tablet untuk presentasi

presentasi dengan tablet

Tablet untuk Presentasi

Blog about all latest PC & tech related news and info

Teknik Menggunakan dan Memilih Tablet untuk Presentasi

Selain bisa menyelesaikan berbagai macam tugas, tablet juga dapat dipakai untuk melakukan presentasi. Menggunakan tablet untuk presentasi merupakan suatu pilihan yang sangat pas, karena banyak keuntungan yang akan diperoleh. Salah satunya, perangkat ini juga berfungsi sebagai alat remote, keyboard, dan mouse pada perangkat laptop.

Keuntungan selanjutnya, pengguna atau presenter tidak harus memantau laptop ketika ingin mengganti atau merubah slide dan menggerakan kursor atau mengaktifkan beberapa program. Lebih dari itu, yang tidak kalah penting adalah orang yang melakukan presentasi dapat lebih leluasa berkomunikasi dan berinteraksi bersama audiens.

Teknik Menyambungkan Tablet pada Proyektor

Dibanding laptop apalagi komputer, presentasi dengan tablet akan menjadi lebih praktis dan efisien karena bentuknya kecil dan berbobot ringan. Terlebih lagi saat ini sudah banyak tablet yang dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi serta fitur-fitur sebagai media penghubung pada proyektor.

Beberapa aplikasi presentasi terbaru yang bisa dioperasikan dalam perangkat tablet sebagai alat presentasi antara lain adalah Microsoft Power Point. Aplikasi ini dapat difungsikan untuk membuat dokumen dalam bentuk slide dengan tampilan yang sangat menarik. Apabila ingin mencoba aplikasi lain dengan fungsi yang sama, dapat pula menggunakan Google Slide.

Selain itu, ada polaris Office + PDF yang dapat digunakan mengedit serta membuat dokumen terutama dalam bentuk tulisan dan gambar. Selanjutnya jika mau mencari aplikasi presentasi terbaru untuk membuat slide berbentuk video, bisa memilih MiniMovie-Slide Video Editor. Semua aplikasi ini dapat diunduh secara gratis menggunakan Google Play Store.

Untuk menghubungkan tablet untuk presentasi dan proyektor, harus menyediakan beberapa peralatan dulu seperti kabel HDMI, kabel Mhl, Conveter Micro USB dan Mirecast. Masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Kabel HDMI dan kabel Mhl digunakan untuk menyambungkan perangkat tabel ke proyektor.

Sedangkan Mirecast memiliki fungsi yang sama, tapi harus dilengkapi dengan perangkat lain yaitu Receiver Dongle Wifi HDMI. Selanjutnya alat ini dipasang pada proyektof. Sedangkan di tablet dibenami aplikasi presentasi terbaru Mirecast dan disesuaikan dengan tipenya.

Tablet Murah dan Terbaik untuk Presentasi

Saat ini di pasaran sudah banyak sekali beredar tablet untuk presentasi yang bisa diperoleh dengan harga murah dan berkualitas sempurna. Meski bukan merupakan merek kondang tetapi tablet-tablet murah ini cocok digunakan oleh siapa saja mulai dari mahasiswa hingga pekerja profesional.

  • Cube iwork8 merupakan tablet yang memakai dual operation system android 4,4 kitkat dan windows 10. Dengan dana sebesar 1,2 juta rupiah saja, presentasi menggunakan tablet bisa dilakukan dengan nyaman dan lancar. Apalagi sudah dilengkapi dengan kartu grafis intel HD dan quad core.
  • Tablet murah berikutnya yang dapat dipakai untuk presentasi adalah Cube i10 yang memiliki ukuran layar sebesar 10,6 inchi dan resolusi 1,366 x 768 WXGA. Dengan baterai yang daya kekuatannya 6600 mAh tablet untuk presentasi ini bisa diaktifkan dalam jangka waktu yang lebih lama. Di pasaran harganya kurang lebih 2 juta rupiah.
  • Tablet merek Chuwi Hi8 Pro juga cocok dipakai untuk presentasi dan mendapat dukungan dari chipset Intel Cherry Trail Z8300 quad core 1,44 dan dilengkapi GPU Intel HD Graphic Gen. Sistem operasi yang digunakan dalam tablet seharga 1,3 juta rupiah ini bersifat dual system, masing-masing Android 5,1 Lollipop dan Windows 10.
  • Untuk mereka yang ingin melakukan presentasi menggunakan tablet murah, masih ada satu pilihan lain yang tidak kalah menarik, yaitu Onda V919 3G s. Tablet yang mempunyai ukuran 9,7 inchi ini dilengkapi bateri 7.200 mAh dan dapat dioperasikan secara online pada jaringan 3G. Harganya sangat rendah, tidak lebih dari 1,6 juta rupiah.
  • Akan tetapi, jika ingin memilih presentasi dengan tablet yang dilengkapi jaringan 4G, maka pilihan terbaiknya adalah Teclast X98 Plus II. Layarnya yang berukuran 9,7 inchi merupakan layar berteknologi IPS Retina Secreen. Dukungan lainnya berasal dari 4G RAM beserta 64 GB ROM, sehingga memiliki kemampuan menyimpan data yang lebih besar. Harganya sekitar 2 juta rupiah.

