spesifikasi komputer untuk server pulsa elektrik

spek pc buat server pulsa

Spesifikasi Komputer Untuk Server Pulsa Elektrik

Blog about all latest PC & tech related news and info

Ini Nih Spesifikasi Komputer Untuk Server Pulsa Elektrik

Di tengah himpitan ekonomi yang kerap dikeluhkan masyarakat Indonesia belakangan ini, sebetulnya jika kita jeli ada banyak peluang yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Salah satunya bisnis pulsa elektrik yang mengandalkan sebuah server untuk semua provider. Bisnis ini akan berkaitan erat dengan perangkat bernama komputer. Karena itu kami akan mengulas lebih dalam tentang spesifikasi komputer untuk server pulsa elektrik di sini. Namun, kami akan mengawalinya dengan sejarah dan perkembangan bisnis server pulsa elektrik itu sendiri.

Bisnis pulsa elektrik mulai ada semenjak voucher elektronik diperkenalkan ke tengah masyarakat. Perkembangannya cukup pesat, sebab penggunaannya cukup praktis dan pulsa menjadi suatu kebutuhan penting bagi para pengguna handphone. Sehingga bisnis semacam ini diprediksi akan terus berkembang sekaligus mendatangkan keuntungan bagi penjual. Apalagi, untuk memulai bisnis penjualan pulsa elektrik tidak membutuhkan modal besar, pengalaman yang memadai, dan tentunya minim risiko. Bermodal di bawah 100 ribu rupiah setiap orang bisa menjalankannya.

Akan tetapi, pada awal-awal kemunculannya, outlet-outlet membutuhkan lebih dari satu unit handphone untuk melayani pembelian pulsa. Sebab dulu transaksi saldo dilakukan dengan menggunakan chip dari masing-masing provider yang ada, seperti MKios (khusus untuk Telkomsel), M-Tronik (Indosat), DOMPUL (XL). Jadi, sebanyak apa jumlah provider yang tersedia, sebanyak itu pula chip yang dibutuhkan untuk bertransaksi.

Chip-chip khusus tersebut nantinya di pasang pada handphone penjual pulsa. Jadi jika penjual menyediakan pulsa dari beberapa atau seluruh provider, maka ia harus menydiakan handphone lebih dari 1 unit. Bayangkan saja repotnya menghandle transaksi dari handphone yang berbeda-beda.

Seiring berjalan waktu, ketidakpraktisan tersebut dapat teratasi dengan adanya server pulsa. Server pulsa memungkinkan proses transaksi saldo antara penjual ke pembeli berlangsung lebih mudah dan cepat. Hanya dengan 1 deposit, maka penjual bisa melakukan pengisian pulsa elektrik pada pelanggan provider manapun di seluruh Indonesia.

Nah, untuk menjalankan bisnis server pulsa elektrik, tentu perangkat utama yang dibutuhkan adalah komputer. Namun, bagaimana spesifikasi komputer untuk server pulsa elektrik ini sesungguhnya? Berikut penjelasannya.

Komputer Untuk Server Pulsa

Pada dasarnya, spesifikasi komputer untuk server pulsa elektrik tidak terikat dengan ketentuan baku. Ini memberi arti bahwa semua komputer sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai server pulsa. Akan tetapi, tiap-tiap jenis atau kelas komputer tentu akan memberikan pengalaman pemakaian yang berbeda-beda. Semakin tinggi spesifikasi komputer yang digunakan, semakin baik kerjanya.

Secara umum komputer untuk server pulsa elektrik dapat berupa komputer built up maupun rakitan. Namun menurut pengalaman pengguna, komputer built up lebih memuaskan ketimbang komputer rakitan.

Komputer built up merupakan seperangkat komputer pabrikan yang setiap detil komponen pada motherboard-nya dibuat dalam satu paket oleh pabrik atau perusaahan pembuatnya. Dengan kata lain, semua perangkat keras atau spare part yang digunakan komputer tersebut sama. Sebagai contoh, komputer dengan merk ASUS, maka otomatis semua perangkat keras yang digunakannya juga bermerk Asus.

Lain hal dengan komputer rakitan. Sesuai namanya, komputer rakitan merupakan komputer yang dirakit oleh seseorang berdasarkan keinginan dan kebutuhannya. Komputer rakitan memang lebih fleksible, sebab memungkinkan si perakit menentukan sendiri tinggi rendahnya spesifikasi komputer yang diinginkan, baik itu mengenai hardisk hingga kapasitas RAM. Ini bukan pekerjaan mudah. Hanya orang-orang yang berpengalaman bisa melakukannya. Kendati bagi si perakit cara ini lebih menguntungkan, namun dari segi kualitas rata-rata masih di bawah komputer built up.

