printer barcode terbaik

printer barcode yang bagus

Printer Barcode Terbaik

Blog about all latest PC & tech related news and info

Memilih Printer Barcode Terbaik dan Perangkat Lainnya

Sesuai dengan namanya, printer barcode memiliki fungsi utama untuk membuat cetakan label barcode. Setiap pebisnis pasti ingin mempunyai printer barcode terbaik untuk melancarkan usahanya. Namun sebelum membahas hal ini, perlu diketahui lebih dulu bahwa mesin printer ini memiliki sistem kerja yang agak berbeda dengan mesin printer biasa atau konvensional.

Pada umumnya, printer barcode dibuat dengan teknologi pemanasan atau thermal. Jadi ketika melakukan proses pencetakan, kertasnya dipanaskan dengan pemanas atau thermal yang ada di mesin printer. Salah satu kelemahan utama dari sistem ini adalah hasil cetaknya lebih cepat rusak atau pudar terutama ketika suhu udara disekitarnya lebih panas.

Perbedaan lainnya, mesin printer biasa biasanya menggunakan kertas dalam bentuk lembaran. Tetapi untuk printer barcode, kertas yang digunakan berupa gulungan atau roll paper berlapis stiker. Tujuan dari penggunaan roll paper ini adalah agar lebih praktis. Karena sebagian besar barcode selalu digunakan setiap waktu dengan ukuran kertas yang kecil. Tentu akan menjadi repot jika harus sering mengganti kertas printernya.

Memilih Kertas Printer Barcode

Berdasarkan penjelasan di atas, maka setelah berhasil mendapatkan printer barcode terbaik pengusaha juga harus mengetahui cara memilih kertas stiker barcode yang seringkali disebut dengan nama label barcode. Jenis kertas ini terdiri dari beberapa macam bahan. Di Indonesia, label barcode yang paling sering digunakan antara lain vallum TTR, semicoated, silver mate, Chromo dan Yupo.

Dibanding jenis lainnya, harga vallum TTR lebih murah. sebagian besar penggunanya berasal dari kalangan pelaku UKM, penjual retail, distro pakaian, konveksi dan lainnya. Selain itu, banyak pula industri skala besar yang memilih label barcode ini sebab sesuai dengan jenis hasil produksinya.

Dilihat dari karakteristiknya kertas printer semicoated punya kemiripan dengan valum TTR. Perbedaannya terletak pada bahan kertas yang digunakan. Kertas vallum TTR tidak bersifat mengkilap, sedangkan semicoated terlihat mengkilap. Penyebabnya, kertas vallum TTR tidak dilengkapi lapisan di permukaannya.

Hasil cetak kertas vallum TTR tidak mudah rusak meski digosok. Namun jika kena percikan air, cetakannya jadi tidak awet dibanding kertas semicoated karena mendapat lindungan dari lapisan glossy. Akan tetapi, di sisi yang lain semicoated juga cepat rusak apabila suhu udara di sekitarnya panas.

Meskipun harganya lebih mahal tapi kertas Yupo sangat cocok disandingkan dengan printer barcode yang bagus sehingga sering disebut sebagai label premium. Karena itu penggunaan kertas ini juga sangat terbatas. Kelebihannya antara lain yaitu tidak mudah sobek, tahan lama atau tidak mudah luntur dan tahan terhadap segala macam cuaca baik panas atau dingin.

Memilih Printer Barcode yang Baik

Untuk mendapatkan printer barcode terbaik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mau membeli perangkat ini. Pertama cek lebih dahulu semua kelengkapan pada fitur-fiturnya. Salah satu ciri terpenting yang dipunyai printer barcode yang bagus adalah fiturnya sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, perlu juga dicek apakah fitur-fitur tersebut harus ditambah dengan modul khusus atau tidak.

Setelah itu, pastikan kapasitas printernya yang juga disesuaikan dengan kebutuhan. Jika butuh label barcode hingga puluhan ribu, sebaiknya memilih printer barcode khusus skala industri. Meski harga printer barcode ini lebih mahal, namun tidak akan menimbulkan masalah jika dipakai untuk mencetak barcode berkali-kali.

Sebaliknya untuk pebisnis yang hanya membutuhkan label barcode dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, sebaiknya memilih printer barcode murah saja. Mutu dan kualitasnya memang tidak sebagus printer barcode terbaik namun tetap mampu menjalankan tugas-tugas dengan hasil yang sempurna.

Memilih Alat Barcode Scanner

Setelah mendapatkan mesin printer dan label barcode, kebutuhan berikutnya yang juga harus disediakan alah alat barcode scanner. Meski telah memiliki printer barcode yang bagus, tapi tidak akan ada artinya sama sekali jika belum tersedia barcode scanner.