Laptop yang Bisa Dijadikan Tablet

Selain memiliki performa yang lebih unggul, ada beberapa merek laptop yang dapat dijadikan tablet untuk melakukan presentasi. Contohnya adalah Acer Switch 11V yang ukuran layarnya sebesar 11,6 inchi. Perangkat ini dilengkapi processor tipe intel core M yang mampu bekerja dengan kecepatan maksimal karena didalamnya terdapat RAM berkapasitas 4 GB.

Dell Inspiron 11Z-3148 yang harganya sekitar 8,7 juta juga bisa dijadikan pilihan sebagai alat presentasi berkemampuan tinggi. Processornya memakai intel core i3-4030U dan 3M cache yang kecepatannya mencapai 1,9 GHz. Selain itu, masih ditambah RAM dengan kapasitas 4 GB dari tipe ddr3. Untuk menyimpan data, laptop ini dibekali hardisk berkapasitas sangat besar, 500 GB dan berkecepatan 5400 rpm.

Kegiatan presentasi menggunakan tablet bisa dilakukan pula dengan laptop merek Genpro, yang tidak lain merupakan produk dari Evercoss. Dibanding laptop lainnya, harga produk ini tergolong murah tidak lebih dari 3 juta rupiah. Meski demikian spesifikasinya lumayan bagus dan memakai processor dari intel atom X5-Z8300 serta RAM sebesar 2 GB dengan kapasitas penyimpanan data 128 GB.

Tips Melakukan Presentasi Menggunakan Tablet

Saat ini kegiatan presentasi dengan tablet makin sering dipilih sebab dianggap lebih praktis dibanding menggunakan laptop. Akan tetapi, ketika menggunakan perangkat ini, dibutuhkan beberapa tips khusus agar kegiatan presentasi tersebut dapat berjalan lancar sekaligus mampu membuat semua audiens merasa senang dan puas.

Sebelumnya harus diketahui dan disadari, tidak semua jenis tablet dapat difungsikan sebagai alat presentasi. Oleh sebab itu, harus diteliti dulu apakah tablet tersebut mampu menjalankan perannya sebagai media presentasi.

Jika jumlah audiens-nya hanya sedikit atau berkisar puluhan orang saja, tablet dapat menjadi sebuah pilihan tepat. Namun apabila jumlah peserta presentasi mencapai ratusan orang, lebih baik jangan melakukan presentasi menggunakan tablet karena acara ini pasti dilaksanakan dalam ruang besar dan membutuhkan remote. Kecuali jika tablet tersebut dapat dihubungkan dengan proyektor tanpa memerlukan kabel atau bersifat wirelles.

Tips berikutnya, siapkan bahan atau makalah presentasi melalui komputer atau laptop. Sebab bagaimanapun juga komputer dan laptop jauh lebih fleksibel untuk membuat persiapan atau melakukan editing ketika ada materi yang harus diperbaiki atau disempurnakan.

Jadi intinya tablet memang hanya digunakan khusus untuk berpresentasi saja, bukan sebagai media membuat materi dan makalah presentasi. Membuat materi dan makalah presentasi bisa jadi lebih sulit dan butuh waktu lama jika menggunakan tablet.

Berikutnya, terapkan rumus KISS atau keep it simple stupid. Artinya adalah, buatlah makalah atau bahan presentasi dalam bentuk yang sesederhana mungkin. Hindari penggunaan animasi atau transisi yang terlalu berlebihan. Meski saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat dipakai untuk mengoperasikan animasi dan transisi di tablet, namun tetap saja kemampuannya sangat terbatas.

Harus dipahami, presentasi dengan tablet itu tetap punya keterbatasan dibanding komputer atau laptop. Jangan sampai terjadi kegagalan atau muncul masalah ketika kegiatan presentasi sedang dilangsungkan. Misalnya tablet tiba-tiba hang dan sebagainya.

Tips yang terakhir, sebelum menggunakan tablet untuk presentasi lakukan persiapan sebaik mungkin. Bahkan jika perlu berlatihlah lebih dulu. Dan satu hal lagi yang tidak kalah penting, sebelum dipakai tablet tersebut harus dicoba dihubungkan dengan proyektor. Jadi apabila ada masalah bisa diketahui dan diselesaikan secepatnya.

Baca artikel yang lain mengenai Merakit Komputer Untuk Game

LEAVE A REPLY