perbedaan ati radeon dengan nvidia

pilih vga ati radeon atau nvidia

Perbedaan ATI Radeon Dengan NVidia

Blog about all latest PC & tech related news and info

Kenali Perbedaan ATI Radeon dan Nvidia untuk Kepuasan Berkomputer

perbedaan ati radeon dengan nvidiaAnda bingung pilih VGA ATI Radeon atau Nvidia untuk kebutuhan grafis komputer Anda? Jika ya, simaknya informasi dalam artikel berikut. VGA atau kartu grafis memang dapat menunjang penampilan grafik PC atau laptop. Dengan VGA ang bagus dan sesuai, tampilan grafik pada komputer Anda akan semakin baik. Ini bergantung dari spesifikasi atau fitur yang dimiliki oleh VGA itu sendiri. Oleh karena itu, pemilihan VGA memang tidak dilakukan sembarangan.

Anda memang sebaiknya kenali dulu perbedaan Nvidia Geforce dan AMD Radeon ini sebelum membelinya. Dalam artikel kali ini, kami akan berbagi informasi seputar perbedaan ATI Radeon dengan Nvidia. Tanpa banyak basa-basi mari kita simak informasinya berikut.

VGA ATI Radeon dan Nvidia

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia komputer, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah VGA. Ini merupakan grafis card yang akan menentukan performa grafis komputer atau laptop Anda. Semakin bagus VGA yang dipilih, akan semakin bagus tampilan grafis yang dihasilkan. Dalam kebutuhan gaming, kedua grafis card ini memang bisa diandalkan. Keduanya saling meng-update produk serta seri untuk tetap bisa bersaing di pasaran.

Dua nama brand untuk produk VGA yang paling terkenal dan banyak diminati adalah Nvidia dan ATI Radeon. Bagi Anda yang masih awam, mungkin akan menyamaratakan kualitas keduanya. Namun, meskipun keduanya sama-sama memiliki kualitas yang bagus tetap saja memiliki perbedaan, kekurangan, serta kelebihan.

Tidak hanya bisa digunakan untuk sebagai pendukung eksternal pada laptop, kedua grafis ini pun dapat digunakan untuk mendukung PC. Dengan melihat slot VGA yang Anda miliki, pandai-pandailah dalam memilih AGP atau slot PCI-Express. Dengan tambahan kartu grafis ini, tampilan laptop atau PC Anda akan semakin tajam. Cobalah bandingkan tampilan sebelum menggunakan kedua grafis ini dengan setelah menggunakannya. Anda akan melihat perbedaan yang cukup signifikan.

Untuk kode, kedua kartu grafis ini memiliki kode yang tentu berbeda. Nvidia memiliki kode Geforce, sedangkan AMD ATI memiliki kode Radeon. Kedua brand grafis ini dibanderol dengan harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan.

Perbedaan Nvidia dan ATI Radeon

Lantas jika ada pertanyaan Nvidia vs ATI radeon bagus mana, apa jawabannya? Inilah dia jawabannya. Sebenarnya keduanya memiliki kualitas yang sama bagus. Dalam hal performa pun Nvidia dan ATI Radeon memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika dibahas satu-per satu, rasanya kan sangat panjang. Oleh karena itu, berikut kami ulas beberapa perbedaan yang mendasar dari VGA Nvidia dan ATI Radeon lengkap dengan kekurangan dan kelebihannya.

  • Jika Anda lebih banyak menggunakan software pemutar musik, sebaiknya pilih ATI Radeon. Kartu grafis ini memiliki banyak pendukung extensi video dibandingkan Nvidia. Selain itu, Radeon pun memiliki fitur UVD, sedangkan Nvidia tidak memilikinya.
  • Jika Anda adalah seorang gamer yang selalu memainkan game maka pilihlah Nvidia. Las tampilan Nvidia memang sangat jelas dan jernih. Ini tentu akan mendukung permainan Anda. Hal ini karena saat proses mengolah data, data game dipindahkan ke GPU physx. Namun, ini hanya bekerja pada grafik Nvidia Geforce High End. Sementara itu, jika AMD memiliki fitur ini, akan dibebankan pada CPU.
  • Kartu grafis Nvidia Gforce sangat hebat dalam memainkan permainan dirext 11, namun performanya menjadi kurang dalam memainkan game dengan basis dirext 9 dan 10.
  • Untuk kebutuhan editing video, kartu grafis Nvidia lebih bisa diandalkan dibanding AMD Radeon.

Dalam pemilihan kartu grafis ini, Anda sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda membutuhkan tampilan yang jelas untuk mendukung performa permainan, jelas pilih Nvidia. Jika Anda adalah seorang pemusik dengan beragam software musik yang akan digunakan, pilihlah ATI Radeon.

Jangan lupa sesuaikan juga dengan budget yang Anda miliki. Jangan sampai Anda malah mengabaikan kebutuhan penting yang lain hanya untuk membeli VGA. Apalagi dengan harga VGA jutaan rupiah. Kecuali jika VGA ini memang sangat Anda butuhkan dan akan menunjang pekerjaan Anda.

Sesuaikan juga kartu grafis ini dengan motherboard Anda. Cek slot yang ada pada motherboard yang dimiliki. Sekarang ini terdapat dua jenis slot motherboard, yaitu slot PCI-express dan AGP. Sebaiknya tanyakan jenis VGA yang sesuai dengan PC atau laptop yang dimiliki pada toko penjual VGA. Jika tidddak sesuai, ada kemungkinan VGA tersebut tidak bisa dipasang. Jadi, Anda benar-benar harus memperhatikan hal ini.

Nah, itulah perbedaan Nvidia dan ATI Radeon secara mendasar dengan beberapa kekurangan dan kelebihannya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, terutama yang masih bingung memilih antara Nvidia dan ATI Radeon. Selamat memilih VGA.

Baca artikel yang lain mengenai Power Bank Murah Berkualitas

LEAVE A REPLY