Power bank untuk laptop

Power bank laptop

Power Bank Untuk Laptop

Blog about all latest PC & tech related news and info

7 Tips Cara Memilih Power Bank Untuk Laptop

Power bank untuk laptopPower bank sangat berguna terutama bagi para pengguna yang sering bepergian jadi anda tidak perlu susah ketika gadget anda kehabisan baterai. Power bank dapat mengisi baterai gadget dimana dan kapan saja yang anda inginkan. Saat ini power bank yang paling banyak beredar untuk smartphone dan untuk tablet, masih jarang power bank untuk laptop. Meskipun ada masih sedikit yang menjual power bank untuk laptop karena mungkin bentuknya besar atau mungkin harganya yang melambung tinggi.

Kami ingin membagikan sedikit tips cara memilih power bank untuk laptop sehingga para pembaca dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini tips dari kami:

  1. Merek dan kualitas dari power bank yang paling harus diketahui terlebih dahulu. Tentang cell yang dipakai oleh merek itu, garansi, dll
  2. Bentuk fisik, apakah bentuk fisik cocok dibawa kemana saja? Karena kebanyakan power bank laptop karena kapasitasnya yang besar biasanya bentuknya juga besar
  3. Kapasitas tidak menjamin laptop anda bisa terisi penuh. Pengalaman menggunakan power bank laptop dengan kapasitas 10.000mAh keatas diisikan pada baterai laptop paling tidak bisa mengisi 50-70% dari baterai laptop.
  4. Konektor adalah salah satu faktor yang tidak boleh dilupakan. Untuk power bank laptop berbeda dengan smartphone karena tiap laptop mempunyai konektor yang berbeda-beda maka perlu diperhatikan sebelum membeli apakah konektor laptop anda ada pada power bank tersebut. Untuk mengetahuinya biasanya terdapat user manual pada power bank untuk laptop, dapat dilihat merek-merek laptop yang support dengan konektor yang disediakan. Anda bisa mencari tipe laptop anda apakah terdaftar pada user manual power bank tersebut.
  5. Tegangan pada power bank, periksa dahulu spesifikasi dari tegangan pada charger laptop. Pada umumnya charger laptop antara 12V-20V, misalnya laptop anda menggunakan charger dengan 18,5V maka power bank harus juga menyediakan tegangan 18.5V tidak boleh kurang tidak boleh lebih. Kalau kurang tidak bisa charge kalau lebih baterai bisa rusak. Sangat penting untuk voltase ini diperhatikan.
  6. Multifungsi, pastikan pula apakah power bank ini hanya bisa laptop saja atau smartphone juga. Kalau bisa smartphone juga akan memudahkan anda.
  7. Kelengkapan power bank, secara normal kebanyakan power bank dilengkapi dengan kabel micro usb saja. Sedangkan untuk power bank laptop antara lain yang harus dimiliki adalah power bank, kabel, konektor laptop, konektor smartphone, adaptor. Kabel yang dimaksud adalah kabel yang bisa diganti konektornya khusus untuk laptop. Untuk adaptor sangat penting untuk mengisi power bank karena kalau diisi dengan adaptor biasa 5V 1A akan lama sekali penuhnya.

Semoga tips diatas dapat membantu para pembaca agar bisa memilih power bank untuk laptop dengan baik. Jangan tergiur kapasitas yang sudah saya bagikan tips di nomer 3, karena menurut kami pada intinya akan susah power bank laptop bisa mengisi kondisi laptop untuk penuh seperti smartphone. Karena saat di-charge pun laptop pasti dipakai untuk bekerja. Power bank laptop dapat membantu anda paling tidak jangan sampai laptop mati terutama saat anda dijalan dan kondisi urgent.

Selain cara memilih perlu juga baru para pembaca untuk mengetahui merek-merek power bank untuk laptop yang sudah beredar dipasaran. Berikut ini kami ingin membagikan merek-merek yang sudah ada dipasaran:

  • Power bank MiLi
  • Power bank Energizer 18.000mAh
  • Power bank Enerpad
  • Power bank Romoss (Sangat praktis karena menggunakan teknologi eUSB sehingga tegangan secara otomatis bisa disesuaikan dengan kebutuhan)

7 tips ini semoga bisa membantu agar bisa memilih power bank untuk laptop yang cocok, untuk harga dari power bank laptop tentunya masih lumayan ada di kisaran 850.000 ke atas. Tetapi jika dibandingkan dengan situasi urgent saat laptop anda tidak bisa menyala maka investasi ini akan menjadi “worth it”.  Power bank untuk laptop selain dapat digunakan untuk laptop biasanya dapat juga digunakan untuk smartphone juga, jadi anda tidak perlu repot membawa 2 power bank (faktor ini sangat penting karena flexibilitas diperlukan bagi orang yang suka mobile). Dengan berbagai merek yang ada dipasaran banyak juga power bank laptop yang tanpa merek, bukannya tidak bagus tetapi perlu dilihat lebih detail lagi power bank itu.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Membuat Ringtone iPhone

10 RESPONSES

  1. Adit Rahmana

    February 7, 2015 7:44 pm

    REPLY

    ralat bro, itu adaptor (charger) bukan power bank 😀 Hehe

    • eddy setiawan

      February 7, 2015 7:47 pm

      REPLY

      Semacam charger-nya laptop bro. Buat bertahan bro daripada kehabisan baterai tidak bisa lanjut kerja 😀

  2. Saifullah

    November 18, 2015 1:57 pm

    REPLY

    tolong kirim daftar harga power bank untuk laptop. Tks

    • eddy setiawan

      November 18, 2015 9:35 pm

      REPLY

      Untuk power bank laptop hanya ada 1 jenis ditempat kami pak. Harganya 850.000 kapasitas 13200mAh

  3. agus

    March 11, 2016 1:40 am

    REPLY

    Baterai laptot saya udah soak…apakah bisa pb laptop ini digunakan sebagai pengganti adaptor yang harus nancep ke listrik terus..?

    • eddy setiawan

      March 11, 2016 3:13 pm

      REPLY

      Tidak bisa gan. PB laptop itu sifatnya hanya menahan saja agar tidak mati tidak bisa membuat baterai laptop jadi full. Jadi PB laptop tidak bisa kalau menggantikan fungsinya baterai. Harga baterai laptop lebih murah dari PB laptop jadi lebih baik beli baterai saja.

  4. Herdi

    August 21, 2016 8:03 pm

    REPLY

    Kalau di jakarta dimana tempatnya beli pb laptop ?

    • eddy setiawan

      August 21, 2016 8:14 pm

      REPLY

      Bisa di toko aksesori HP paling banyak ditemui power bank jika tidak ada lebih baik beli online saja daripada macet-macet di jalan.

  5. Ahmad

    April 2, 2017 9:09 pm

    REPLY

    jual konektornya saja ga gan?

LEAVE A REPLY