perbedaan ram server dan ram pc

perbedaan memori ecc dan non ecc

Perbedaan RAM Server dan RAM PC

Blog about all latest PC & tech related news and info

Ternyata Ini Perbedaan RAM Server dan RAM PC

perbedaan ram server dan ram pcTahukah Anda perbedaan RAM server dan RAM PC? Sebagan orang memang tidak bisa membedakan manakah RAM server dan manakah RAM PC, terutama orang yang masih awam dalam dunia komputer. Namun jangan khawatir, kali ini kami akan membahas sekilas tentang beda antara RAM server dan RAM PC. Selain itu, akan dibahas juga perbedaan antara RAM ECC dan NonECC. Tanpa banyak basa-basi lagi, mari kita simak informasinya berikut.

Apa sih Itu RAM?

Anda tentu suda sering mendengar istilah RAM. Namun, tahukah Anda apa artinya? RAM atau Random Acces memory merupakan memori utama dalam computer yang digunakan sebagai media penimpanan sementara ketika komputer menyala.

RAM ini sering juga disebut sebagai memori utama. Fungsinya adalah untuk mendukung serta melayani prosesor dalam melaksanakan proses computing. RAM ini menjadi salah satu hardware utama yang mesti ada dalam rangkaian komputer. RAM ini dapat menyimpan data dari harddisk serta menyuplai data untuk prosesor yang kemudian akan diproses. Semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin baik pula kerja komputer tersebut.

Besarnya kapasitas dan kecepatan suatu RAM akan menentukan kelangsungan kinerja komputer. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena setiap proses yang terjadi lama komputer akan selalu melibatkan memori utama ini sebagai pelayan CPU.

RAM PC merupakan RAM yang digunakan dalam komputer desktop (PC) biasa. Sementara itu, RAM server memiliki keungulan lain dibandingkan dengan RAM PC. RAM ini umumnya digunakan dala komputer server dengan kinerja yang lebih berat dibanding RAM PC.

Perbedaan Memori ECC dan NonECC

RAM ECC merupakan tipe RAM yang dapat mendeteksi dan memperbaiki kesalahan yang terjadi pada memori internal karena adanya daya yang corrupt. Dalam komputer yang belum menggunakan RAM jenis ini, saat ada bit data yang corrupt dan bit tersebut tereksekusi, sistem akan mengalami blue screen (tampilan biru pada layar). Jika hal ini terjadi pada komputer server, server tersebut akan mati/down.

Akan beda halnya dengan komputer yang telah menggunakan RAM jenis ini. Ketika bit yang corrupt terdeteksi, RAM akan memperbaikinya sehingga tidak akan terjadi BSOD. Dalam setiap 8-bit RAM, akan ada satu lagi bit data tambahan. Ini memang sengaja dilakukan untuk error checking serta error correction. Inilah sala satu keunggulan dari ECC Memory.

Perbedaan RAM ECC dan RAM nonECC ini terletak dari jumlah chip yang ada. Anda bisa menghitung jumlah chip yang berwarna hijau pada setiap modul RAM. ECC memori mempunyai jumla chip yang bisa habis dibagi tiga atau lima.

PC standar belum dapat menggunakan teknologi ini. Selain penggunaannya harus didukung dengan prosesor dan motherboard yang sesuai, harganya pun cukup mahal. Harga RAM ECC ini bisa dua kali lipat dari harga RAM biasa (nonECC). Penggunaan RAM ECC ini pun dapat menurunkan kinerja sistem sekitar 2%. Namun, teknologi yang telah ada sekarang ini sudah lebih stabil sehingga kesalahan memori jarang terjadi.

Bagaimana dengan RAM DDR3?

RAM DDR3 mempunyai kebutuhan daya yang kurang dibandingkan dengan DDR2, sekitar 16%. Hal ini disebabkan oleh RAM DDR3 telah menggunakan teknologi 90 nm. Dengan begitu, konsumsi daya yang dibutuhkan hanya 1.5 volt, lebih sedikit dibandingkan dengan DDR2 (1.8 volt) dan DDR (2.5 volt).

Secara teori, kecepatan yang dipunyai RAM ini memang memukau. RAM ini dapat mentransfer data dengan clock efektif 800 hingg 1.600 MHz. RAM DDR3 ini mempunyai clock internal 400 hingga 800 MHz. Ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan DDR2 200 hingga 533 MHz serta DDR yang sebesar 100 hingga 300 MHz.

RAM seperti ini memang sudah diperkenalkan sejak tahun 1995 lalu. Namun, produknya baru benar-benar muncul pada tahun 2007, berbarengan dengan motherboard yang menggunakan chipset internal P35 Bearlake. Pada motherboard tersebutlah slot untuk RAM DDR3 ini terpasang.

Slot yang dipakai pada motherboard ini memiliki jumlah pin yang sama dengan slot DDR2 SDRAM, namun posisinya berbeda sehingga tidak dapat memasang modul DDR3 SDRAM pada slot DDR2. Hal ini memang sengaja dilakukan lantaran secara elektrikal, modul DDR3 dan DDR2 mempunyai tegangan yang berbeda.

Lantas, bagaimana dengan harga RAM ECC DDR3? Untuk harga RAM DDR3 ini berbeda-beda. Hal ini bergantung dari kapasitas RAM yang ditawarkan. Misalnya, untuk merek Fujitsu dengan kapasitas 4 GB, harga yang ditawarkan adalah Rp. 4.450.000. Semakin besar kapasitasnya maka akan semakin mahal pula harganya.

Demikianlah informasi seputar perbedaan RAM server dan RAM PC, lengkap dengan perbedaan RAM ECC dan NonECC. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Baca artikel yang lain mengenai Tips Membeli Laptop Bekas

LEAVE A REPLY

Anal