spesifikasi komputer pc

spesifikasi komputer kantor

Spesifikasi Komputer PC

Blog about all latest PC & tech related news and info

Memilih Spesifikasi Komputer PC Yang Tepat dan Hemat

Komputer sudah menjadi alat utama bagi para pekerja modern mulai dari spesifikasi rendah sampai yang paling tinggi. Kami ingin memberikan tips untuk memilih spesifikasi komputer pc yang tepat dan hemat sehingga para pembaca dapat membeli komputer yang sesuai dengan kebutuhan. Pada posting ini kami bagi menjadi 4 bagian yaitu spesifikasi komputer untuk sekolah, spesifikasi komputer kantor, spesifikasi komputer gaming dan spesifikasi komputer server.

Spesifikasi Komputer Untuk Sekolah

Untuk anak sekolah bagi orang tua yang ingin membelikan anaknya untuk keperluan sekolah, langkah awal yaitu menentukan dahulu kira-kira nanti komputer akan dipakai untuk pekerjaan sekolah seperti apa? Apa hanya untuk dibuat mengetik saja? Atau nantinya bakal dibuat untuk desain? Dan masih banyak lagi. Pada umumnya jika komputer akan dipakai untuk sekolah SMP atau SMU maka masih belum diperlukan spesifikasi komputer pc yang tinggi, standart saja sudah cukup. Tetapi ketika masuk ke kuliah maka tergantung dari jurusan yang diambilnya, biasanya untuk jurusan desain atau teknik memerlukan spesifikasi komputer PC yang cukup tinggi karena software yang dipakai membutuhkan kecepatan tinggi.

Pengalaman kami merakit spesifikasi komputer untuk sekolah sebagai berikut

  • Processor Intel Dual Core G2030
  • Motherboard Asrock H61/Asus H61
  • Hard Disk 500GB
  • Memory 2 GB
  • DVD rom
  • Casing + power supply standart
  • Monitor 16 inch
  • Keyboard + Mouse

Dengan spesifikasi komputer PC tersebut budget yang diperlukan sekitar 3jt – 3,5jt sudah dapat membeli komputer untuk sekolah dengan kebutuhan standart. Jika budget masih dibawah itu maka untuk bisa menghemat lagi dapat memilih merek komputer yang tidak begitu terkenal. Misalnya saja monitor dan casing bisa menggunakan merek china sehingga harga bisa lebih hemat lagi. Sedangkan untuk processor dan motherboard sebaiknya menggunakan merek yang cukup bagus karena 2 bagian itu merupakan bagian penting dalam komputer

Spesifikasi Komputer Kantor

Untuk kantor biasanya terdapat bagian pembelian yang dibebani tugas untuk membeli komputer untuk karyawan dan biasanya direktur meminta harga yang murah dan awet, benar bukan? Tips untuk bagian pembelian di kantor yaitu pertama kali tentukan juga komputer akan dipakai oleh bagian apa? Pada umumnya kantor tidak begitu membutuhkan spesifikasi komputer PC yang tinggi karena pekerjaan yang paling sering dikerjaan adalah mengetik dan membuat laporan. Hanya pada bagian khusus seperti kantor yang bergerak dibidang desain membutuhkan spesifikasi komputer PC yang tinggi.

Pengalaman kami dalam malayani rakitan komputer, kantor lebih mengutamakan kecepatan daripada graphic card untuk kebutuhan umum komputer. Budget yang diberikan pada bagian pembelian biasanya juga dibatasi dan kantor lebih senang menggunakan komputer yang lebih awet dipakai untuk bertahun-tahun daripada harus terlalu menghemat tetapi malah cepat rusak.

Pengalaman kami merakit spesifikasi komputer untuk kantor sebagai berikut

  • Processor Intel Core i3/Core i5
  • Motherboard Asus H61
  • Hard Disk 500GB
  • Memory 2 GB
  • Casing + power supply standart
  • Monitor 16 inch
  • Keyboard + Mouse

Dengan spesifikasi komputer tersebut budget yang perlu disiapkan sekitar 4jt-5jt. Spesifikasi komputer kantor hampir mirip dengan komputer untuk sekolah karena pemakaian standart sehingga hanya lebih dipentingkan untuk pada bagian kecepatan dan keawetan saja.

