software wajib komputer

software yang wajib diinstal di laptop

Software Wajib Komputer

Blog about all latest PC & tech related news and info

Software Wajib Komputer Bagi Yang Baru Belajar Komputer

Secara garis besar, komputer bisa dianalogikan mirip manusia. Jika manusia berpikir menggunakan otak, komputer pun demikian. Otak komputer terdapat pada bagian yang disebut processor. Processor ini punya rumah, letaknya di dalam CPU atau unit proses pusat yang mengatur seluruh kinerja komputer.

Tak jauh beda dari manusia, jika komputer punya otak, maka komputer pun punya organ-organ tubuh. Bagian tubuh pada komputer, terdapat pada perangkat keras atau yang dikenal sebagai hardware. Hardware ini berbentuk fisik dan bisa dilihat.

Misalnya power supply yang berfungsi mendorong tenaga atau berfungsi sebagai pemompa jantung, hingga mainboard yang berfungsi sebagai pijakan penggerak komputer, dan menjadi tempat tumpuan sekaligus penggerak layaknya kaki.

Dengan demikian, otak pun akan belajar dan beroperasi lewat pengetahuan. Jika otak manusia belajar lewat buku atau pengalaman untuk menambah ilmu dan memperluas pengetahuan, maka otak komputer akan belajar lewat software yang terpasang.

Itulah mengapa, meski tak berwujud, software punya fungsi vital. Software sangat banyak, biasanya dalam bentuk aplikasi.

Sampai di sini Anda tentu paham seberapa penting fungsi aplikasi bagi perkembangan kinerja komputer.

Aplikasi di Komputer

Tiap komputer akan dilengkapi apikasi utama yaitu sistem operasi. Tanpa sistem operasi tertentu, komputer nyaris tak bisa bergerak. Sistem aplikasi dengan pengguna terbanyak hingga saat ini adalah Windows. Windows punya berbagai versi yang kesemuanya mendukung kinerja komputer.

Sejak zaman dulu sampai sekarang, ada beberapa aplikasi wajib pakai dan sudah menjadi bawaan dalam Windowa, yang tanpa kehadirannya komputer serasa kurang fungsi. Apa saja aplikasi wajib tersebut? Berikut di antaranya.

  • Microsoft Paint

Microsoft Paint ini bisa dibilang sebagai aplikasi legendaris. Sejak tahun 90-an, aplikasi ini sudah hadir menghiasi layar komputer. Terutama bagi yang baru belajar komputer, aplikasi ini nyaris bisa dimanfaatkan bagi segala keperluan. Tanpa perlu repot-repot belajar panduan, pun dapat masukan dengan bertanya ke orang.

Seperti namanya, Microsoft Paint ini fungsi utamanya untuk menggambar. Sayang, beberapa waktu lalu kehadiran Microsoft Paint kabarnya akan dihapus, alias ditiadakan. Mengingat nyaris seluruh fungsi Paint kini sudah dapat ditemukan dalam Microssof Word, yang dinilai lebih multifungsi.

  • Microsoft Word

Pertama belajar komputer, selain menyalakan atau menghidupkan, serta mengenali bagian komputer, orang pasti diajarkan memfungsikan Microsoft Word. Utamanya untuk mengetik dokumen seperti surat resmi, atau belajar mengoperasikan bagaimana memberi gaya pada tulisan seperti memilih jenis huruf, hingga mempertebal, memiringkan, dan menggarisbawahi tulisan.

  • Internet Explorer

Tak jarang, tujuan orang mengenal komputer semata-mata untuk memahami internet. Bisa dimaklum, karena saat ini pergerakan segala bidang memang mengacu pada perkembangan teknologi. Internet Explorer ini semacam aplikasi wajib yang memang sudah ada dari sananya, bahkan sejak versi paling jadul, di mana orang bisa menjelajah dunia maya. Dulu, sebagai mesin pencarian, lebih banyak orang menggunakan Yahoo! ketimbang Google.

  • Games

Dari sekian banyak gim yang tersedia, gim paling abadi dan pasti ditemui setiap orang dalam komputer ada empat. Yaitu solitaire, minesweeper, chest, dan pinball.

Solitaire ini layaknya main kartu biasa. Ada tingkatan dari yang mudah sampai sulit. Anda hanya tinggal mencocokkan sesuai warna dan jenis kartu, lalu mengurutkan mulai dari King sampai As untuk menang. Begitu pula chest yang mirip main catur.

