situs belajar coding

tempat belajar coding

Situs Belajar Coding

Blog about all latest PC & tech related news and info

Temukan Situs Belajar Coding Untuk Pemula

Layaknya belajar baca tulis, era teknologi digital masa kini juga menuntut orang belajar lebih banyak soal komputer. Tak hanya sekadar mengenali, melainkan mendalami lebih jauh. Salah satunya ilmu pemrograman. Menjadi orang yang ahli di bidang ini alias programmer, tak melulu menyoal seorang hacker. Salah satu bidang ilmunya yaitu coding, bisa Anda pelajari untuk mengembangkan software dan juga jenis keterampilan lainnya yang berhubungan erat dengan logika.

Dalam ranah pendidikan, coding ini makanan sehari-hari anak IT. Khususnya yang menggeluti ilmu komputer atau teknik informatika. Bagi kehidupan sehari-hari, ilmu coding juga berpengaruh besar. Salah satunya agar orang bekerja lebih efektif, sehingga mampu menorehkan karier cemerlang.

Ilmu coding disinyalir bakal jadi ilmu yang sangat dibutuhkan di masa depan. Terutama bagi dunia kerja. Oleh karena itu, jangan beranggapan bahwa ilmu coding mengerikan. Apalagi cenderung skeptis untuk mempelajarinya dan menganggapnya mustahil. Percayalah, belajar coding tak akan sesulit yang Anda kira. Di samping menambah keahlian anyar, coding juga membuka banyak peluang baru sehingga penting dipelajari.

Mengapa perlu Belajar Coding?

1. Agar Terlatih Memecahkan Masalah dari Sudut Pandang Berbeda

Programmer dan coder punya tugas utama memecahkan masalah. Begitu pula, bagaimana menyelesaikan masalah dengan cepat dan menggunakan persektif berbeda. Terlebih Anda yang menggemari tantangan, risiko menghadapi dan menuntaskaskan perkara baru perlu Anda taklukkan.

Ilmu coding yang Anda pelajari akan dengan sendirinya menggiring untuk selalu berpikir di luar kotak, dan karenanya, Anda pun akan lebih leluasa dalam berkarya. Bukan hanya itu, pemikiran dan tindak-tanduk pun akan lebih efisien, terstruktur dan sistematis.

2. Memperluas Skill Jadi Seorang Hacker

Tahukah Anda, untuk menjadi seorang peretas alias hacker, tak pernah ada jalan pintas, Anda perlu memahami pemrograman mulai dari yang paling dasar karena sangat penting. Dan ilmu yang wajib dimiliki itu salah satunya coding. Tanpa belajar coding dan sekelumit bahasa pemrograman, nyaris tak mungkin Anda bisa jadi peretas.

3. Agar Bisa Bekerja di Mana pun Anda Berada

Siapa sih, yang tidak mau kerja bebas tanpa terikat waktu? Jika biasanya orang akan bekerja ke luar rumah, pun berada di kantor dari pagi hingga petang, mungkin Anda yang punya kemampuan coding akan bekerja secara berbeda. Ada banyak perusahaan teknologi bonafit yang bisa memberi Anda pilihan bekerja dari rumah. Apalagi jika kemampuan Anda juga layak diperhitungkan, Namun perlu diingat, bekerja di rumah itu soal waktu dan disiplin diri.

4. Pekerjaan yang Mencari Anda, Bukan Sebaliknya

Tak ada yang perlu dikhawatirkan jika Anda cukup andal menguasai satu bidang tertentu. Terutama coding. Bukan Anda lagi yang akan mencari pekerjaan, melainkan pekerjaan itu yang datang sendiri. Anda juga bisa menentukan apa yang ingin Anda kerjakan, semisal menjadi programmer paruh waktu,  pun banyak jenis pekerjaan lainnya yang membutuhkan kemampuan coding. Ingin upah tinggi? Web developer merupakan salah satu pekerjaan yang mengandalkan kemampuan coding dengan upah bombastis.

5. Menciptakan Sesuatu yang Berguna Bagi Orang Banyak

Mempelajari kode-kode dan berbagai program akan membuka kesempatan Anda menciptakan sesuatu yang berguna. Tak hanya bagi diri sendiri dan orang sekitar, tetapi juga dunia. Mark Zuckerberg misalnya. Dengan facebook, ia berhasil menciptakan media bersosialisasi baru bagi orang banyak, bahkan hingga ke penjuru dunia.

Di Mana Bisa Belajar Coding?

