software toko

program toko

Software Toko

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Membeli Software Toko Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Software Toko

Kemajuan bisnis makin hari makin terus bertambah, mana ada perusahaan yang ingin turun kinerjanya. Begitu pula dengan teknologi semakin hari teknologi semakin maju untuk itulah perusahaan harus memanfaatkan teknologi ini untuk membuat kinerja perusahaannya menjadi lebih maju.

Contoh kasus kecil adalah toko sebuah bisnis menengah ke bawah yang bisa dilakukan oleh banyak orang. Tetapi sayangnya manajemen yang dipakai adalah manajemen kuno atau saya sering menyebutnya dengan manajemen “slorokan” (slorokan = laci dalam bahasa jawa). Kenapa? Karena kebanyakan anda lihat di toko-toko ketika membayar laci akan dibuka kemudian anda diberi kembalian dan laci ditutup begitu dan seterusnya. Tidak ada pencatatan yang detail seperti pada perusahaan besar.

Seharusnya menurut saya meskipun tidak menggunakan manajemen seperti perusahaan besar paling tidak menggunakan software toko yang dapat membantu melakukan pembukuan yang lebih detail sehingga semua transaksi dapat tercatat dengan baik. Banyak keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan program toko ini salah satunya mempercepat kinerja anda dalam membuat laporan, pencatatan stok lebih mudah dan lain sebagainya. Langsung saja kita bahas lebih detail mengenai software toko dan tips untuk membelinya

Kenapa Harus Menggunakan Software Toko?

Untuk awal mulanya pertanyaan ini harus dijawab dulu sehingga anda bisa sepakat dengan kami bahwa software toko sangatlah penting. Kenapa? Karena dengan menggunakan software toko anda bisa lebih cepat membuat laporan kerja seperti kas, bank, dll. Selain itu yang paling sering dibutuhkan oleh toko adalah pengaturan stok jadi saat ada penjualan stok akan berkurang dengan sendirinya/otomatis begitupula saat pembelian/kulakan stok akan bertambah dengan sendiri.

Kebanyakan toko yang tidak menggunakan software akan membuat nota kemudian akan menuliskan lagi di buku stok barang apa saja yang sudah dijual atau barang kulakan yang masuk pada hari itu. Hal ini akan menyusahkan anda jika toko sangat rame. Anda harus 2x kerja yaitu harus membuat nota dan harus menulis jumlah stok yang keluar/masuk pada buku stok. Melelahkan bukan? Nah dengan bantuan software toko inilah anda cukup menginput nota maka secara otomatis stok akan berkurang atau bertamah.

Saya rasa hal itulah yang paling penting dalam sebuah toko yaitu masalah stok. Untuk laporan kas, bank, hutang dan piutang tidak semua toko menggunakan manajemen yang memakai akuntansi tetapi semua toko pada umumnya pasti menghitung stok dan membutuhkan manajemen stok yang mudah dan bagus.

Keuntungan Menggunakan Program Toko Daripada Sistem Manual

Setelah membaca bagian pertama saya berharap kita semua sudah memiliki pandangan yang sama tentang software toko. Sekarang kita bahas lebih detail sebenarnya apa saja yang membuat lebih unggul ketika kita menggunakan program toko, berikut ini beberapa keuntungan menggunakan program toko:

  • Stok dapat berkurang/bertambah secara otomatis dengan hanya melakukan 1x input saja.
  • Anda dapat melihat daftar harga dengan lebih mudah.
  • Semua data customer dan supplier tercatat dengan rapi.
  • Data penjualan atau pembelian tersimpan dengan rapi dan anda dapat mengakses kapan saja. Bahkan anda bisa mencarinya dengan cepat tidak perlu seperti sistem manual yang harus mencari 1 per 1 dari buku ke buku yang lainnya.
  • Mampu menyediakan laporan dengan cepat yang tidak bisa dilakukan oleh sistem manual. Contohnya laba rugi, anda bisa dengan instant mengetahui laba hari ini sedangkan jika sistem manual anda harus menghitung dulu per nota untung berapa dan harus menjumlahkan semuanya.
  • Jika anda menggunakan akuntansi maka software toko mampu melakukan journal otomatis tanpa anda harus melakukan journal-journal akuntansi yang rumit. Bahkan anda yang tidak bisa akuntansi pun bisa menggunakan program ini dengan baik.
  • Akses data yang lama lebih mudah. Ketika anda membutuhkan melihat data-data yang lama anda bisa lebih cepat, misalnya ketika anda ingin melihat berapa harga jual anda kepada customer A untuk barang tertentu maka dengan bantuan software toko ini anda bisa lebih cepat mengetahuinya.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa saya sebutkan, masih banyak lagi keuntungan yang dapat anda peroleh dengan menggunakan software toko. Kita bahas selanjutnya adalah mengenai fitur-fitur yang harus ada pada software toko.

