samsung galaxy s6

smartphone samsung terbaru

Samsung Galaxy S6

Blog about all latest PC & tech related news and info

Samsung Galaxy S6 Mampukah Mengalahkan iPhone 6?

Samsung Galaxy S6Samsung baru-baru ini mengeluarkan generasi berikutnya dari Samsung Galaxy S5, dengan mengikuti kemajuan jaman Samsung merilis 2 jenis smartphone dalam 1 tipe. Produk baru ini diberi nama Samsung Galaxy S6, tampil dengan desain yang lebih elegan dari sebelumnya dan display yang disajikan mengikuti pendahulunya Galaxy Note 4 dengan screen disamping yang lebih dikenal Edge Scree. Galaxy S6 hadir dengan 2 jenis yaitu Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge, kali ini Galaxy S6 Edge tidak tampil seperti Note 4 tetapi tampil dengan double Edge pada sisi kanan dan kiri. Mari kita lihat lebih detail apa saja yang diupgrade oleh Samsung dan fitur baru apa yang ditawarkan oleh Samsung.

Samsung Galaxy S6 (2)

Desain

Dari sekian banyak smartphone Samsung hadir dengan plastic case sampai dengan generasi ke-5 yang nyatanya desainnya kalah kalau dibandingkan dengan iPhone yang terkesan lebih mewah. Sedangkan kali ini Samsung Galaxy S6 hadir dengan metal dan glass sehingga desain generasi ke-6 ini tampil dengan lebih elegan dan mewah. Desain bingkai dari Galaxy S6 tidak kotak melainkan bulat diujung-ujungnya dan lebih tipis, untuk jenis Galaxy S6 Edge ditambah pula dengan Double Edge Display. Double Edge display menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar gadget karena Edge display saat ini masih dimiliki oleh Samsung saja.

Dimensi dari Samsung Galaxy S6 yaitu 5.6 x 2.8 x 0.27 inch sedangkan untuk Samsung Galaxy S6 Edge 5.6 x 2.8 x 0.28 inch hanya berbeda tebal 0.01 saja. Keduanya sangat mirip hanya berbeda Double Edge Display saja. Lapisan metal dan glass tidak hanya pada bagian depan tapi bagian belakang juga dilapisi Gorila Glass dan terdapat 5 macam pilihan warna.

 Samsung Galaxy S6 (3)

AMOLED Display dan Double Edge Display

Samsung tentunya sudah dikenal handal dengan display yang disajikan pada smartphone terutama untuk smartphone kelas atas ini display dengan AMOLED display sangat jernih dan jelas. Dari sejak generasi sebelumnya ukuran Samsung Galaxy S tetap pada 5.1 inch sedangkan untuk ukuran besar pengguna gadget akan diarahkan pada produk Galaxy Note.

Meskipun dengan display 5.1 inch Samsung menghadirkan Galaxy S6 dengan resolusi 2560×1440 pixel dengan density (kerapatan) 577ppi. Resolusi ini adalah yang paling bagus dari yang pernah ada, Samsung menghadirkan dengan display yang paling Unggul. Pertanyaan yang timbul sekarang dengan resolusi tersebut apakah akan menghabiskan baterai atau tidak?

Kamera

Samsung Galaxy S6 dilengkapi dengan kamera belakang 16 megapixel dan kamera depan dengan 5 megapixel. Begitu pula dengan Galaxy S6 Edge memiliki kamera yang sama dengan Galaxy S6. Sama dengan pendahulunya fitur kamera dilengkapi dengan Auto HDR mode dan optical image stabilisation yang menjaga agar gambar tidak goyang.

 

Operating System

Untuk operating system masih sama dengan generasi pendahulunya yaitu menggunakan Android. Operating system Android besutan dari Google ini banyak digemari brand-brand ternama sebagai Operating system gadget yang diproduksi. Galaxy S6 akan hadir dengan Android 5.0 Lollipop karena versi ini adalah versi yang paling baru dari Android.

 Samsung Galaxy S6 Wireless ChargingBaterai dan Smarter Charging

Samsung Galaxy S6 menggunakan baterai yang paten sehingga tidak bisa dilepas seperti pada generasi pendahulunya. Baterai yang dipakai paten dan tidak bisa dilepas sedangkan untuk kapasitas baterai 2.550mAh. Lebih rendah dari Samsung Galaxy S5 yang memiliki baterai 2.800mAh.

