Spek Laptop untuk Gaming

Spesifikasi Laptop untuk Gaming

Spek Laptop Untuk Gaming

Blog about all latest PC & tech related news and info

Yuk Ketahui Spek Laptop untuk Gaming Terbaik

Spek Laptop Untuk Gaming

Pada umumnya, gamer lebih menyukai PC desktop untuk memainkan suatu game dibandingkan dengan laptop. Hal ini karena PC desktop lebih mudah di-upgrade dan mampu bertahan dalam jangka waktu lama dibandingkan dengan laptop. Walaupun begitu, di pasaran telah tersedia laptop yang memang khusus untuk gaming. Bisa juga spek laptop tinggi bisa dipakai untuk memainkan game karena memang benar-benar powerful. Dalam hal soal harga, tentu tak ada yang berharga murah. Hampir semua laptop gaming diberandol dengan nominal harga yang bikin membelalak mata. Oleh karena itu, jangan terkecoh dengan laptop gaming dengan embel-embel harga murah. Amati dengan seksama spek laptop untuk gaming.

Sebagai dasar sebuah laptop disebut laptop gaming, setidaknya mampu memainkan game dengan kategori kelas berat atau sedang dengan hasil performa minimal moderat sampai dengan lancar. Lalu berapa afdolnya anggaran yang perlu disediakan untuk membeli laptop gaming? Bisa sampai 7 digit angkanya. Laptop gaming dengan kemampuan andal memang harus memiliki kinerja komputasi yang bagus, terutama pada pengolah grafisnya. Namun, jangan asal pilih hanya menurut desain luarnya saja seperti ultrabook yang hanya tonjolkan nilai estetis penampilan luar. Oleh karena itu, laptop gaming sudah pasti bisa untuk bekerja karena kemampuannya yang andal dalam mengolah grafis dan video.

Desain Bulky, Tebal, dan Sangar

Spek laptop untuk gaming yang sejati menawarkan desain yang benar-benar bulky, tebal, ngedebleg, sangar yang mampu membuat punggung si pemiliknya benar-benar pegal. Laptop gaming memang benar-benar memiliki berat di atas rata-rata dan berat ini sulit dikurangi karena harus mampu mempertahankan kinerja dan kemampuan gamingnya. Contohnya saja CyberPower FangBook X7-200, layar 17,3 inchi, berat 6,2 kg. Laptop gaming lainnya, yaitu ASUS G75VW yang memiliki tampang sangar membahana.

Apa Saja Yang Perlu Dipertimbangkan?

Berikut ini beberapa aspek yang dipertimbangkan sebelum membeli laptop gaming.

  1. Prosessor

Bila membeli laptop berprosessor intel, pilih yang sudah Ivy Bridge atau Sandy Bridge. Di pasaran, prosessor intel kebanyakan seri U atau ULV yang terkenal irit daya. Untuk versi terbaru intel yang sudah Ivy Bridge atau Sandy Bridge, biasanya terdapat tambahan fitur-fitur perbaikannya. Misal, adanya dukungan untuk kartu memory terbaru, dukungan pada integrated PCI Express 3.0, dan lainnya. Untuk saat ini yang paling baru intel mengeluarkan haswel dan skylake.

Untuk prosessor AMD tak kalah dengan Intel, karena memiliki APU. Sebagian gamer menganggap prosessor AMD dengan APU dianggap lebih baik daripada Intel. Prosessor AMD juga memiliki kelebihan lain, yaitu harganya lebih murah. Nah, inilah yang disukai oleh para gamer karena harganya relatif lebih miring dibandingkan dengan harga-harga dari produk intel.

  1. Kartu Grafis (VGA atau GPU)

Kartu grafis (VGA atau GPU) memiliki peran spek laptop untuk gaming yang penting bagi gamer. Pastikan laptop yang Anda memiliki memiliki modul VGA mandiri. Pada kebanyakan laptop yang ada di pasaran, sudah tertanam fitur dual GPU yang bisa diaktifkan sesuai dengan beban kerja bawaan laptop dari pabrikan. Contoh versi VGA yang bagus untuk nge-game, misalnya Asus A46CM-WX095D dengan NVIDIA® GeForce® GT635M 2GB, Asus A46CB-WX023D NVIDIA® GeForce® GT740M 2GB. Versi VGA.

  1. RAM tangguh

Untuk keperluan nge-game, pilih RAM minimal 2 GB ke atas. Akan lebih baik lagi, RAM tersebut bisa di-upgrade sampai semaksimal mungkin. Upgrade juga harus bisa sampai ke versi tertinggi laptop itu sendiri. Minimal mampu mendukung RAM versi PC-12800.

  1. Storage atau Harddisk-SSD

Semua gamer sepakat, kapasitas hardisk yang dibutuhkan untuk nge-game minimal 500 GB. Dengan kapasitas sebesar itu, gamer bisa mengoleksi game-game anyar yang berat. Di pasaran itu tersendiri, sudah tersedia kapasitas hardisk sampai 1 TB. Pilih hardisk yang bisa di-upgrade ke SSD. Pertimbangkan juga kecepatan dan keiritan daya hardis tersebut.

  1. Layar dan resolusi

Semakin besar ukuran dimensi layar dan resolusi, semakin nyaman untuk bermain game. Ukuran layar yang lebar akan membuat nyaman dan lega saat bermain game. Di pasaran, sudah tersedia berbagai ukuran layar, mulai dari 11,6 inchi, 14 inchi, 15,6 inchi, sampai dengan 24 inchi. Menurut para gamer, ukuran 15,6 inchi dianggap yang paling terbaik untuk bermain game.

  1. Daya baterai

Sampai sekarang ini, daya baterai masih menjadi proses pengembangan untuk mencapai kondisi yang ideal. Hampir sebagian besar laptop yang ada di pasaran, kemampuan daya baterai laptop belum ada yang memuaskan para gamer. Hal ini mengingat keasyikan saat bermain game harus sering terputus karena persoalan baterai. Maklum saja, bermain game memang butuh power yang besar. Oleh karena itu, pilih laptop yang memiliki kemampuan daya baterai tertinggi.

  1. Kenyamanan

Pilih laptop gaming yang memiliki fitur back-lit keyboard. Supaya kenyamanan laptop saat bermain game benar-benar mumpuni, terlebih dahulu mencoba beberapa fitur seperti koneksi Bluetooth, posisi panel-panel, letak port, dan lainnya. Untuk amannya, pilih bodi dari bahan aluminium, lalu rasakan sengatan listrik statis yang tercipta. Akan lebih baik lagi cek semuanya demi kenyamaan Anda selama bermain game.

Kesimpulan

Tips memilih spek laptop untuk gaming di atas masih begitu umum. Uraian di atas masih berupa dasar-sadarnya saja. Setiap gamer memiliki kriteria pemilihan sendiri. Itulah mengapa, seorang gamer perlu mengetahui dasar-dasar komponen utama laptop atau komputer. Bagi gamer, meng-upgrade laptop atau komputer sudah menjadi bagian dari kewajiban disamping penguasaan kemampuan bermain game. Gamer tanpa disertai kemampuan mengoprek laptop atau komputer bukanlah gamer sejati.

Baca artikel yang lain mengenai Transfer Data Android ke PC

LEAVE A REPLY