjadi berbagai produk Windows dengan beragam versi.

  • OS Berbasis LINUX

LINUX merupakan salah satu hasil pengembangan OS UNIX. Ketimbang Windows, programmer lebih akrab menggunakan OS ini. Linux berevolusi sebagai sumber utama terbuka sekaligus perangkat lunak terbuka. Istilah linux sendiri tak hanya mengacu pada OS, melainkan sebagai rujukan seluruh distribusi Linux yang juga mencakup GNU.

Linux menyertakan sejumlah program pendukung lain bagi OS-nya. Yakni sebagai bahasa pemrograman, web server, basis data, tampilan desktop atau Desktop Environment macam KDE dan GNOME, hingga aplikasi perkantoran serupa Microssoft Office pada Windows yang disebut Office Suite. Contohnya KOffice, Gnumeric, Abiword, juga OpenOffice.org yang cukup dikenal.

  • OS Berbasis Macintosh

OS Macintosh atau lebih dikenal sebagai MAC OS (Macintosh Operating Sistem), merupakan OS keluaran perusahaan Apple, yang dulunya bernama Apple Computer, Inc. Apple ini merupakan bentukan perusahaan SiliconValley yang bergerak di bidang teknologi komputer. Apple berpusat di Cupertino, California, Amerika.

Sekitar tahun 1970-an, Apple menjadi cikal bakal revolusi komputer pribadi. Saat itu produk yang diusungnya adalah Apple II. Produk ini digandrungi di Amerika, dan terus berkembang sejak tahun 1980-an hingga sekarang, dengan nama Macintosh.

OS Macintosh memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya populer. Di antaranya sebagai OS pertama yang memanfaatkan sistem GUI (Graphical User Interface), sekaligus memberi pelayanan yang bersahabat dan sangat ramah. Memang benar, pengguna OS Macintosh tak perlu banyak menulis perintah. Hanya cukup dengan menunjuk gambar yang ada, Macintosh akan dengan cepat mengerjakan segala tugas sesuai gambar yang ditunjuk.

2. Sistem Aplikasi

Software untuk aplikasi berbeda dengan software untuk OS. Pembedanya begini, OS menjembatani langsung antara pengguna dan hardware. Tanpa OS, pengguna nyaris tidak dapat melakukan apapun pada komputer. Artinya, kegunaannya nyata.

Sementara software untuk aplikasi, fungsinya lebih sebagai sarana untuk melakukan tugas tertentu sesuai keinginan dan kebutuhan pengguna. Namun kembali lagi, kebutuhan tersebut juga perlu disesuaikan dengan kemampuan komputer, dan tidak secara langsung menguntungkan pengguna. Dengan kata lain, hanya sebagai media yang mempermudah melakukan tugas tertentu saja.

Software aplikasi bisa dipakai untuk mengolah kata atau lembar kerja, hingga membuat grafik, desain, bahkan memutar multimedia dan gim.

Perangkat Keras Komputer (Hardware)

Sgala hal yang berkebalikan dengan software adalah hardware. Hardware bisa disentuh secara fisik, fungsinya sebagai elemen pembentuk tubuh komputer agar dapat berfungsi optimal. Setidaknya ada lima bagian hardware jika dikelompokkan berdasarkan fungsinya.

  1. Perangkat masukan (input device). Segala perangkat komputer dari luar ke dalam termasuk alat input. Contohnya keyboard, mouse, hingga scanner.
  2. Perangkat keluaran (output device). Segala alat yang digunakan untuk menghasilkan tampilan data termasuk output. Contohnya monitor, speaker, dan printer.
  3. Perangkat penyimpanan (storage device) . Digunakan untuk menyimpan data, seperti harddisk, cartridge, USB, hingga CD-Rom.
  4. Perangkat sambungan (perferal), contohnya modem, NIC, hingga ragam kabel macam SATA dan PATA.
  5. Perangkat pengolah data mencakup komponen inti CPU. Contohnya prosesor, CMOS, RAM, dan motherboard.

Mungkinkah menjalankan komputer tanpa salah satu perangkat?

Komputer masih bisa jalan tanpa software aplikasi, tapi tidak demikian dengan hardware tertentu, pun OS. Komputer itu ibarat rumah, OS pintu masuknya, dan hardware khususnya komponen inti ibarat tiang-tiang penyangga rumah. Jika ada satu bagian yang hilang, rumah tak bisa dimasuki, bahkan tidak dapat berdiri tegak.

Sementar fungsi perangkat lainnya, semisal hardisk, aplikasi, input-output dan sebagainya, punya peran pendukung yang sebenarnya tak kalah penting. Pada dasarnya semuanya berfungsi sama, yaitu mempermudah. Tanpa hardisk komputer bisa jalan, tapi lebih pelan ibarat pincang. Begitu pula tanpa aplikasi, tetap bisa jalan, tetapi tidak optimal jika digunakan untuk kepentingan tertentu.

Baca artikel yang lain mengenai Membuat Cloud Storage di Rumah

LEAVE A REPLY