perbandingan merk laptop

kelebihan dan kekurangan merk laptop

Perbandingan Merk Laptop

Blog about all latest PC & tech related news and info

Perbandingan Merk Laptop Bergengsi dari Segi Kekurangannya

perbandingan merk laptopPerbandingan merk laptop termasuk topik yang cukup menarik. Tidak hanya karena sangat membantu memecahkan kegalauan Anda dalam memilih laptop yang akan dibeli, tapi juga menjadi pengetahuan yang tentunya bermanfaat untuk Anda ketahui. Dari sekian banyak merk laptop inilah 4 merk laptop bergengsi yang akan kita coba bandingkan kekuatannya.

Laptop Merk Apple

Apple termasuk brand yang terkenal karena memiliki desain dan ‘gengsi’ karena ketika Anda menggunakannya tidak akan ada yang berani memandang sebelah mata pada Anda, terutama di Indonesia. Konsep produk berwawasan lingkungan yang dicanangkannya membuat semua spare part dibuat ramah lingkungan karena bisa didaur ulang. Salah satu yang menjadi nilai lebih bagi merk Apple ini.

Jika melihat dari teknologi yang ditawarkan apple termasuk unggul. Salah satunya karena laptop Apple memiliki track pad dengan ukuran yang besar yang bisa memanjakan penggunanya. Bagi yang sudah mengenal OS Mac tentu akan setuju jika sistem operasi ini termasuk yang user friendly dibandingkan dengan OS lainnya.

Tidak hanya itu, Apple juga menggunakan LED dengan resolusi tinggi yang menyamai retina mata hingga nyaman dilihat. Teknologi ini juga digunakan pada keyboard dan layarnya yang bisa secara otomatis beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Namun demikian Apple juga memiliki kekurangan, Berikut ini kekurangan merk laptop Apple.

  • Bagi yang sudah terbiasa menggunakan sistem operasi Windows, menggunanakan Mac Os justru terasa lebih sulit.
  • Memiliki harga yang sangat mahal. Terlebih jika dibandingkan dengan laptop merk lain yang juga sudah memiliki fitur-fitur yang mirip dengan Mac OS.
  • Terbatasnya service center hingga ketika ada kerusakan sulit untuk mengatasinya.

Laptop Merk Acer

Acer termasuk produsen laptop yang cukup terdengar gaungnya di Indonesia. Konsep desain dan aneka varian warna yang disediakan pada setiap laptop yang dikeluarkannya menjadi salah satu nilai jual yang membuat para penggunanya memilihnya. Pun dengan harganya yang cukup terjangkau dibandingkan merk lain. Selain itu, juga karena layanan purna jualnya yang baik. Hal ini dibuktikan dengan kemudahan untuk proses service. Terutama ketika masih dalam masa garansi. Tidak hanya cepat prosesnya tapi juga tuntas.

Walaupun demikian merk Acer juga memiliki kekurangan dalam produk yang dijualnya. Kebanyakan laptop yang dikeluarkan oleh Acer ini memiliki kelemahan pada bagian casing. Selain itu, juga pada panel LCD yang mudah retak. Terakhir untuk urusan keyboardnya yang juga memiliki kualitas buruk dan mengecewakan. Itulah yang menjadi kekurangan merk laptop Acer yang sering dikeluhkan banyak pengguna.

Laptop Merk Asus

Asus termasuk pemain lama dalam dunia komputer. Hal ini membuat laptop yang dikeluarkannya selalu menjadi yang terdepan untuk urusan teknologi. Bahkan dengan teknologi yang sama, asus selalu memberikan harga yang ekonomis dibandingkan dengan merk lain sekelasnya. Terutama dengan ketangguhan motherboard dalam setiap produknya.

Dengan fitur-fitur yang dimilikinya, Asus termasuk merk laptop yang dirasa memiliki speck yang lebih dari cukup untuk bermain game. Terutama dengan ATI Redeon dan VNidia GeForce yang menjadi VGA pilihannya yang tentunya sangat pas untuk para laptop gaming. Dengan garansi hingga 2 tahun termasuk laptop dengan garansi terlama dari yang pernah ada.

Namun demikian Asus juga memiliki kelemahan. Berikut ini di antaranya.

  • Seringkali mengeluarkan produk baru dengan sangat cepat. dengan spesifikasi yang lebih tinggi, namun dengan harga yang lebih murah dari produk sebelumnya. Kondisi ini seringkali membuat pengguna yang telanjur sudah membeli laptop keluaran sebalumnya menjadi menyesal dan kecewa.
  • Service center yang dimiliki masih terbatas. Hal ini membuat terjadinya antrian yang cukup panjang untuk service bergaransi. Lamanya garansi juga membuat antrian menjadi semakin panjang karena berpotensi untuk menambah antrian service baru.
  • Dalam beberapa produk Asus tidak menyertakan softcase sebagai salah satu fasilitas yang diberikan. Hal ini tentu membuat pembeli harus mengeluarkan budget lebih untuk softcase.
  • Pada seri tertentu seringkali terjadi error touchpad, sedangkan seri lainnya yang terjadi adalah error hardisk. Ini menyulitkan para penjual untuk bisa mamasarkannya dengan cepat dan tanpa komplen. Hal ini terjadi contohnya pada asus seri 12’’ atau K43u.

Laptop Merk Lenovo

Lenovo juga termasuk pemain yang sudah ada sejak dulu ketika IBM begitu terkenal di dunia perkomputeran. Bahkan pada seri Thinkpad-nya hingga saat ini sudah terkanal sebagai laptop yang tahan banting dan air. Lenovo juga memiliki seri idea pad yang harganya relatif murah dibandingkan merk lainnya hingga bisa menjadi pilihan untuk Anda yang memiliki dana terbatas, namun memerlukan laptop.

Namun demikian Lenovo juga memiliki kekurangan terutama dalam pelayanan service bergaransi karena service centernya yang masih sangat terbatas. Tidak hanya itu, jika dilihat semakin ke sini kualitas produk laptop yang dihasilkannya juga menurun tidak seperti sebelumnya. Salah satunya terjadi pada seri Z Lenovo mengecewakan baik dari desain casing juga fisik laptop secara keseluruhan.

Merk lain yang bisa menjadi pilihan selain merk tersebut ada Axio, Dell, Fujitsu, HP/Compaq, Samsung, Sony, dan Toshiba. Walaupun demikan pastilah merk-merk tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hingga pilihan kembali pada perioritas dalam memilih laptop yang terbaik menurut Anda.

Baca artikel yang lain mengenai Casing PC Gaming Murah

LEAVE A REPLY