tentang ram komputer

fungsi ram komputer

Tentang RAM Komputer

Blog about all latest PC & tech related news and info

4 Hal Penting Tentang RAM Komputer yang Wajib Anda Tahu

Komputer yang baik adalah yang memiliki kapasitas RAM juga baik. Namun, tak banyak yang tahu apa seperti apa kapasitas RAM yang baik itu karena kurang pengetahuan soal RAM.

RAM punya fungsi utama sebagai tempat penyimpanan sementara bagi beragam file agar cepat dan mudah diakses kapan pun dibutuhkan. Tanpa RAM komputer tak bisa jalan, terutama sebagai wadah untuk menampung pergerakan sistem operasi, yang sedemikian penting bagi kelangsungan kerja komputer.

Lantas, hal apa saja yang perlu Anda tahu tentang RAM? Berikut ulasannya.

Kiat Memilih RAM Terbaik

Menggunakan RAM yang tepat merupakan keharusan. Namun, orang sering terkendala karena ada banyak varian RAM di pasaran, termasuk beragam penawaran lengkap yang membingungkan. Beberapa waktu lalu RAM merek G.Skill memperoleh penghargaan sebagai RAM tercepat di dunia. Tak tanggung-tanggung, hingga memecah rekor di kalangan RAM DDR4. Meski begitu, pemilihan RAM terbaik tak semata hanya karena potensinya yang amat sangat baik. Sebaliknya, perlu mengacu pada kemampuan sistem komputer. Berikut beberapa kiat untuk memilih RAM terbaik.

  • Pengguna PC baiknya mencari RAM jenis DIMM/LODIMM dan sebagainya. Sementara pengguna laptop menggunakan SODIMM/SO-DIMM, dan sebagainya.
  • Untuk memastikan RAM Anda DDR berapa, coba cek lewat socket di motherboard. Sebab tiap socket pasti beda. Khusus untuk DDR3 dan DDR3L tak perlu cemas akan terbalik, karena keduanya sama. DDR3L punya keunggulan edisi terbaru dengan voltase lebih rendah.
  • RAM terbaik adalah yang paling besar, tetapi perlu disesuaikan dengan kapasitas maksimal prosesor yang bisa diketahui lewat memory controller. Contoh, Intel Atom N570 hanya bisa dimasuki RAM maksimal 2Gb, sedangkan yang spesifikasinya lebih tinggi biasa dibatas 8Gb.
  • Sama seperti ukuran RAM, kecepatan RAM terbaik pun bisa dicek lewat motherboardnya.
  • Timing RAM sebetulnya tak bermasalah. Namun utamakan kecepatan RAM tinggi, baru pilih timing RAM paling kecil.
  • Merek bukan masalah karena fungsinya tetap sama. Bedanya dengan yang mahal, seperti Samsung, biasanya menggunakan chip terbaik yang potensial. Sebagai saran, menyesuaikan dengan keuangan lebih baik.
  • Tak perlu terlalu mementingkan beragam fitur seperti heatsink atau RGB. Sebab semua RAM punya garansi seumur hidup. Syaratnya, stiker garansi tidak rusak dan RAM tidak mengalami kerusakan.

Perbedaan RAM Lebih Cepat dan RAM Lebih Besar

Banyak orang sering salah kaprah soal besaran RAM. Ada yang beranggapan RAM besar bakal lebih baik, ada pula yang berpikir kecepatan merupakan yang utama. Padahal, ada perbedaan soal besaran ini.

Ukuran kapasitas RAM adalah satuan seperti MB, GB, dan TB; Sementara kecepatan RAM adalah satuan seperti Mhz atau Ghz.

Ukuran RAM bisa memengaruhi kemampuan perangkat komputer yang Anda miliki. Secara teori, makin besar ukuran RAM yang Anda pakai, maka akan semakin kecil hard drive bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan file sementara.

Logikanya begini, ketika hard drive dipakai untuk menyimpan file, akses menuju file sementara itu akan melambat. Beda halnya ketika file sementara disimpan di RAM. Tak hanya itu, makin besar ukuran RAM, maka akan lebih banyak virtual memory yang bisa digunakan. Ini belaku ketika Anda mengakses aplikasi tingkat berat macam gim. Masalahnya, jika RAM tidak sesuai dengan spesifikasi komputer alias kemampuan komputer secara menyeluruh, maka ukuran RAM besar dipastikan sia-sia dan pemborosan belaka.