Minesweeper juga seru. Pemain tinggal berspekulasi memilih kotak, dengan menghindari kemungkinan adanya bom. Sementara pinball, lebih mirip dingdong zaman dulu. Orang harus mencetak skor tertinggi agar namanya ada di jajaran teratas. Sayang, pinball kini tak termasuk lagi gim bawaan komputer.

Aplikasi Wajib Bagi Pemula

Selain sistem operasi dan beberapa bawaannya yang sudah disebutkan di atas, komputer juga butuh sejumlah aplikasi lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Fungsinya tentu saja, untuk mengoptimalkan fungsi komputer berdasarkan keperluan pengguna.

Kebutuhan pengguna amatir atau pemula alias yang baru-baru belajar komputer, tentu berbeda dari pengguna komputer profesional, yang umumnya mempergunakan komputer untuk mengembangkan minat khusus.

Berikut beberapa aplikasi dasar yang dibutuhkan dalam mengoperasikan komputer, bagi yang baru belajar komputer.

  • Aplikasi untuk Internetan

Masih banyak aplikasi internet selain Internet Explorer yang sudah terintegrasi dengan Windows, dan bisa Anda gunakan. Selain cepat, pencarian di dunia maya pun lebih mudah dan aman. Beberapa yang umum digunakan adalah Mozila Firefox dan Google Chrome.

  • Aplikasi untuk Mengunduh Lebih Cepat

IDM atau Internet Download Manager, merupakan aplikasi yang akan berguna jika Anda suka mengunduh data. Dengan ini, pengunduhan data dari interntet bisa berlangsung secara cepat

  • Aplikasi untuk Mengelola Arsip

Arsip di komputer memiliki bermacam format. Salah satunya RAR. RAR berfungsi memberi efisiensi kapasitas penggunaan, juga keamanan. Anda bisa menginstal berbagai macam aplikasi yang mendukung RAR seperti winrar, winzip, dan 7zip.

  • Aplikasi Multimedia

File multimedia tertentu seperti MKV dan FLV tidak terbaca hanya dengan menggunakan aplikasi Media Player yang sudah jadi bawaan Windows. Untuk itu, tambahan aplikasi multimedia yang lebih lengkap cukup penting. Misalnya GOM Media Player, MPV Player, dan sebagainya.

  • Aplikasi untuk Membaca File PDF

File PDF tak bisa dibuka sembarangan. Harus ada aplikasi penunjang untuk mengoperasikannya. Beberapa file dengan format PDF antara lain buku dunia maya atau dikenal sebagai ebook, juga dokumen penting lainnya. Dengan memiliki aplikasi PDF seperti Adobe Acrobat Reader dan Foxit Reader, Anda bisa membuka sekaligus mengedit ragam file dengan format PDF.

  • Aplikasi Mengolah Dokumen

Dokumen jenisnya banyak. Ada yang berfungsi mengolah kata, mengolah angka, mengolah publikasi, dan banyak lagi. Meski sebetulnya komputer sendiri sudah punya aplikasi bawaan dasar, seperti notepad yang bisa digunakan untuk menulis catatan sederhana dengan ringan, tetapi penggunaannya kurang optimal. Untuk itu, aplikasi khusus seperti Microsof Office pasti dibutuhkan. Dengan ini Anda bisa menulis kata, membuat publikasi, presentasi, termasuk membuat catatan keuangan lengkap.

  • Aplikasi Mengedit Gambar atau Foto

Windows punya aplikasi bawaan image viewer dan paint. Namun itu tak cukup untuk mengedit gambar dan foto secara maksimal. Untuk yang ringan bagi kebutuhan dasar, Anda bisa mencoba Photoscape, jika komputer dan keahlian Anda memungkinkan, Adobe photoshop juga direkomendasikan.

  • Aplikasi Antivirus

Tanpa in komputer semacam tak memiliki pelindung. Ada banyak antivirus yang tersedia mulai dari yang ringan kapasitas pernyimpanannya hingga berat.

Cara Install Aplikasi

Sebagaimana aplikasi di ponsel pintar yang bisa digunakan setelah melalui proses pemasangan atau instalasi, aplikasi di komputer pun demikan. Bedanya, tidak ada Google Play di komputer. Anda bisa menggunakan cd atau dvd, memanfaatkan master yang sudah tersimpan dalam flashdisk, pun mengambil ilmu dari internet untuk menginstal aplikasi.

Baca artikel yang lain mengenai Kelebihan dan Kekurangan Laptop Asus

LEAVE A REPLY