perbedaan notebook dan netbook

beda netbook dan notebook

Perbedaan Notebook dan Netbook

Blog about all latest PC & tech related news and info

Yuk, Mengenal Perbedaan Notebook dan Netbook

perbedaan notebook dan netbook

Banyak yang bertanya-tanya, sebenarnya apa saja sih perbedaan notebook dan netbook itu? Sekilas, lafal kedua istilah tersebut tak ada perbedaan. Namun, setelah ditelisik secara seksama, sebenarnya kedua istilah tersebut berbeda dan memiliki pengertian yang berbeda pula. Dari bentuk umum barangnya, kedua istilah tersebut tampak sama saja. Sejatinya, kedua barang tersebut memiliki perbedaan bentuk dan ukuran yang mencolok.

Ukuran dimensi notebook jelas lebih besar dibandingkan dengan ukuran netbook. Keduanya memiliki kesamaan yaitu sama-sama bisa dibawa dengan cara dijinjing. Itulah kenapa, kedua benda tersebut sering terlihat ditenteng ke mana-mana. Para pekerja profesional biasanya terlihat membawa salah satu dari benda tersebut.

Beda Tipis

Untuk mengenali perbedaan notebook dan netbook bisa dimulai dari dimensi dan bobot, perangkat input dan output, harga gadget, kemampuan kinerja komputer, dan segmen pemakai sesuai kebutuhan. Pengetahuan ini penting diketahui kita semua mengingat masih banyak orang yang keliru saat membeli notebook atau netbook. Padahal dari segi pemakaian dan fungsinya memiliki perbedaan yang tegas. Hal yang bagi masyarakat awam perlu jeli saat membelinya.

Misalnya saja, bila yang dibutuhkan hanya berupa hiburan dan berinternet ria, cukup saja kiranya hanya netbook yang dibutuhkan. Lain halnya jika yang dibutuhkan untuk nge-game, kerjaan kantor, desain grafis sudah pasti pilihan yang terbaik adalah notebook. Walau dari segi dimensi bentuknya tampak beda tipis.

Netbook biasanya dimiliki oleh para pelajar atau pekerja profesional yang tak butuh aplikasi-aplikasi dan software berat. Selain bobotnya yang ringan, netbook sangat bagus dipakai sebagai media belajar. Terutama untuk aplikasi-aplikasi dasar, seperti Ms. Word, pengenalan internet, dan jaringan serta aplikasi hiburan. Bagi pekerja profesional, netbook dipakai untuk presentasi dengan klien atau lainnya. Sambil kongkow-kongkow dan berbisnis di kafe sambil membawa netbook sangatlah cocok.

Jangan berharap, Anda memperoleh banyak fasilitas perangkat yang tertanam pada netbook karena ia dirancang seminimal mungkin. Hal yang paling mencolok dari netbook, yaitu tidak terdapat perangkat optical drive untuk memutar CD. Paling banter hanya terdapat perangkat input output untuk slot USB. Lain halnya dengan notebook yang kaya perangkat input output tertanam. Misalnya saja, selain terdapat slot USB juga tertanam optical drive dan slot-slot tambahan lainnya. Adanya perangkat tertanam yang lebih lengkap inilah, notebook bisa ditanam banyak aplikasi yang dipakai untuk keperluan kerja. Bahkan, game-game berat pun bisa dimainkan melalui notebook ini.

Segmen Pasar Berbeda

Anggapan yang salah kalau netbook hanya untuk diperuntukkan bagi segmen pasar kelas kalangan menengah ke bawah. Demikian juga dengan notebook yang hanya diperuntukkan bagi segmen pasar konsumen kalangan menengah ke atas. Semua segmen pasar bisa memakai netbook maupun notebook. Dari segi segmen pasar, tak ada perbedaan notebook dan netbook yang begitu tegas.

Justru yang ada adalah perbedaan segmen pengguna masing-masing gadget tersebut. Pada umumnya, pengguna menginginkan performa yang terbaik untuk gadget miliknya. Nah, untuk inilah dibutuhkan pengetahuan perbedaan notebook dan netbook kepada semua segmen pasar supaya tak salah beli.

Untuk segmen pasar yang membutuhkan performa tinggi tentu pilihan notebook yang paling tepat. Segmen pasar ini biasanya membutuhkan gadget untuk menjalankan aplikasi-aplikasi berat seperti video editing, pengolahan gambar, dan main game. Sedangkan bagi segmen pasar yang hanya untuk keperluan kerja standar, hiburan, dan internet tidak begitu butuh gadget dengan performa tinggi. Netbook sudah cukup memadai untuk memenuhi semua keperluan itu. Itulah kenapa semua vendor memproduksi kedua jenis gadget tersebut karena memang ditujukan untuk memenuhi kedua segmen pasar tersebut. Dengan demikian, konsumen memiliki banyak pilihan gadget mana yang sesuai dengan kebutuhannya.

Update Gadget Terkini

Perbedaan notebook dan netbook yang dijumpai di pasaran dari sisi harga bisa dilihat berikut ini.

Harga netbook:

  1. Dell Inspiron N3421

Dimensi netbook ini hanya 11 inchi saja. Harga yang diberandol Cuma Rp 3 jutaan saja. Walau harganya cuma segitu, tapi fitur-fitur yang di dalamnya bisa termanfaatkan semuanya. Baik berinternet, mendengarkan musik, nonton film, simpan dokumen, dan lainnya.

  1. ASUS X401U Slimbook

Dimensi netbook tak lebih dari 11 inchi. Harga berkisar di angka Rp 3 jutaan. Kinerjanya tak diragukan lagi karena fitur-fitur yang tertanam di dalamnya lengkap. Kapasitas memori sebesar 1 GB.

  1. ASUS X45U-VX049D

Dimensi netbook juga sama seperti produk di atas. Harga yang dipatok di kisaran 3 jutaan. Fitur-fitur yang tertanam di dalamnya terbilang lengkap. Misal untuk kebutuhan mengetik, nonton video, game-game ringan, berinternet.

Harga notebook:

  1. Microsoft Surface Pro 3

Harga notebook ini diberandol di angka 14 jutaan. Notebook ini mampu menjalankan program multitasking. Sudah pasti perangkat yang tertanam begitu lengkap dengan performa tinggi.

  1. Lenovo Thinkpad Yoga 12

Notebook yang menyasar segmen pasar kelas menengah ke atas karena harganya di kisaran 26,4 jutaan. Spek yang ditawarkan tentu mumpuni dengan performa tinggi. Dimensi notebook lebar dengan berat 1.5 kg.

  1. Lenovo Yoga 2 Pro

Notebook produksi Lenovo ini ditawar dengan harga sekitar 20 jutaan. Perangkat keras dan lunak yang tertanam lengkap sehingga mampu menjalankan berbagai aplikasi berat dan game-game berat.

Dari uraian di atas, bisa diketahui dengan jelas apa perbedaan notebook dan netbook. Terutama dari segi harga, perangkat keras dan lunak yang tertanam di dalamnya, penggunaan dan pemanfaatan. Sekarang, konsumen bisa dengan jelas antara netbook dan notebook yang akan dibeli.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Merawat Power Bank

LEAVE A REPLY