Presentasi dengan Android

presentasi dengan hp android

Presentasi dengan Android

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Jitu Operasikan Cara Presentasi dengan Android

presentasi-dengan-androidAndroid adalah perwujudan yang mempermudah aktivitas manusia. Tidak hanya berfungsi sebagai salah satu alat komunikasi melalui telepon, SMS atau chatting dunia maya, android juga berguna membantu pekerjaan manusia dengan mengambil alih fungsi device lainnya. Fitur-fitur pada Android selalu up to date dan mengalami inovasi.

Smartphone Android tidak hanya berfungsi sebagai sumber mendapatkan hiburan dengan game atau browsing berita belaka. Kabar baiknya pekerjaan yang berkaitan dengan administrasi seperti mencetak dokumen dan presentasi dengan hp android bukan hal yang mustahil dilakukan.

Presentasi merupakan sarana untuk memaparkan ide dan gagasan melalui slide dokumen yang berisi data, work flow atau gambar. Presentasi biasa dilakukan oleh mahasiswa yang sedang sidang ujian proposal, peneliti dan ilmuwan, ahli keuangan, keynote speaker dalam sebuah seminar, marketing officer bahkan pelamar kerja untuk posisi tertentu.

Untuk melakukan presentasi kita terbiasa menggunakan remote device tertentu seperti OHP Proyektor dan kadang memerlukan bantuan orang lain atau petugas untuk mengklik file dokumen agar slide bisa berpindah dari satu ke lainnya. Bagaimana jika remote device mendadak rusak? Atau adanya keterbatasan waktu untuk menyiapkan materi atau tidak ada orang yang bisa diminta bantuan?

Maka dari itu, presentasi dengan Android menawarkan solusi atas permasalahan yang mungkin terjadi. Presentasi menggunakan smartphone Android memiliki banyak keuntungan, antara lain:

  1. Bisa menyiapkan materi lebih leluasa. Tak perlu khawatir remote device rusak mendadak. Sebagai tindakan antisipasi cadangan menggunakan smartphone Android bisa dilakukan sehingga pikiran lebih tenang dan bisa menyiapkan materi presentasi lebih leluasa.
  2. Lebih praktis. Memanfaatkan Android sebagai device penunjang membantu kesiapan dan cara presentasi lebih praktis. Tak perlu membawa terlalu banyak hardware atau mengumpulkan software sehingga lebih efisien dan praktis.
  3. Lebih percaya diri. Salah satu keuntungan memanfaatkan Android untuk presentasi adalah menambah rasa percaya diri. Presentasi dengan android bisa memberikan kesan sebagai sosok melek teknologi sehingga audiense lebih tertarik mendengarkan presentasi.
  4. Tidak bergantung bantuan orang lain. Memanfaatkan Android sebagai alat presentasi mengesankan kemandirian, tidak bergantung orang lain. Presentasi bisa lebih optimal dan mempersingkat waktu karena kontrol slide dan materi ada pada diri presenternya langsung tanpa bergantung tangan orang lain.

Cara Melakukan Presentasi Dengan Android

Melakukan presentasi menggunakan Android caranya cukup mudah ialah dengan menghubungkan Android ke proyektor. Presentasi melalui Android dapat dilakukan dengan cara terlebih dahulu mengunduh aplikasi Office Remote di Google Play Store. Melalui aplikasi yang dahulu tersedia di Windows Phone ini kontrol materi bisa lebih mudah dilakukan.

Office Remote membantu mengontrol slide presentasi Power Point serta membantu memutar atau mem-pause video maupun audio. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah membantu melihat materi catatan dalam bentuk tampilan slide thumbnail lebih cepat dan memungkinkan untuk menggabungkannya dengan aplikasi MS Word maupun Excel. Ketika menggunakan aplikasi Excel dengan bantuan Office Remote maka perpindahan antar worksheet, scrolling, zooming dapat dilakukan dengan cepat. Ketika menggunakan MS Word maka lompatan ke headings dan komen bisa dilakukan dengan lebih singkat.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan Android sebagai alat presentasi adalah dua poin utama berikut ini.

Android support langsung untuk presentasi

Beberapa smartphone (salah satu contohnya Samsung Galaxy Beam) tersedia dalam fungsi built in untuk presentasi. Artinya smartphone tersebut mampu memproyeksikan tampilan secara langsung tanpa perangkat tambahan seperti proyektor. Maka user hanya perlu menyiapkan software untuk presentasi.

Android yang memerlukan perangkat tambahan

Alat yang sering dibutuhkan adalah menghubungkan Android ke proyektor dapat dilakukan dengan bantuan kabel atau bluetooth maupun WiFi. Pastikan gadget Android bisa terkoneksi dengan baik. Jika mengoneksikan Android menggunakan WiFi atau bluetooth maka harus melakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Unduh aplikasi Presentation Remote.
  • Buka aplikasi tersebut di Android.
  • Pilih koneksi WiFi atau bluetooth.
  • Jika memilih koneksi bluetooth pastikan Laptop atau PC sudah terpasang bluetooth. Koneksikan Android yang fitur bluetoothnya telah dinyalakan dengan nama PC atau laptop di searching device. Android yang sudah terhubung melalui bluetooth bisa langsung digunakan sebagai supporting device dalam presentasi.
  • Jika memilih koneksi via WiFi maka pastikan mengoneksikan Android pada PC melalui WiFi. Tulis IP address PC atau laptop yang terdapat pada aplikasi server di kolom isian PC atau laptop yang terdapat pada Presentation Remote Android.
  • Setelah proses ini diselesaikan dengan baik Android bisa langsung berfungsi untuk remote presentasi. Buka file presentasi kemudian sentuh Android ke kanan dan ke kiri untuk berganti slide. Bisa juga dilakukan dengan menekan tombol volume naik atau turun ketika ingin bergeser ke slide berikutnya.
  • Selama proses presentasi berlangsung menggunakan ponsel Android aplikasi yang mensupport presentasi dengan Android harus tetap terbuka, meski dalam bentuk minimize jika dikhawatirkan mengganggu tampilan.

Baca artikel yang lain mengenai Printer Multifungsi Terbaik

LEAVE A REPLY

Anal