Fungsi dari alat ini adalah untuk membaca data barcode, lalu diubah menjadi angka. Untuk memilih barcode scanner terbaik ada beberapa faktor yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Misalnya jenis usahanya toko atau pabrik, frekuensi penggunaan, sistem pemindaian, sistem koneksi barcode dan jarak pemindaian.

Pen type atau hand held wand adalah barcode scaner paling sederhana, murah dan tahan lama sekaligus mudah dioperasikan. Namun penanya harus diletakan pada barcode dan jika terkena sentuhan hingga berkali-kali barcode jadi mudah rusak.

Tipe lainnya laser barcode scanner ketika dioperasikan hanya didekatkan (tidak disentuhkan) dengan jarak antara 6 hingga 24 inchi. Kemudian ada lagi hand free atau fixed mount barcode scanner yang bisa diletakan di tempat-tempat khusus dan bersiat serba guna. Selain itu sangat cocok untuk pebisnis besar karena kemampuannya dalam menjalankan fungsinya juga tinggi.

Tipe berikutnya adalah cordless barcode scanner, lebih pas dipakai oleh industri besar karena tidak membutuhkan kabel. Ada lagi portable data terminal yang sistem operasinya memakai baterai. Cocok untuk pebisnis yang sering berpindah tempat karena bersifat portable.

Wearable barcode scanners adalah scanner barcode yang dapat dihubungkan dengan printer barcode terbaik dengan cara yang lebih praktis, tinggal ditunjukan pada barcode. Setelah itu, tombol pengaktifan ditekan, maka alat ini akan langsung menjalankan tugasnya.

Aplikasi untuk Membuat Barcode

Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi untuk membuat barcode yang bisa didownload secara gratis. Misalnya ByeteScout Barcode Generator yang mampu memunculkan beberapa macam barcode dalam format yang berbeda-beda seeprti JPG, TIFF, PNG, GIF atau BMP.

Zint Barcode Studio juga pantas dipilih karena tidak hanya bisa menghasilkan aneka barcode, tapi juga dapat diubah warnanya. Bukan itu saja, aplikasi ini juga dilengkapi fitur yang dapat dipakai untuk mengubah ukuran gambar barcode.

Pilihan lainnya adalah Free barcode Generator. Aplikasi barcode ini mempunyai kemampuan menghasilkan barcode yang terdiri dari 3 macam kategori, alpha numerik, numeric only, dan industry standards. Hasil barcode-nya bisa diputar dan hanya memerlukan space yang sangat ringan sebesar 1 MB saja.

Memilih Aplikasi Toko

Tidak hanya aplikasi barcode, pelaku usaha sebaiknya juga melengkapi diri dengan aplikasi toko. Selain berbayar ada pula penyedia software yang menyediakan aplikasi ini secara gratis. Untuk memeroleh aplikasi toko gratis bagus dan cocok, harus memperhatikan beberapa hal.

Pertama tentu saja harus memiliki fitur yang lengkap untuk mendukung operasional kegiatan usaha. Beberapa jenis fitur terpenting yang paling sering dipakai antara lain fitur penjualan, kasir dan pembelian. Fungsi dari fitur-fitur ini adalah untuk mengolah data dan pengontrolan stok barang.

Jenis usaha yang dijalankan juga perlu dipertimbangan saat menentukan pilihan aplikasi toko gratis. Setiap bidang usaha pasti memiliki karakteristik dan kebutuhan yang tidak sama antara yang satu dengan yang lain. Jadi cari keterangan tentang fungsi dari masing-masing aplikasi, lalu dipilih yang sesuai.

Tips berikutnya, semua kebutuhan dan tugas harus bisa diselesaikan melalui satu aplikasi saja sehingga tidak usah memakai bermacam-macam aplikasi karena tidak praktis. Selain itu, yang tidak kalah penting, mudah dioperasikan dengan hasil yang akurat dan sempurna. Tujuannya untuk menghindari kesalahan dalam perhitungan dan membuat keputusan.

Terakhir, aplikasi tersebut bisa dioperasikan di daerah mana saja meski tidak ada sambungan internetnya. Jadi intinya dapat dipakai secara offline baik menggunakan komputer maupun laptop dan smartphone. Tentunya akan menjadi lebih bagus lagi apabila aplikasi ini bisa dihubungkan dengan mesin printer barcode terbaik yang dimiliki.

Baca artikel yang lain mengenai Merakit Komputer Untuk Game

LEAVE A REPLY

Anal