Setting Komputer Server

cara membuat komputer server dan client

Setting Komputer Server

Blog about all latest PC & tech related news and info

Setting Komputer Server agar Bisa Terhubung dengan Client

Dalam sebuah jaringan selalu ada yang menjadi pusat dan menjadi penerima. Yang menjadi pusat dinamakan komputer server sedangkan penerima atau meminta data dinamakan komputer client. Keduanya menyatu satu sama lain dalam sebuah jaringan. Komputer server harus memberikan data data atau file yang diperlukan oleh komputer client, supaya bisa terhubung maka harus dilakukan pengaturan. Di sini akan dibahas Bagaimana cara mengatur komputer server dan komputer client supaya saling terhubung.

Konfigurasi Jaringan Client Server

Dibandingkan dengan komputer client, komputer server adalah yang paling penting karena menjadi pusat dari segala kegiatan client. Kinerja client akan ditentukan dengan spesifikasi komputer server. Apabila komputer server mengalami masalah maka komputer client juga akan mengalaminya karena tidak dapat hidup atau bekerja. Maka dari itu server harus memiliki spesifikasi yang tinggi.

Client bisa tersambung dengan server apabila mendapatkan bantuan dari berbagai kabel dan software. Sebelum membahas bagaimana cara melakukan pengaturan atau menyambungkan server dengan client bagi Anda yang masih awam mungkin harus tahu dulu apa saja jenis komputer server.

Komputer server terdiri atas berbagai macam jenis, antara lain:

  • DNS

DNS atau Domain Name System adalah aplikasi yang dapat menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP.

  • SSH Server

Ini adalah jenis server yang bisa mengirimkan atau mengendalikan perintah eksekusi dari jarak jauh kepada server.

  • DHCP Server

Kepanjangan dari DHCP adalah dynamic host configuration Protocol. Server ini berguna untuk melakukan pengaturan pengalokasian alamat IP di dalam jaringan. Dengan adanya server ini anda tidak perlu mengisi alamat IP secara manual tapi server akan memberikannya secara langsung.

  • Web Server

Server ini berguna untuk melayani permintaan http atau https milik komputer client. Server ini akan mengirimkan data kembali kepada yang meminta dalam bentuk website atau HTML.

  • Proxy Server

Aplikasi yang fungsinya menghubungkan komputer yang memiliki jaringan LAN dengan internet. Proxy juga menjadi jembatan untuk menghubungkan jaringan luar dan lokal.

Mail server tugasnya untuk mendistribusikan berbagai data informasi atau file sebagai permintaan atau respons yang dikirimkan lewat email.

  • FTP Server

Server ini memiliki fungsi untuk menukar data atau sharing file di komputer server dan client yang mendukung IP atau TCP.

Samba server server ini juga berfungsi untuk melayani permintaan sharing tapi antar dua client, bukan dengan server.

  • Database Server

Ini adalah jenis server terakhir yang fungsinya untuk menyediakan penyimpanan database.

Nah, dari 6 berbagai jenis server diatas dapat diketahui bahwa klien akan selalu meminta data dari sebuah server agar bisa berjalan sesuai dengan yang diperintahkan atau diminta.

Sekarang langsung kita bahas bagaimana cara untuk menghubungkannya.

Untuk dapat menggunakan software client maka minimal harus ada dua komputer. Jika di perusahaan besar biasanya ada sebuah server dan ratusan client. Hanya dengan sekali pengaturan semua client dapat terhubung ke server tersebut jadi tidak perlu satu persatu di-setting.

Untuk menyambungkannya maka harus melakukan setting IP server model statis dengan alamat yang disesuaikan oleh perusahaan, misalnya 192.168.1.1.