Fitur-Fitur Yang Harus Dimiliki Oleh Software Toko

Sebelum anda membeli sebuah software toko anda harus benar-benar mengerti fitur apa saja yang ditawarkan dan anda harus mencoba dulu apakah cocok dengan sistem kerja anda. Sehingga ketika anda implementasikan anda tidak begitu kerepotan. Berikut ini adalah beberapa fitur yang harus dimiliki oleh sebuah program toko menurut versi kami:

  • Harus anda sistem security seperti login sebelum masuk ke menu utama. Karena jika tidak ada maka semua orang bisa akses ke data-data anda dengan seenaknya sendiri.
  • Fitur pengaturan stock. Misalnya seperti laporan kartu stok, laporan mutasi persediaan dan lainnya.
  • Program toko harus mampu menambah/mengurangi stok otomatis. Seperti yang sudah saya sebutkan bahwa anda cukup input 1x saja maka data stok dan penjualan secara otomatis sudah terinput. Bahkan jika anda menggunakan akuntansi journal-nya pun harus terbentuk otomatis.
  • Harus ada laporan laba rugi. Meskipun tidak menggunakan akuntansi paling tidak harus bisa mengeluarkan laporan laba rugi kotor.
  • Harus ada laporan hutang dan piutang. Meskipun tidak ada akuntansinya sebuah program toko harus mampu menampilkan laporan hutang dan piutang sehingga user dapat mengetahui dengan cepat yang jatuh tempo.
  • Harus dapat digunakan lebih dari 1 user. Maksudnya adalah harus client server jadi ada database pada komputer server dan komputer lainnya dapat mengakses data dari komputer server.

Paling tidak itulah fitur minimal yang harus dimiliki sebuh software toko agar pengusaha toko bisa menggunakan program anda. Jadi untuk membeli software toko anda harus melihat fitur-fitur yang ditawarkan paling tidak fitur yang saya sebutkan tadi harus ada agar sebuah program dapat membantu pembukuan sebuah toko.

Tips Mengecek Fitur-Fitur Program Toko

Tips berikut ini adalah tips untuk anda pengusaha toko ketika anda sudah menemukan software yang cocok anda jangan langsung membelinya tetapi anda harus mengetest dulu apakah bisa diaplikasikan pada manajemen anda. Berikut ini adalah tips dari saya mengenai cara mengecek fitur-fitur dari program toko:

  • Ikuti demo dari software developer yang sedang presetasi sehingga anda dapat mengerti fitur-fiturnya dengan lebih baik.
  • Gunakan trial software. Biasanya software developer menyediakan versi trial untuk anda bisa mencoba-coba. Hal ini dapat anda manfaatkan, anda bisa meminta install versi trial-nya ke laptop anda sehingga anda bisa coba-coba di rumah apakah bisa diaplikasikan ke toko anda atau tidak.
  • Konsultasikan dengan pengembang software mengenai sistem manajemena anda. Dengan membicarakan sistem manajemen anda maka mereka bisa lebih mudah menjelaskan kepada anda fitur-fitur apa yang harus digunakan untuk manajemen anda.
  • Banyaklah bertanya. Ini sudah umum dilakukan dimana saja, jangan hanya diam saja ketika melihat software toko tetapi banyaklah bertanya bagaimana cara kerja, modul-modulnya, jenis laporannya, dll
  • Tanyakan 3 bagian penting yaitu Master Data, Transaksi Modul dan Laporan Modul. Ketiga ini adalah komponen utama dari sebuah program toko. Jadi anda harus cek apakah ketiga modul utama ini ada atau tidak.

Itulah beberapa tips dari saya mengenai cara mengecek sebuah software toko apakah bisa diimplementasikan pada sistem manajemen anda. Dengan menggunakan kombinasi fitur-fitur dari software toko dan tips cara memilihnya yang tepat maka anda bisa membeli software toko yang tepat untuk anda.

Kesimpulan

Secara singkat posting ini mengenai tips fitur-fitur dari sebuah software toko yang harus ada dan tips bagaimana anda mengeceknya. Anda harus mengeceknya agar fitur-fitur tersebut bisa diimplementasikan pada sistem manajemen anda. Jika anda ada pertanyaan atau ingin share mengenai program toko anda bisa menuliskan pada bagian komentar di bawah posting ini. Semoga posting ini membantu anda dalam memilih software toko yang tepat.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Memperkuat Sinyal WiFi Pada Ruangan Tertutup

LEAVE A REPLY