printer untuk cetak foto

printer cetak foto

Printer Untuk Cetak Foto

Blog about all latest PC & tech related news and info

Bagaimana Memilih Printer Untuk Cetak Foto Yang Murah Tapi Tidak Murahan

Posting kali ini masih seputar printer juga tapi printer untuk cetak foto. Banyak diantara kita yang menginginkan mencetak dengan kualitas bagus meskipun sebenarnya bukan untuk foto. Untuk mencetak dengan kualitas yang bagus diperlukan printer yang khusus dengan resolusi tinggi dan printer tersebut biasanya printer untuk cetak foto. Nah kali ini kami akan membahas mengenai berbagai macam hal mengenai printer cetak foto.

Daftar Printer Khusus Cetak Foto

Pertama kita akan bahas mengenai daftar printer untuk cetak foto yang pernah ada. Untuk itu kami akan mereferensi dari web lain yaitu PCmag. Berikut ini adalah daftar top 10 printer cetak foto yang paling bagus.

printer untuk cetak fotoUntuk detail dari penjelasan PCmag anda bisa langsung ke link yang sudah kami sediakan. Dari situ anda akan melihat dengan jelas bahwa banyak pilihan untuk printer dengan high resolution yang layak untuk mencetak foto. Jika anda buka web tersebut anda bisa melihat full review untuk masing-masing printer dan harga. Untuk kita di Indonesia jika tertarik dengan printer tersebut maka anda bisa mengecek harga pada toko-toko komputer langganan anda dengan menyebutkan tipe dari printer itu.

Dengan daftar printer khusus cetak foto ini anda bisa lebih gamblang mendapatkan gambaran bahwa banyak pilihan printer untuk cetak foto. Jadi anda bisa memilih yang sesuai dengan anda dari segala faktor terutama pada budget anda.

Tips Memilih Printer Cetak Foto Sesuai Kebutuhan

Dari daftar printer khusus cetak foto tersebut saya yakin anda pasti bingung sekarang harus membeli yang mana. Kita kesampingkan faktor budget anggap anda bisa membeli semua printer yang ada pada pilihan diatas tentu anda akan merasa bingung harus pilih yang mana kok semua kelihatannya bagus untuk mencetak foto. Oleh karena itu kami akan membagikan tips cara memilih printer cetak foto yang sesuai untuk anda, berikut ini tips-nya:

  • Tentukan budget anda. Tentukan dahulu budget yang siap anda keluarkan untuk membeli printer. Dengan begitu anda bisa membatasi pilhan yang ada.
  • Pilih merk yang sudah cocok dengan anda. Setiap orang pasti pernah memiliki pengalaman masing-masing dengan merk printer, untuk itu anda bisa memilih merk printer yang paling sering anda gunakan atau merk printer yang paling berkesan selama ini dengan anda.
  • Tanya rekomendasi dari temen atau toko. Jika anda tidak punya pengalaman merk printer atau mungkin ini printer perdana anda yang ingin dibeli maka anda bisa bertanya pada teman atau toko langganan anda sebagai bahan pertimbangan anda.
  • Service center. Setiap printer pasti akan rusak atau kehabisan tinta/toner nah oleh karena itu anda harus memilih service center/toko yang terdekat yang bisa melakukan service pada merk printer yang anda beli. Jadi pastikan anda memilih merk printer yang memiliki service center terdekat dari kantor anda.
  • Fitur printer. Baca fitur-fitur setiap tipe printer, anda bisa menemukan berbagai macam fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap tipe printer. Pastikan semua fitur itu bisa memenuhi kebutuhan anda. Jika terlalu banyak anda bisa memilih tipe printer dibawahnya yang lebih murah atau jika kurang anda bisa memilih tipe printer yang lebih tinggi.
  • Ketersediaan Tinta/Toner. Setelah anda memilih tipe printer pastikan di kota anda ada toko yang menjual atau menyediakan jasa refill tinta/toner. Jika tidak maka anda akan kesulitan ketika tinta/toner habis. Anda harus mengirimnya ke kota lain agar printer bisa dapat dipakai. Hal ini akan malah membuat susah anda jika hal ini tidak dipikirkan matang-matang.
  • Ketahui cara perawatan printer. Anda bisa menanyakan pada bagian teknisi toko langganan anda apa saja yang perlu dilakukan untuk perawatan tipe printer yang anda pilih. Jika dirasa cara perawatannya mudah maka anda bisa lanjut dengan tipe itu tetapi jika anda rasa sulit lebih baik anda pilih tipe yang lain.
  • Pastikan sebelum anda membayar printer anda menanyakan bagaimana mengenai garansinya. Hal-hal yang perlu ditanyakan adalah:
  1. Batas garansi sampai kapan
  2. Dimana letak segel printer agar printer masih bisa digaransi jika ada kerusakan.
  3. Dimana tempat proses garansi.
  4. Apa saja yang harus dibawa ketika ingin garansi.
  5. Biaya apa yang perlu dikeluarkan untuk garansi.
  6. Berapa lama proses garansi.
  7. Setelah proses garansi selesai apakah masa garansi direset dari awal atau tetap lanjut.
  • Baca review tentang tipe printer yang anda pilih. Setelah anda memilih tipe printer anda baca dahulu review dari orang-orang. Review bisa anda dapatkan misalnya di Amazon.com disana anda tinggal ketik tipe printer dan pada bagian bawah ada review seperti pada gambar berikut ini.

