power bank wireless

power bank wifi

Power Bank Wireless

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Memilih Power Bank Wireless Yang Bagus dan Kompatibel

power bank wireless

Teknologi yang terus berkembang memungkinkan berbagai alat elektronik mengalami peningkatan kualitas. Perangkat-perangkat elektronik yang diproduksi berdasarkan kebutuhan semakin banyak bermunculan dengan berbagai inovasi dan keunggulan. Salah satu perangkat elektronik yang penjualannya semakin meningkat adalah power bank. Sesuai namanya, power bank adalah bank untuk menyimpan sumber tenaga atau power.

Power bank berfungsi mensupplai tenaga untuk menambah daya baterai pada gadget seperti smartphone, handycam, kamera, note book atau tablet PC. Power bank juga sangat membantu ketika tidak ada sumber listrik untuk merecharge baterai smartphone dan perangkat lainnya. Kini tersedia juga power bank yang dilengkapi lampu LED sehingga bisa berfungsi layaknya lampu senter.

Power bank bekerja dengan cara menyimpan tenaga dari sumber listrik dan kemudian menyalurkannya ke gadget tertentu yang membutuhkan supplai tenaga. Bentuknya relatif kecil, ringan sehingga mudah dibawa kemana saja. Agar tidak mudah rusak power bank harus di-recharge dan digunakan secara berkala. Setelah recharge power bank memberikan hasil penuh maka sumber energi yang tersimpan bisa disalurkan ke smartphone atau perangkat elektronik lainnya dengan menggunakan kabel.

Selain itu, juga terdapat lampu indikator yang menandakan apakah power bank tersebut terisi penuh sehingga bisa menyalurkan energi yang disimpannya. Seiring perkembangan zaman, kini terdapat power bank wireless yang tidak membutuhkan kabel untuk menyalurkan tenaga.

Tips Memilih Power Bank Wireless yang Bagus

Agar power bank wireless yang dibeli sesuai dengan harapan calon pembeli hendaknya memperhatikan beberapa tips memilih power bank wireless yang bagus. Beberapa hal tersebut adalah:

Kapasitas power bank

Semakin besar kapasitas tenaga yang mampu disimpan sebuah power bank semakin tinggi pula kemampuannya untuk menyimpan energi. Semakin besar energi yang disalurkan maka gadget atau perangkat elektronik yang disupport akan bekerja lebih lama meski tanpa sumber listrik langsung. Namun perlu diingat bahwa semakin besar kapasitasnya maka proses recharge akan membutuhkan waktu lebih lama.

Kapasitas power bank di pasaran bervariasi mulai dari yang terkecil sebesar 1.600 mAh hingga 30.000 mAh. Pilih kapasitas power bank sesuai kebutuhan. Jika memperkirakan waktu lebih lama untuk menggunakan gadget tanpa sumber listrik atau kemampuan baterai gadget sangat boros maka power bank dengan kapasitas tinggi akan lebih dibutuhkan.

Membandingkan kapasitas power bank dengan kapasitas baterai

Power bank wireless hendaknya memiliki kapasitas yang lebih tinggi dari kapasitas baterai gadget. Hal ini untuk memastikan kemampuan power bank untuk menyalurkan energi sesuai harapan. Kapasitas baterai power bank dan gadget dapat dilihat di kardus pembungkusnya. Misalnya untuk sebuah smartphone yang memiliki spesifikasi baterai Li-ion 2.600 mAh maka sebaiknya memilih power bank yang kapasitasnya minimal 3.000 mAh.

Mempertimbangkan output

Berkembangnya teknologi memungkinkan output power bank lebih dari satu. Jika memiliki gadget atau device lebih dari satu dan habisnya energi selalu hampir bersamaan serta memiliki kepentingan yang sama besarnya maka akan lebih praktis jika memilih power bank dengan output lebih dari satu tempat.

Fitur power bank

Fungsi utama power bank adalah menyimpan energi atau daya listrik yang bisa digunakan untuk mengisi baterai device. Seiring invovasi teknologi fitur power bank turut bervariasi. Sebelum membeli power bank wireless, beberapa fitur berikut ini dapat dipertimbangkan apakah keberadaannya diperlukan, yaitu:

  1. Wireless data transmission. Fitur terbaru ini memungkinkan mengisi baterai sambil mengakses internet melalui Wireless Fidelity. Fitur ini merupakan langkah ekonomis karena dapat menghemat pembelian device, satu power bank wireless charger dengan fungsi wireless data transmission sama halnya dengan memiliki wifi router dan penyimpan daya listrik sekaligus.
  2. Safety protection. Fitur ini berfungsi untuk menguji keamanan device. Safety protection berguna sebagai pelindung agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti korsleting atau ledakan.
  3. Fitur power cut dan auto cut. Fitur ini memungkinkan power bank untuk memastikan penghentian pengisian ke device smartphone, tablet PC atau perangkat lainnya. Dengan cara demikian, dapat mencegah terjadinya korsluiting atau hubungan arus pendek yang dapat merusak kedua device tersebut.

Salah satu merek power bank wireless yang bagus adalah Romoss. Merek yang cukup terkenal di Indonesia ini memiliki banyak fitur unik antara lain dilengkapi lampu LED yang bisa berfungsi sebagai senter, eUSB super intelligent portnya tidak hanya berfungsi merecharge smartphone, tetapi juga device sekelas laptopn.

Power bank Romoss juga memiliki fitur Smart irCharge, yaitu fitur untuk mengenali dan menyesuaikan aliran listrik input pada berbagai perangkat digital. Proses pengisian device yang dilakukan Romoss berlangsung cepat dan bisa digunakan beberapa kali untuk menyalurkan daya ke smartphone. Romoss memang device buatan Tiongkok, tetapi riset teknologi yang dilakukan secara khusus menghasilkan produk yang inovatif. Kualitas body-nya juga menampilkan kesan elegan dan premium, namun simple dan menawan.

Baca artikel yang lain mengenai Komputer Built-up

LEAVE A REPLY