  • Setelah itu buka folder C:\Program Files\Nama Software kemudian cari pada folder dengan nama dbfile. Folder yang dibuka adalah miliki server.
  • Selanjutnya sharing folder akan full.
  • Langkah selanjutnya adalah pada client pilih atau klik opsi connect database kemudian Arahkan ke server dengan alamat IP yang sama ditambah dengan dbfile. Contohnya menjadi \\192.168.1.1\dbfile.
  • Apabila ada file DB yang terlihat Maka langsung saja klik ok.
  • Dengan demikian maka client telah terhubung ke server. Setelah itu lakukan otoritas user di komputer server. Setelah itu, program yang ada di komputer client akan membaca pengaturan user serta password yang telah dimasukkan dari server.
  • Apabila server dan client menggunakan Windows 7 dan Vista maka cari nama software di folder D bukan C. Cara yang lain tetap sama.
  • Cara kedua agar server dan client saling terhubung dalam jaringan internet maka langkah-langkahnya sebagai berikut.
  • Klik Start kemudian buka control panel lalu pilih network and internet connections. Pilih lagi internet connections.
  • Kemudian, pada bagian local area connection Klik Kanan dan pilih properties. Jika akan menggunakan IP address secara otomatis maka klik bagian atas. Sedangkan jika ingin yang manual pilih bagian bawah.

Bukan hanya dengan pengaturan saja sebuah server dan client bisa terhubung. Namun juga ada berbagai perangkat server yang harus dimiliki. Beberapa perangkat yang harus server miliki agar dapat dihubungkan ke client, antara lain:

  • Kegunaannya adalah menjadi terminal port agar komputer bisa terhubung ke jaringan.
  • Network Internet Card (NIC) atau kartu jaringan. Kegunannya menghubungkan sebuah komputer dengan yang lainnya.
  • Sama dengan fungsi modem pada umumnya, hardware ini berfungsi untuk menghubungkan server ke internet.
  • Kabel UTP. Kegunannya juga menghubungkan sebuah komputer dengan yang lainnya. Biasanya kabel ini dihubungkan pada konektor RJ 45.
  • Menjadi penghubung berbagai jaringan yang sama protokolnya.
  • Konektor RJ 45. Menjadi konektor atau penghubung kabel-kabel RJ 45. Di dalam konektor ini ada 4 buah pin.
  • Adalah pengembangan dari Bridge yang terbagi menjadi store and forward dan cut-through. Kegunannya menerima serta memeriksa paket sebelum dikirimkan ke tujuan.
  • Front end processor. Kegunaannya untuk menangani lalu lintas sebuah jaringan komputer yang keluar masuk dari sebuah host komputer.
  • Cluster Control Unit. Fungsinya menghubungkan terminal yang dikendalikan server menggunakan jaringan maupun peralatan.

Itu dia apa saja bagian hardware server yang digunakan untuk menghubungkan server dan para client.

Memperbaiki Kesalahan Setting Komputer Server

Kesalahan pada komputer server komputer server bisa terjadi karena berbagai hal. Karena kesalahan hardware dan software. Kesalahan hardware antara lain kabel terbuka, konektor longgar, kesalahan kabel UTP, dan kesalahan network interface card. Apabila kesalahannya terdapat pada Network interface card mungkin terjadi karena tidak aktif. Cara untuk mengetahui keaktifan kartu jaringan adalah dengan klik Start kemudian setting dan klik control panel. Selanjutnya pilih system kemudian double klik, selanjutnya pilih Device Manager.

Sedangkan kesalahan pada software antara lain kesalahan protokol, kesalahan setting konfigurasi jaringan, kesalahan identifikasi server dan client, kesalahan pengalamatan IP, kesalahan security system, kesalahan service Network, dan kerusakan file program. Untuk hal ini maka harus dilakukan oleh orang yang ahli dan mengerti supaya bisa langsung diperbaiki. Di sebuah perusahaan biasanya dilakukan oleh bagian maintenance.

Kesalahan protocol biasanya terjadi apabila menggunakan slot ISA karena harus dilakukan secara manual. Kemudian, kesalahan pengalamatan IP adalah yang sering terjadi. Setiap komputer terutama server memiliki alamat identifikasi yang unik. Apabila alamat IP sama maka komputer tidak dapat mengakses jaringan, jadi harus berbeda. Coba ganti dengan alamat IP lain supaya bisa terhubung kembali.

Demikianlah informasi mengenai pengaturan komputer server dan client serta apa saja kesalahan yang biasa terjadi sehingga keduanya tidak bisa terhubung. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Baca artikel yang lain mengenai Laptop Dengan SSD

LEAVE A REPLY