Perbedaan belajar di kelas dan sendiri sebetulnya hanya terletak pada materi, pengajar, dan lingkungan. Namun, bukan berarti yang satu lebih baik dari yang lain. Semua bisa sama saja asalkan Anda tetap konsisten.

Bahkan yang belajar sendiri pun bisa jadi sesuatu, dengan syarat giat berlatih dan punya usaha keras. Agar proses belajar lebih mudah, berikut beberapa bocoran situs dan aplikasi terbaik untuk belajar coding gratis.

Situs Belajar Coding

  1. Khan Academy

Situs ini sudah berdiri sejak lama, tepatnya pada 2006. Pengajar pertama di sini adalah Salman Khan. Anda yang lebih mudah menyerap pelajaran lewat visualisasi cocok belajar di sini karena seluruh pembelajarannya melalui video tutorial.

  1. Code Avengers

Situs ini menawarkan pembelajaran yang interaktif dengan lebih dari lima bahasa selain bahasa Inggris. Anda bisa mempelajari coding aplikasi, gem, hingga bahasa pemrograman macam CSS, HTML, dan JavaScript. Uniknya, total waktu yang digunakan untuk menyelesaikan per pelajaran hanyalah 12 jam.

  1. HTML5 Rocks

Situs satu ini merupakan salah satu proyek google yang telah diluncurkan sejak tahun 2010. HTML5 Rocks sengaja didirikan untuk menyaingi HTML5 Apple. Keuntungan bagi Anda yang sering belajar di situs ini, dijamin bakal memiliki kemampuan dasar yang baik soal programming, karena ada banyak tutorial yang tersaji serta model pembelajaran lainnya.

  1. Codeacademy

Situs satu ini merupakan tempat belajar coding yang bisa dibilang paling terkenal. Berdasarkan survei, Codecademy telah mengasilkan lebih dari 24 juta orang yang akhirnya mampu memahami coding dengan baik. Anda bisa belajar mengenai CSS dan HTML, jQuery, Phyton, JavaScript, juga Ruby. Tertarik mencoba?

Aplikasi Belajar Coding

  1. C Programming

Seperti namanya, aplikasi satu ini merupakan cara anyar belajar bahasa pemrograman C bagi pemula hanya bermodal ponsel pintar. Di sini Anda bisa memperlajari lebih dari seratus program C. Menariknya, semua pelajaran dikemas dalam bentuk tutorial yang lengkap dan mudah dipahami. Tak hanya itu, antarmuka penggunanya juga cukup sederhana dan mudah diaplikasikan.

  1. Programming hub, learn to code

Bagi Anda yang ingin belajar coding dan bahasa pemrograman seperti Javascript, CSS dan HTML bisa langsung memasang aplikasi ini. Meteri belajarnya juga sangat lengkap dan banyak sekali koleksi contoh pemrograman. Uniknya, di sini Anda juga bisa belajar dan mulai berlatih tanpa harus terus-terusan terkoneksi ke internet, karena aplikasinya didukung compiler offline.

  1. Learn Phyton

Sebagaimana namanya, di sini Anda akan spesial belajar coding beserta bahasa pemrograman Phyton. Aplikasi ini cukup banyak dipasang pada ponsel mengingat saat ini Phyton sedang naik daun. Tak hanya penjelasan soal dasar-dasar Phyton, struk kontrol, jenis data, sampai modul dan fungsinya juga ikutan dibahas. Menariknya, di sini Anda juga bisa langsung mempraktikan kemampuan baru menulis kode Phyton, berkolaborasi dengan teman, sekaligus mengumpulkan poin dan berkesempatan memenangkan banyak kuis.

  1. Udacity

Aplikasi ini memungkinkan Anda mempelajari coding beserta beberapa bahasa pemrograman lain mulai dari tingkat yang paling awal yaitu dasar-dasar pemrograman. Di antaranya Phyton, HTML, Javascript, CSS, hingga Java. Menariknya, Anda akan belajar langsung banyak metode bermanfaat dari para ahli industri macam Google, MongoDB, Facebook. Juga Cloudera. Sangat terpercaya, bukan?

Untuk itu, jangan sampai semangat belajar Anda keburu pupus karena ternyata ada banyak sekali tempat belajar yang akan mempermudah Anda menyerap banyak ilmu coding, yang nantinya akan menguntungkan Andas sendiri. Selamat mencoba!

Baca artikel yang lain mengenai Komputer Server Terbaik

LEAVE A REPLY