software monitoring jaringan komputer

software monitoring jaringan terbaik

Software Monitoring Jaringan Komputer

Blog about all latest PC & tech related news and info

Software Monitoring Jaringan Komputer Terbaik Open Source & Komersil

Dunia komputer tentu saja memiliki korelasi erat dengan yang namanya software. Salah satu contoh nya adalah software untuk monitoring jaringan komputer. Para tehnisi IT sering menggunakan piranti lunak ini untuk profesi mereka. Terutama, untuk memonitor infrastruktur jaringan LAN atau internet pada komputer.

Dengan software solusi control ini, para tekhnisi dapat melakukan banyak hal pada sistem jaringan komputer yang sudah dibangun. Mulai dari yang sederhana, seperti melakukan pengawasan kondisi masing-masing perangkat komputer dalam sistem jaringan. Memanage bandwith internet, melakukan trouble shooting, hingga melakukan remote.

Karena fungsi software monitoring jaringan komputer ini sangat penting bagi para tehnisi IT. Tidak heran jika para tehnisi IT banyak yang tertarik mencari dan mendownload software solusi ini. Kamu mungkin salah satu satu dari mereka, yang saat ini ingin mencari dan mendownload software monitoring jaringan untuk mengontrol sistem IT kamu.

Ketahui Cara Memilih Software Monitoring Jaringan

Agar bisa mendapatkan dan menggunakan software monitoring network yang terbaik. Maka berdasarkan situs helpsystems, kamu perlu mempertimbangkan 6 hal penting berikut :

1. Cakupan Software

Ini adalah pertimbangan utama yang perlu dipertimbangkan para adminstrator jaringan, selama melakukan seleksi software yang akan digunakan. Untuk mengetahui seberapa luas cakupan atau scope dari software monitoring jaringan yang akan dipilih.

Maka kamu perlu mengetetahui kebutuhan sistem IT mu terlebih dahulu. Caranya dengan mengajukan beberapa pertanyaan berikut :

  • Apakah software ini nantinya akan digunakan hanya untuk satu lokasi atau di banyak tempat ?
  • Apakah software ini hanya akan digunakan untuk memonitor server atau juga untuk perangkat lainnya ?
  • Ketahui apa saja yang ingin kamu monitor, kontrol, atau awasi dalam sistem IT ?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan membantu kamu mengetahui seperti apa software monitoring jaringan yang sesuai kebutuhan dan budget mu.

2. Konektivitas dan Skalabilitas

Sistem jaringan komputer tentu akan selalu terus berkembang hari demi hari. Jadi, sangat penting bagi kamu untuk mempertimbangkan bagaimana konektivitas dan skalabilitas software monitoring jaringan yang akan dipilih.

Ketahui berapa banyak perangkat yang dapat dikoneksikan ke dalam sistem IT yang kamu bangun. Seberapa banyak data yang akan melintas pada sistem jaringan kamu. Kamu juga perlu mempertimbangkan software monitoring jaringan yang menawarkan opsi skalabilitas. Karena ini mempermudah kamu mengetahui apa saja jenis data dari aplikasi monitoring yang dapat ditahan. Dan akan mempermudah kamu mengambil tindakan ketika data telah mencapai batas limit.

Software yang menawarakan opsi skalabilitas dapat memperpanjangan siklus monitoring pada program atau software menjadi lebih lama. Sehingga kamu atau perusahaan jaringan kamu dapat memanfaatkan data atau kondisi ini, bahkan ketika terjadi perkembangan yang cukup besar.

3. Sistem Manajemen

Berdasarkan catatan dari kontributor TechRepublic Nick Hardiman, software solution saat ini memungkinkan administrator jaringan memilih cara bagaimana mereka akan memanage sistem jaringan. Apakah akan dikelola langsung oleh tim IT perusahaan yang berada di lokasi atau dikelola oleh pihak ketiga di lokasi mereka.

Bagi sebuah bisnis yang ingin mendapatkan kontrol yang lebih rinci pada sistem dan aktivitas jaringan. Maka mereka direkomendasikan untuk membeli dan menggunakan software solution yang dikelola di lokasi. Sementara untuk sektor enterprise sepertinya tidak memiliki banyak waktu untuk mengelola jaringan mereka.

Manajemen jaringan biasanya akan dipercayakan pada pihak ketiga. Karena waktu utama sektor enterprise lebih digunakan untuk mengurus bisnis inti mereka.

4. Deteksi Otomatis

Beberapa software solution ada yang sudah didukung dengan teknologi deteksi otomatis. Teknologi deteksi otomatis (automatic discovery) ini, memungkinkan software melakukan scaning menggunakan SNMP untuk menentukan status terbaru komponen jaringan.

Misalnya, ketika terjadi penambahan komponen jaringan, maka software mampu melakukan scaning otomatis dan sekaligus menambahkan komponen baru tersebut ke sistem.

