router wifi terbaik

wireless router terbaik

Router Wifi Terbaik

Blog about all latest PC & tech related news and info

Mau Tahu Cara Memilih Router Wifi Terbaik untuk di Rumah?

Anda sedang bingung dalam memilih router terbaik untuk di rumah? Jika ya maka sebaiknya perhatikan dulu informasi tentang tips pemilihan router terbaik untuk di rumah. Router WiFi ini digunakan sebagai media penghubung dan komunikasi antar sesama perangkat komputerisasi. Dalam penggunaan jaringan antar sesama perangkat komputer, router WiFi memang menjadi hal yang penting.

Dulu, hubungan antar komputer ini menggunakan kabel LAN. Tapi kini sudah ada perangat jaringan tanpa kabel (wireless), yaitu menggunakan WiFi. Dengan demikian, Anda bisa berpindah-pindah saat menggunakan jaringan tersebut.

Untuk laptop, WiFi ini umumnya sudah ada secara default. Untuk mengakses jaringan internet menggunakan WiFi, diperlukan router WiFi. Fungsi dari perangkat ini adalah menghubungkan dua atau lebih komputer sengan mengunakan WiFi. Nah, untuk memilih router wifi terbaik untuk di rumah, perhatikan hal-hal berikut.

Antena

Antena ini berfungsi sebagai penguat sinyal dari WiFi router yang dimiliki. Jika Anda memiliki rumah yang cukup luas atau rangan di rumah Anda cukup luas, sebaiknya pilihlah router WiFi yang memiliki antenna lebih dari satu. Terutama jika rumah Anda memiliki banyak penghalang atau Anda ingin menggunakan jaringan di ruangan yang berbeda.

Dual-band

Dual-band yang dimaksud di sini sama halnya dengan yang ada pada ponsel dual SIM. Bedanya, dual band pada WiFi router cara kerjanya, yaitu dengan pembagian rentang frekuensi. Dalam hal ini, sebaiknya pilihlah router WiFi yang bisa bekerja di dua frekuensi yang berbeda. Bisa juga memilih WiFi router yang menggunakan WiFi dan LAN sehingga Anda bisa memilih salah satunya sesuai kebutuhan.

Port Konektor

Pilih WiFi Router yang sesuai dengan port yang Anda gunakan pada komputer atau laptop Anda. Namun, WiFi Router terbaru sekarang sudah ada yang support dengan USB port. Tapi, belum semua wireless router terbaik ini dapat support dengan port USB komputer, hanya beberapa saja. Untuk mengetahui kompatibiltas dari setiap WiFi Router, Anda dapat mengecek pada situs resmi dari vendornya.

Keamanan

Dalam memilih router WiFi, perhatikan juga keamanan jaringan. Hal ini dilakukan agar user yang lain tidak dapat mengakses jaringan serta mengganggu konektiitas jaringan. Dari seluruh sistem keamanan yang ditawarkan oleh WiFi router seperti WPA, WPA2, dan WEP, hanya WPA2-lah yang memiliki sistem koneksi jaringan yang paling aman. Namun, kini hampir seluruh jenis WiFi router memiliki sistem keamanan yang baik. Tidak hanya itu, perhatikan juga WiFi router yang memiliki “Parental Control”. Funginya adalah untuk memblokir jaringan maupun IP dari situs yang berbahaya, situs tidak diinginkan, atau situs yang tidak pantas untuk anak.

Kecepatan

Anda juga harus memperhatikan kecepatan akses yang dimiliki sebuah WiFi router. Kecepatan akses ini berbeda dengan kecepatan akses internet. Seberapa cepat kecepatan WiFi router yang dimiliki, tidak akan memengaruhi kecepatan akses internet. Mengapa demikian? Alasannya adalah karena kecepatan internet dikontrol oleh ISP pada masingg-masing.

Tiga Router Wifi Terbaik

Berikut ini penulis berikan juga referensi tiga router WiFi terbaik di pasaran Amerika Serikat. Apa sajakah itu?

TL-WR841N-02

TP-link WR-841N

WiFi router ini merupakan router paling ekonomis. WiFi router ini dibandrol dengan harga di bawah 250 ribu saja. Untuk router WiFi rumahan, tentu harga ini tergolong sangat terjangkau. Namun, harga murah bukan berarti kualitasnya pun murahan. WiFi router ini memiliki kualitas yang baik dengan fitur-fitur mumpuni, antara lain berbasis standar wireless N300; 4x Fast Ethernet ports LAN dan 1xWAN; QoS untuk applikasi VoiP; MIMO antena dengan CCA technology untuk menghindari konflik channel; dan berbasis standard wireless N300.

Asus RT-AC66Ui

Asus RT-AC66Ui

Bagi Anda yang sangat loyal pada produk Asus, mungkin WiFi router ini bisa menjadi pilihan yang tepat. WiFi router ini memiliki berbagai fitur yang mumpuni, seperti technology WiFi 5G dual band wireless AC, speed secara teori sampai 1700 Mbps total, memiliki 3 antena, 4x Gigabit LAN port dan 1x Gigabit WAN port, 2x USB 2.0 port untuk printer dan storage, Support media server DLNA compliant, dan VPN support.

Archer-C7-01

TP-link Archer C7

WiFi router ini memiliki banyak fitur dibanding WiFi router lainnya. Fitur-fitur tersebut antara lain simultaneous dual band dengan total bandwidth hingga 1750 Mbps, memiliki 3 antena, dilengkapi Port LAN (4x) dan WAN (1x), dilengkapi 2 USB port, mendukung guest network, kendali bandwidth dengan berbasis IP address, enkripsi WPA dengan tombol WPS sehingga memudahkan koneksi ke jaringan.

Nah, itulah informasi tentang cara memilih router WiFi terbaik untuk di rumah beserta 3 WiFi router terbaik yang bisa direkomendasikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda terutama yang mau pasang WiFi di rumah.

Baca artikel yang lain mengenai Spesifikasi Komputer Server

2 RESPONSES

  1. bayu

    September 10, 2017 7:39 pm

    REPLY

    Kak. Ini ketiga wifi itu memiliki sistem wpa2 kan?!

    Klo mau nge respon chat ini tolong kalo bisa di di akun google q
    [email protected]

LEAVE A REPLY

Anal