Spesifikasi Komputer Gaming

Untuk bagian satu ini untuk para penggemar gaming tentunya budget yang disiapkan harus tinggi karena kebutuhan lebih banyak dan lebih mahal dari spesifikasi komputer PC biasa. Berikut ini kami memberikan contoh spesifikasi komputer gaming yang pernah kami rakit:

  • Processor Intel Core i7 (Tipe processor paling tinggi sekarang series 4xxx – Hashwel)
  • Motherboard Asus Sabertooth (Republic of Game – ROG)
  • Hard Disk 1TB atau 2 TB (mengingat kapasitas Game sekarang besar-besar jadi storage lebih besar memungkin anda bermain game tanpa harus menghapus game yang lama)
  • Nvidia GTX 650 TI atau Ati Radeon (Tipe dari graphic card sangat bermacam-macam tetapi tips dari kami untuk memilih Nvidia lebih baik menggunakan GTX series daripada GT series karena performance lebih bagus)
  • Power Supply lebih besar lebih baik karena VGA akan memakan power banyak. (Merek yang kami rekomendasi yaitu Cooler Master atau Thermaltake)
  • Memory 4GB (Memory yang digunakan lebih baik memory khusus untuk gaming misalnya seperti Corsair Vengance)
  • DVD Internal
  • Monitor
  • Keyboard + Mouse (Untuk gamer profesional biasanya menggunakan keyboard mouse khusus gaming merek yang bisa dipertimbangkan yaitu Razer, Steel Series atau jika kemahalan bisa dipertimbangkan untuk merek Genius.

Jika budget anda terbatas maka untuk gaming yang dipentingkan adalah Graphic Card dan processor. Sehingga anda bisa memfokuskan budget anda pada bagian itu dahulu kemudian jika ada budget lagi anda bisa melakukan upgrade bagian yang diarasa kurang.

Spesifikasi komputer gaming tentunya sangat tinggi dan dapat dipakai untuk apa saja. Jika bisa dibuat bermain game yang membutuhkan spesifikasi komputer PC tinggi maka kegiatan normal seperti mengetik, desain dan lain-lain tentunya sudah pasti dapat dilakukan oleh PC gaming ini.

Spesifikasi Komputer Server

Komputer server ini dibutuhkan oleh kantor atau pabrik untuk mengatur semua komputer staf dan untuk mengatur data pada kantor. Lain dengan komputer gaming yang membutuhkan kecepatan dan resolusi tinggi, komputer server lebih mementingkan stabil sehingga dapat melayani user yang sedang akses ke komputer server. Itulah mengapa spesifikasi komputer server kami rekomendasikan menggunakn processor Intel Xeon.

Processor Intel Xeon didesain oleh intel memang untuk server jadi kecepatan untuk melayani user lebih cepat dibandingkan dengan processor Intel yang lain. Tetapi jika anda pakai sendiri pada komputer server anda pasti merasa kok komputernya tidak cepat. Untuk membeli komputer server kami menyarankan tidak merakit sendiri melainkan membeli komputer server build-up misalnya seperti merek HP. Ada berbagai macam merek yang beredar di Indonesia misalnya HP, Dell atau IBM. Berikut ini spesifikasi komputer server yang pernah kami sarankan untuk dipakai pada kantor:

  • Processor Intel Xeon E3-1220 (Untuk processor kami rekomendasikan untuk intel Xeon seperti yang sudah kami jelaskan diatas)
  • Motherboard Intel (Untuk motherboard pada umumnya support dengan sistem RAID. Apa itu sistem RAID? Sistem RAID digunakan untuk melakukan backup antara 1 hard disk ke hard disk yang lain sehingga jika salah satu hard disk rusak maka dapat langsung diganti dengan backup-nya tanpa harus install operating sistem. Bisa dikatakan mirip dengan cloning hard disk)
  • Memory 2 GB (Memory pada server menggunakan  memory khusus sehingga mencegah server agar tidak blue screen)
  • Hard Disk Sata 250 (Tips untuk hard disk bisa menggunakan SATA atau SAS. SATA adalah hard disk yang pada umumnya kita pakai. Sedangkan jika SAS memiliki kecepatan lebih tinggi dari SATA.

Untuk hard disk kami menyarankan minimal harus ada 2 karena dengan sistem RAID maka hard disk 1 akan melakukan mirroring pada hard disk 2 sebagai backup. Secara default setting sistem RAID adalah disabled, anda harus mengaktifkan lewat setting BIOS. Setelah sistem RAID aktif maka kita tidak bisa melakukan install operating sistem normal seperti biasanya. Melainkan harus menggunakan CD/DVD manangement saat anda membeli komputer server. Anda harus booting dari CD/DVD itu dan mengikuti langkah-langkah yang ada sehingga operating sistem dapat terinstall secara sempurna dan sistem RAID juga berjalan dengan baik.

Itulah tips memilih spesifikasi komputer PC yang tepat dan hemat dari kami agar para pembaca dapat menentukan spesifikasi komputer yang sesuai. Dari tips yang sudah kami sampaikan jika ada pertanyaan atau komentar yang ingin disampaikan langsung saja menggunakan bagian comment pada bagian bawah posting ini.

Baca artikel yang lain mengenai Merawat Printer Inkjet

1 RESPONSE

  1. I’ve been exploring for a bit for any high-quality articles or weblog posts
    in this kind of space . Exploring in Yahoo I finally stumbled
    upon this site. Reading this information So i’m glad to convey that I’ve a very just right uncanny feeling I discovered exactly what I needed.
    I most undoubtedly will make certain to do not omit this site and provides it a look regularly.

LEAVE A REPLY

Anal