printer untuk cetak foto (Contoh review)Itu adalah beberapa tips memilih printer khusus cetak foto. Anda bisa menggunakan tips ini sebagai panduan anda untuk memilih printer cetak foto yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Tips Mencetak Foto

Setelah anda mendapatkan printer untuk cetak foto sekarang kami ingin memberikan tips mengenai mencetak foto sehingga hasilnya bisa optimal. Berikut ini adalah tips dari kami:

  • Pilih resolusi/ukuran yang tepat. Sebelum anda mencetak foto pastikan anda memilih resolusi yang tepat dan ukuran yang tepat. Anda bisa mengatur dari setting printer atau anda bisa mengatur dari software foto editor.
  • Gunakan tinta yang sesuai dengan printer anda. Kami tetap menyarankan menggunakan tinta original dari merk printer yang anda beli. Misalnya anda beli printer epson pastikan menggunakan tinta keluaran dari epson juga. Karena ini adalah printer untuk cetak foto jadi jangan menggunakan tinta merk lain agar kualitas hasil printer tetap terjaga seperti baru.
  • Gunakan software photo editor sebelum mencetak. Anda bisa menggunakan software photo editor misalnya Adobe Photoshop. Dengan menggunakan foto editor anda bisa melakukan berbagai macam editing pada foto sehingga hasil yang dicetak akan menjadi lebih bagus.
  • Preview foto dahulu sebelum dicetak. Sebelum mencetak lihat preview dahulu jangan langsung tekan “print” jika ada kesalahan maka anda bisa rugi tinta. Jika foto kecil memang tidak masalah tapi jika foto besar anda bisa rugi tinta dan kertas foto, mengingat dua-duanya mahal.
  • Gunakan kertas foto yang berkualitas. Pilih kertas foto yang berkualitas, semakin bagus kertas foto anda semakin bagus hasil cetakan printer anda. Menurut kami tinta dan kertas memegang peranan paling penting dalam menghasilkan cetakan foto yang bagus.
  • Maintain/rawat printer anda. Lakukan perawatan berkala untuk printer anda misalnya untuk printer inkjet anda harus sering melakukan cleaning pada head printer agar tetap bersih.

Itu adalah beberapa tips dari kami mengenai cara mencetak foto agar hasil optimal sesuai dengan printer yang sudah anda beli.

Kesimpulan

Posting kali ini kita membahas mengenai printer untuk cetak foto, secara singkat anda bisa melihat daftar printer untuk cetak foto yang bagus yang sudah pernah ada. Anda bisa menemukan tips memilih printer cetak foto dan tips mencetak foto agar menghasilkan cetakan yang bagus. Bagi anda yang punya pengalaman dengan printer cetak foto anda bisa share pada bagian komentar di bawah posting ini. Bagikan pengalaman anda agar pengalaman anda berguna bagi semua orang di dunia.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Membedakan Power Bank Asli dan Palsu

LEAVE A REPLY

Anal