Motherboard Komputer Server Pulsa Elektrik

Pada sektor motherboard, komputer server pulsa elektrik minimal dilengkapi dengan 3 slot pci express. Banyak pertanyaan muncul, mengapa harus demikian?

Hal tersebut sejatinya akan berguna untuk menghubungkan modem dengan komputer tersebut. Tak kalah penting, prosesor yang digunakan sekurang-kurangnya adalah Quad Core atau Dual Core, baik itu AMD maupun Intel. Sebab, komputer yang difungsikan untuk pulsa elektrik akan bekerja 24 jam. Tanpa prosesor yang memadai, sudah pasti perangkat berisiko game over.

Agar kecepatan kerja server ini memuaskan, maka komputer idealnya dilengkapi dengan dengan RAM berkapasitas 2 GB. Lantas, apa yang terjadi jika kapasitas RAM komputer kurang dari 2 GB? Sederhana saja, kapasitas RAM kurang dari 2 GB jelas akan mempengaruhi kecepatan kerja komputer itu sendiri, dengan kemungkinan-kemungkinan berupa transfer delay yang menjengkelkan. Tapi, semuanya tentu kembali lagi pada daya beli masing-masing individu. Komputer dengan spesifikasi lebih komplit dan RAM besar tentu lebih mahal ketimbang yang tidak.

Tambahan lain, kestabilan suhu juga perlu dijaga. Namanya mesin bekerja non stop, dipastikan suhu akan meningkat. Mesin yang panas juga berisiko menimbulkan kerusakan lebih cepat. Khusus untuk laptop yang dijadikan server pulsa elektrik, sebaiknya dilengkapi dengan cooling pad.

Salah satu contoh komputer dengan spesifikasi seperti yang disebutkan di atas adalah Hewlett-Packard Compaq DC7900 Ultra Slim Core 2 Duo 2.93 Ghz PC. Dari sekian banyak komputer yang ada, Hewlett Packard Compaq inilah yang paling sering direkomendasikan untuk server pulsa elektrik. Ketahanannya teruji untuk pemakaian rutin selama 24 jam penuh.

Modem Internet

Selain komputer, bisnis penjualan pulsa elektrik ini perlu didukung dengan modem. Modem tidak mutlak ada apabila rumah atau tempat usaha Anda telah tersambung dengan internet nirkabel semacam Wi-Fi. Tapi, untuk berjaga-jaga andai koneksi internet di rumah sedang down, tak ada salahnya untuk tetap memiliki modem sebagai perangkat cadangan. Toh, harga model saat ini sudah terbilang jauh lebih murah dibandingkan dulu. Jenisnya pun beragam. Ada modem berbasis GSM, ada pula yang CDMA. Saran kami, sebaiknya pilih modem GSM saja karena kecepatannya lebih stabil daripada kebanyakan modem CDMA.

Modem Transaksi

Satu lagi yang tak boleh dilewatkan adalah modem transaksi. Modem transaksi tentu tidak sama dengan modem internet. Keduanya memiliki fungsi masing-masing dan tidak dapat menggantikan satu sama lain. Bagian terpenting dari modem transaksi terletak pada SMS Center dan SMS Sender. Bagi siapa saja yang berkeinginan mengembangkan bisnis pulsa elektrik ini, setidaknya punya 5 modem yang terdiri dari 2 modem untuk SMS Sender dan 3 lainnya untuk SMS center.

Cukup banyak jenis modem transaksi yang dapat dipilih sesuai ketersediaan budget masing-masing. Satu dari sekian banyak modem transaksi terbaik yang pernah ada ialah HP Siemens M55 dan C55. Keduanya nyaris memiliki keunggulan serupa dan dapat dijadikan modem GSM gateway. Selain itu, dalam menangani pesan masuk, HP Siemens M55 dan C55 ini terbilang sangat responsif.

Harganya pun relatif bersahabat. Di pasaran, Siemens M55 dan C55 dibandrol dengan harga Rp 250.000. Produknya mudah dicari di toko-toko ponsel seluruh Indonesia. Atas semua kelebihan yang dimilikinya tak heran jika Siemens M55 dan C55 disukai oleh para pemula maupun mereka yang telah berpengalaman di bisnis pulsa elektrik.

Demikian ulasan seputar spesifikasi komputer untuk server pulsa elektrik. Semoga berfaedah untuk para pembaca terutama yang berniat ingin berbisnis dalam pulsa elektrik.

Baca artikel yang lain mengenai Keyboard Gaming Terbaik

LEAVE A REPLY