perbedaan ssd dan hdd

perbedaan hdd dan ssd

Perbedaan SSD dan HDD

Blog about all latest PC & tech related news and info

Pintar dengan tahu Perbedaan SSD dan HDD!

perbedaan ssd dan hdd

Apa sih perbedaan SSD dan HDD? Pertanyaan ini tentu manjadi pertanyaan Anda ketika sales laptop atau ultrabook menawarkan jenis hardisk dari sebuah laptop atau ultrabook tersebut. Bagi yang sudah paham betul tentu tidak menjadi masalah, tapi jika sama sekali tidak paham tentu akan kebingungan dengan pilihan tersebut. Karena keduanya walaupun memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda tentu memiliki banyak perbedaan.

Nah agar tidak kebingungan lagi dalam memilih SSD dan HDD maka kali ini kami akan uraikan mengenai perbedaan keduanya sebagai berikut.

Mengenal SSD dan HDD

SSD adalah kependekan dari Solid State Drive atau Solid State Disk. Sebuah perangkat untuk menyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memorinya. Di sanalah penyimpanan data dan informasi dilakukan jika laptop atau ultrabook yang dipilih menggunakan memory SSD.

Secara sederhana perangkat ini mirip dengan flash drive, namun SSD adalah versi canggihnya. Data tersimpan dengan baik pada microchip secara elektronik. Data tersimpan aman hingga 200 tahun dalam SSD ini.

Sementara itu, HDD adalah kependekan dari Hard Disk Drive yang muncul jauh lebih awal mendahului SSD. Itulah sebabnya teknologi yang digunakan masih belum secanggih SSD. HDD masih menggunakan disc berukuran dan berkapasitas besar untuk menyimpan data dan informasi. Itulah sebabnya masih mengandalkan gerakan mekanik. Akibatnya suara bising kadang terdengar ketika sedang membaca atau menuliskan data.

Beda SSD dan HDD

Ada beberapa perbedaan HDD dan SSD yang harus diketahui yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Mana di antara keduanya yang paling sesuai untuk digunakan. Tentnya yang paling sesuai dan cocok dengan pekerjaan dan diri Anda pribadi. Berikut di antaranya:

Perbandingan Daya

Penggunaan daya yang dibutuhkan oleh SSD lebih sedikit dibandingkan dengan HDD. Untuk SSD daya yang diperlukan berkisar antara 2 hingga 3 watt, sedangkan pada HDD mulai daru 6 hingga 7 watt.

Perbandingan Harga

Jika membandingkan harga sudah tentu SSD jauh lebih mahal dibandingkan dengan HDD. Hal ini dikarenakan teknologi yang dipergunakan termasuk perangkatnya yang jauh lebih tinggi levelnya. Sebagaimana kita tahu SSD merupakan hasil evolusi dari HDD yang versinya lebih ringkas dan ringan, namun memiliki fungsi yang sama dalam menyimpan dan membaca data.

Perbandingan Kapasitas

Untuk notebook, kapasitas yang diperlukan untuk SSD kurang dari 1 TB, sedangkan desktopnya maksimal 1 TB. Untuk HDD pada notebook kapasitasnya mulai dari 500 GB hingga 2 TB, sedangkan desktopnya 6 TB. Kapasitasnya sudah tentu lebih besar HDD sehingga jika hanya untuk penyimpanan HDD sudah cukup unggul dibandingkan SSD.

Perbandingan Noise

Untuk masalah suara yang dihasilkan sudah pasti HDD terdengar lebih bising dibandingkan dengan SSD yang nyaris tidak terdengar. Hal ini dikarenakan perangkat yang dipergunakan HDD yang merupakan piringan CD berkapasitas besar. Setiap kali menulis atau membaca data maka ia akan berputar hingga menghasilkan getaran yang menghasilkan noise.

Semakin cepat perputarannya maka semakin cepat kerja HDD tersebut dalam membaca atau menulis sebuah data. Gerakan mekanik ini juga menimbulkan panas yang membuat HDD seringkali terkena over heating dibandingkan dengn SSD yang tidak meghasilkan panas setiap kali membaca atau menulis data.

Perbandingan Failure Rate

SDD memiliki failure rate 2.0 juta jam, sedangkan HDD hanya 1,5 juta jam. Hal ini menunjukan SDD mampu menampilkan performanya secara optimal lebih panjang dibandingkan dengan HDD. Itulah sebabnya jika menggunakan laptop atau komputer untuk keperluan mengolah data dalam jumlah besar atau bekerja menggunakan berbagai aplikasi, tentunya yang memakan memori yang cukup besar maka SSD sudah pasti menjadi solusi yang paling tepat untuk Anda. Sementara itu, jika hanya membutuhkan back up data atau melakukan penyimpanan data yang lebih banyak, HDD pun sudah cukup untuk digunakan dalam perangat kerja Anda.

Perbandingan Kecepatan Membaca atau Menulis

SSD pada umumnya memiliki kecepatan reading dan writing 200 MB/s hingga 550 MB/s untuk SSD yang tingkat kecanggihannya lebih tinggi. Pada HDD kecepatan reading dan writing yang dimiliki hanya berkisar antara 50 hingga 120 MB/s saja. Itulah sebabnya penggunanya sebagian besar adalah pengguna pasif. Tidak sering melakukan kedua aktivitas ini. Namun lebih kepada fungsi penyimpanan datanya yang bisa diandalkan.

Perbandingan Kecepatan Membuka File

Seperti yang dijelaskan sebelumnya SSD memiliki kecepatan yang jauh lebih baik dibandingkan HDD dalam membuka file. Jadi untuk Anda yang enggan menunggu lama dalam membuka file SSD bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Membuat bekerja lebih cepat dan lebih nyaman dalam bekerja dengan perangkat kerja Anda.

Selanjutnya tinggal Anda yang menentukan mana yang lebih dibutuhkan dari perbandingan SSD dan HDD ini. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas hingga Anda juga lebih mudah dalam membandingkannya. Hasilnya tentu dapat memilih mana yang lebih dibutuhkan. Apakah untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari atau hanya untuk fungsi penyimpanan saja. Perhitungkan juga budget dan perangkat yang sudah ada yang Anda miliki agar compatible dengan SDD atau HDD yang akan dibeli.

Baca artikel yang lain mengenai Alat Penguat Sinyal Wifi

LEAVE A REPLY

Anal