server rakitan vs built up

pilih server rakitan atau built up

Server Rakitan vs Built Up

Blog about all latest PC & tech related news and info

Mana yang Lebih Baik, Server Rakitan vs Built Up?

server rakitan vs built upMemilih antara server rakitan vs built up kadangkala menjadi kegalauan tersendiri. Terutama bagi Anda yang akan memulai bisnis dan melebarkan sayap dengan adanya keperluan untuk menggunakan komputer server. Berbagai pertimbanganpun sudah tentu dilakukan, namun seringkali harga dari komputer server rakitan yang murah menggoda untuk lebih memilihnya dibandingkan server built up. Agar tidak menyesal dengan pilihan Anda ada baiknya baca artikel ini terlebih dahulu.

Komponen yang Digunakan

Komputer server rakitan dengan server built up bisa jadi memiliki spesifikasi yang sama. Tapi coba lihat lebih dekat lagi, terutama komponen yang dipergunakan keduanya. Barulah Anda akan tahu betapa berbedanya keduanya. Komponen yang digunakan server rakitan karena bukan dibuat oleh mereka yang benar-benar ahli maka komponen yang dipilih pun bisa jadi tidak sesuai dengan standar.

Di antara dua komponen dengan hasil spesifikasi yang sama bisa jadi komputer rakitan lebih memilih komponen yang lebih murah demi mendapatkan keuntungan yang besar. Sementara itu, komputer server built up memiliki para perancang yang memang ahli di bidangnya. Mereka bekerja di bawah standar operasi yang telah diberlakukan. Sebuah komputer server sudah pasti akan diberi komponen yang sama bagusnya dengan komputer server yang lain. Terutama jika keduanya satu merek dengan spesifikasi yang sama persis.

Desain Motherboard

Server built up memiliki desain motherboard yang kompak karena merupakan sebuah pencapaian teknologi yang memang benar-benar dikuasai oleh produsen server built up tersebut. Sebaliknya jika kita melihat PC server rakitan maka sudah pasti tidak begitu meyakinkan desain motherboard-nya. Termasuk tata letak setiap komponen yang seharusnya diatur sedemikian rupa seperti yang sudah dilakukan oleh produsen server built up.

Tata letak yang memang dibuat sedemikan rupa oleh produsen server built up hingga hasil desainnya memang mampu menghasilkan sistem kelistrikan yang sempurna. Sebagaimana kita ketahui bahwa sistem kelistrikan itu sangatlah penting, sama pentingnya dengan sistem pengapian pada mesin kendaraan bermotor.

Bisa dibayangkan jika tata letaknya tidak seperti yang seharusnya maka sistem kelistrikannya sudah tentu tidak bisa bekerja dengan maksimal. Hasilnya server rakitan tidak bisa bekerja sebaik server built up.

Power Supply yang Dipakai

Power supply server built up memiliki sesuai dengan standar yang sudah ditentukan produsen. Tentunya dengan pemilihan komponen dari power supply-nya itu sendiri. Termasuk kabel berkulitas baik yang memang seharusnya digunakan oleh sebuah power supply. Hasilnya tentu akan membuat server secara keselurhan bisa bekerja dengan baik atau secara optimal.

Bisa dibayangkan jika power supply yang digunakan bukan yang standar. Kualiatas kabel power supply-nya saja dipilih seadanya atau bisa jadi yang paling ekonomis. Terlihat sama namun memiliki kualitas yang berbeda. Kita sebagai orang awam akan sulit membedakannya, Namun ketika ia sudah bekerja barulah lambat laun akan terlihat bedanya. Imbasnya tentu pada kinerja server rakitan yang tidak maksimal untuk sebuah komputer server.

Bahan Casing Server

Casing server built up bahannya terbuat dari besi yang tahan karat, sedangkan casing pada server rakitan biasanya hanya terbuat dari seng. Itulah yang akhirnya menyebabkan server built up memiliki bobot yang jauh lebih berat dibandingkan dengan server rakitan.

Padahal seperti kita ketahui bahwa besi memiliki daya serap panas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan seng. Hasilnya server rakitan seringkali mengalami over heating yang akan mengganggu kerja server secara keseluruhan.

Motor Kipas Server Rakitan vs Built Up

Pada server rakitan seringkali kita mendengar suara bising akibat motor kipas yang bergerak dengan kasar atau bahkan sebaliknya terdengar bekerja dengan sangat lambat. Hal ini tidak akan kita temukan pada server built up karena motor kipas yang digunakan dipilih yang memang benar-benar baik.

Pada server buatan IBM sekalipun yang terdengar bising ketika pertama kali dinyalakan, selanjutnya menjadi hening karena motor kipasnya bekerja dengan baik. Apalagi pada server merek Dell yang suaranya bahkan nyaris tidak terdengar.

Kinerjanya

Server built up tentunya memiliki kinerja yang jauh lebih baik dibandingkan dengan server rakitan. Hal ini akan jelas terlihat ketika server tersebut mulai bekerja dengan jumlah klien yang semakin banyak. Server mulai menunjukan kinerjanya secara optimal yang dapat kita lihat pada server built up.

Sementara itu, pada server rakitan mulai kewalahan hingga akhirnya masing-masing komponennya mulai meminta perhatian Anda untuk segera diganti karena banyak hal yang membuat terganggunya kinerja server rakitan tersebut.

Hal ini tentu berasal dari setiap komponen yang ada pada masing-masing server yang menjadi pendukung sebuah server untuk bisa bekerja dengan baik. Tentunya sesuai dengan fungsi dan kapasitas yang memang sebagai mana mestinya. Jika dipaksa bekerja lebih seperti yang sering terjadi pada server rakitan yang akhirnya membuat terjadinya maintenece server, overheating, dan lainnya.

Melalui perbandingan ini tentunya sudah bisa tahu mana yang lebih baik antara server rakitan dengan server built up. Walaupun harganya sudah tentu lebih mahal server built up, tapi Anda tidak akan merasa dibohongi setelah melihat kinerjanya memang jauh lebih bagus daripada server rakitan.

Mengeluarkan uang lebih besar di awal bisa jadi investasi, Namun sebaliknya, menggunakan server rakitan justru membuat Anda akan terus-terusan mengeluarkan uang karena banyak komponen yang mulai rusak karena dipaksa bekerja keras.

Jadi akan pilih server rakitan atau built up? Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Baca artikel yang lain mengenai Laptop atau PC

LEAVE A REPLY

Anal