 5. Fitur Pemetaan

Selain fitur deteksi otomatis, fitur pemetaan juga perlu ada dalam sebuah software monitoring jaringan terbaik.

Fitur pemetaan ini, memungkinkan para tehnisi IT memiliki sebuah gambaran dari insfrastruktur TI dan komponen dalam jaringan yang ada.

Fitur ini tidak hanya memberi gambaran visual saja, tapi juga memposisikan perangkat pada jalur koneksi yang tepat dan menghubungkan dengan perangkat lainnya.

 6. Peringatan atau Notifikasi

Peringatan atau notifikasi bisa juga dikenal sebagai Alerting, memungkinkan tehnisi IT dengan mudah mengetahui terjadi tindakan atau aktivitas yang mencurigakan pada sistem jaringan. Teknisi IT atau administrator jaringan dapat mengambil tindakan pencegahan dengan cepat sebelum terjadi kerusakan berat pada sistem jaringan.

2 Klasifikasi Software Monitoring Jaringan

Software monitoring jaringan sebenarnya terbagi dalam beragam klasifikasi yang berbeda. Dan dari empat klasifikasi yang telah dipublikasikan paessler, dua diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Open Source Software

Software monitoring jaringan open soruce bisa jadi rekomendasi terbaik bagi kamu para tehnisi dengan budget ketat.

Beberapa keuntungan utama menggunakan software open source ini juga sangat costumable dan dapat digunakan tanpa harus membayar biaya lisensi.

Hanya saja beberapa software open source memiliki fungsi yang terbatas. Sehingga tidak mampu memberi laporan monitoring jaringan secara detail.

2. All-IN-ONE

Ini adalah software yang diklasifikasikan khusus untuk para profesional network monitoring. Pada sumber terpercaya lainnya, All-IN-ONE juga bisa disebut sebagai klasifikasi software komersil. Software dalam klasifikasi ini dipastikan menawarkan seluruh fungsi monitoring jaringan dengan fitur-fitur canggih.

Software solution All-IN-ONE ini dapat mengontrol protokol konvensional sperti SNMP, paket snifing, aliran protokol-protokol untuk memonitoring bandwith.

Tidak hanya itu, software kategori komersil ini juga menawarkan kontrol dan monitoring jenis protokol yang lebih luas. Misalnya SQL, FTP, HTTP, Exchange, POP3, virtual servers, dan lainnya.

Software Monitoring Jaringan Open Source dan Komersil Terbaik

ZABBIX

ZABBIX adalah salah satu software monitoring jaringan open source terbaik yang populer digunakan oleh beberapa perusahaan. Contohnya, Dell, ICANN, Orange, Salesforce dan yang lainnya.

ZABBIX dirancang khusus untuk memonitor apa saja, mulai dari performa dan ketersediaan software, jaringan aplikasi web hingga database.

ZABBIX sudah didukung dengan SNMP dan menawarkan laporan yang lebih baik. ZABBIX dapat diinstal pada Linux, AIX, Windows, Solaris, MacOS X, FreeBSD, OpenBSD, dan yang lainnya. Untuk konfigurasi dan cara menggunakan software ZABBIX, kamu bisa mengetahuinya melalu video YouTube berikut.

Link untuk Download Software ZABBIX

Intermapper

Intermapper adalah software monitoring jaringan komputer yang masuk dalam kategori komersil atau klasifikasi ALL-IN-ONE. Intermapper dapat digunakan untuk seluruh sektor bisnis mulai dari sektor bisnis pendidikan, finance, pemerintah dan pertahanan, kesehatan, telekomunikasi, media, teknologi, hingga sektor manufakturing. Hanya dengan alamat IP, Intermapper mampu memonitor banyak hal. Mulai dari server, endpoints, perangkat wireless, firewall, router, perangkat mobile dan masih banyak lagi.

Intermapper juga sudah dilengkapi dengan fitur deteksi otomatis, sistem alerting, dan live interface.  Intermapper sudah kompatibel dengan berbagai perangkat berbasis Windows, Linux, dan MacOS. Untuk konfigurasi dan cara menggunakan Intermapper, kamu bisa melihatnya melalui video YouTube ini.

Link untuk Download Free Trial Software Intermapper

Kesimpulan

Agar kamu mengetahui bagaimana cara memilih software monitoring jaringan yang tepat dengan mudah dan cepat. Maka kamu bisa menggunakan 6 pertimbangan yang sudah dibahas di atas.

Software monitoring jaringan yang terbaik tidak hanya dapat dijalankan secara optimal pada Windows, Linux, dan MacOS. Tapi, software solusi terbaik yang populer juga menawarkan fitur-fitur canggih, powerfull, dan mudah digunakan.

Baca artikel yang lain mengenai Perbedaan Laptop dan Notebook

LEAVE A REPLY

Anal