Selain dari baterai kemampuan mengisi baterai Galaxy S6 sangat cepat yaitu hanya dengan 10 menit charge dapat dipakai selama 4 jam. Jadi bagi anda yang terburu-buru ingin pergi tetapi lupa mengisi baterai fitur ini sangat dibutuhkan sekali. Disamping pengisian yang cepat smartphone ini dilengkapi dengan Wireless Charging yaitu pengisian baterai tanpa menggunakan kabel. Jadi anda tinggal menaruh Galaxy S6 ini pada suatu charger maka baterai dapat terisi langsung.

 

Samsung Pay

Untuk menyaingi yang dilakukan oleh Tim Cook CEO dari Apple, Samsung mengeluarkan pula cara pembayaran yang mudah yang disebut dengan Samsung Pay. Samsung Pay akan menjadi rival dari Apple Pay yang sudah dirilis sebelumnya. Samsung mengupgrade fitur Fingerprint sebagai sarana Samsung Pay ini. Samsung Pay ini tentunya harus mendapat persetujuan dari pemerintah negara yang akan memakai cara pembayaran ini dan saya berpendapat mungkin akan masih jauh Indonesia akan menerapkan cara pembayaran instant seperti ini.

 

Storage

Untuk menekan agar Galaxy S6 tetap tampil tipis maka Samsung membuang fitur micro SD slot. Sehingga boleh dikatakan sekarang Galaxy S6 sama dengan iPhone terdapat 3 macam pilihan storage yaitu 32GB, 64Gb dan 128GB. Selain itu Samsung akan memberikan 115GB Free Microsoft OneDrive selama 2 tahun karena semakin banyaknya pengguna yang menggunakan Cloud Drive.

 

Perubahan Mencolok Pada Samsung Galaxy S6

Sebagai ringkasan saja mengutip dari Cnet terdapat berbagai macam fitur mencolok yang berubah dari generasi ke-6 ini yaitu:

  • Chipset yang dipakai sekarang adalah Exynos bukan Qualcomm Samsung memutuskan untuk menggunakan chipset buatan sendiri yaitu Exynos daripada Snapdragon yang sudah dipakai pada generasi pendahulunya
  • Baterai tidak bisa dilepas. Untuk pertama kalinya Galaxy S6 hadir berbeda dengan pendahulunya yaitu menggunakan non-removable battery sehingga desain sudah paten tidak bisa dilepas.
  • Tidak ada slot Micro SD. Galaxy S6 hadir tanpa bisa penambahan slot micro SD yang padahal pendahulunya bisa. Hal ini dilakukan agar Galaxy S6 dapat tampil lebih tipis, tetapi timbal baliknya adalah internal memory diperbesar dengan pilihan 32GB, 64GB dan 128GB
  • Wireless Charging. Fitur ini hadir sehingga Galaxy S6 dapat men-charge baterai tanpa harus menggunakan kabel. Cukup menempelkan saja pada charger baterai dapat langsung terisi.
  • Fast Charging. Fitur ini cocok bagi para pengguna smartphone yang sering lupa men-charge HP, Galaxy S6 hadir dengan kecepatan charge yang luar biasa cepat. Hanya dengan 10 menit charge dapat dipakai 4 jam.
  • Tidak Anti Air. Tidak seperit Galaxy S5 yang terdapat fitur anti air, Galaxy S6 hadir tanpa fitur itu jadi bagi para pengguna perlu berhati-hati.

 

Harga dan Release Date

Untuk tanggal peluncuruan Samsung Galaxy S6 ada beberapa negara yang sudah dapat membeli smartphone ini pada 10 April. Sedangkan untuk harga tergantung dari kapasitas yang diinginkan:

  • Samsung Galaxy S6 32GB = $855
  • Samsung Galaxy S6 32GB = $970
  • Samsung Galaxy S6 32GB = $1085

 

Full Specification

  Samsung Galaxy S6
Size 143.4 x 70.5 x 6.8 mm
Weight 138g
Case Gorilla Glass Bagian depan dan belakang
Display 5.1” (2560 x 1440) 577ppi
Operating System Android 5.0 Lollipop
Processor Exynos 7420, Quad Core 1.5Ghz & Quad Core 2.1Ghz
Micro SD Slot No
Internal Memory 32/64/128 GB
Battery 2550mAh (Non-Removable)
Camera 16MP Belakang, 5MP Depan
Processor Snapdragon 801, Quad Core 2.5GHz
RAM 3GB
Storage 16GB, 32GB Micro SD

 

 

Source dari Cnet, TechRadar, GSMArena

Baca artikel yang lain mengenai Solusi Error 0xc8000222 Saat Install .Net Framework

LEAVE A REPLY