Sementara RAM yang lebih cepat tentu lebih baik. Mengingat bertambahnya kecepatan berartiĀ  meningkatkan frekuensi RAM. Artinya, akan memengaruhi bandwith maksimal, di mana proses menerima dan mengirim data ke dalam RAM juga akan bertambah.

Jadi, mana yang lebih penting, RAM kecepatan tinggi, atau RAM lebih besar?

Jawabannya, tergantung. Tergantung pada kebutuhan penggunaan RAM Anda, dan lebih penting, seberapa besar spesifikasi komputer Anda. Misalnya begini, jika kebutuhan Anda sebatas memanfaatkan perangkat komputer untuk mengetik pekerjaan atau membuka sejumlah aplikasi ringan macam Microssoft Office, kemudian mendengar musik atau menonton film, tampaknya kebutuhan RAM di atas 3 hingga 4 Gb sudah terlampau cukup.

Beda halnya jika Anda seorang gamer atau pengguna aplikasi komputer kelas berat macam desainer grafis dan sebagainya, tentu sangat dianjurkan menggunakan RAM dengan kapasitas ukuran besar sekitar 8-16 Gb. Namun perlu diperhatikan juga, apakah komputer Anda sudah didukung prosesor kelas atas macam i5 dan i7, atau belum. Jika tidak, sebaiknya jangan, karena pasti sia-sia.

Selain itu, perhatikan juga bagaimana kemampuan motherboard komputer. Misal, frekuensi motherboard cuma sebatas 1.300 Mhz, tentu percuma jika RAM yang digunakan melebihi 1.300 Mhz. Alasannya, motherboard punya kemampuan membatasi kecepatan RAM agar tetap sesuai dengan kemampuan yang dimiliki motherboard.

Beli Baru dan Upgrade Sama

Banyak orang bertanya-tanya soal mana yang lebih baik untuk menambah kecepatan RAM. Apakah beli baru, atau cukup dengan upgrade?

Jika Anda kebingungan, maka ikuti langkah berikut. Pertama, coba lihat berapa banyak slot RAM yang tersedia pada perangkat. Kedua, pastikan jenis RAM yang dipakai komputer. Misalnya DDR2, DDR3, atau lainnya.

Bila sudah, silakan bayangkan. Anggap saja Anda seorang gamer kelas berat yang memiliki 2 slot RAM DDR3. Satu slot sudah terisi RAM DDR3 8 Gb. Maka Anda bisa menambahkan satu kepingan RAM DDR3 8Gb lagi karena performa gaming pasti meningkat. Artinya, Anda bisa membeli baru.

Namun, jika Anda ingin meningkatkan kecepatan lagi sedangkan slot RAM sudah terisi penuh, maka Anda bisa menggantinya dengan RAM DDR4 yang kapasitasnya mencapai 16 GB. Pilihan lainnya, Anda bisa mengganti RAM DDR3 dengan frekuensi lebih tinggi. Dengan kata lain, Anda telah melakukan upgrade.

Cara Meningkatkan Performa RAM Pada OS Windows

RAM besar bukanlah jaminan perangkat komputer bisa sesuai yang Anda inginkan. Mengoptimalkan RAM tetap perlu. Mengingat os windows yang terbanyak dipakai orang, berikut cara-cara mudah meningkatkan kinerja RAM.

Manfaatkan Task Manager

Cara ini bisa dibilang paling sederhana. Task Manager bisa dengan mudah ditemukan pada Windows, dan menggunakannya bisa membebaskan Anda memantau seluruh proses dan pergerakan pada perangkat komputer.

Untuk mengakses, tiap OS punya cara berbeda. Khususnya pada Windows, Anda bisa mulai dengan klik kanan pada tombol start di taskbar, lalu pilih task manager. Di jendela tampilan, segera matikan aplikasi berjalan yang tidak Anda perlukan.

Sembunyikan Aplikasi Startup

Cara ini disebut langkah advance, setelah Anda memantau lewat task manager. Aplikasi startup adalah seluruh program yang secara otomatis akan berjalan bergitu komputer dinyalakan. Masalahnya, makin banyak program berjalan, makin berat pula prosesnya. Untuk itu, sembunyikan aplikasi startup.

Manfaatkan Aplikasi Pendukung

Aplikasi pendukung disebut juga aplikasi pihak ketiga, yang fungsinya mendukung serta meningkatkan fungsi aplikasi lain tertentu yang terkait. Misal, ketika Anda memasang Antivirus, instal juga aplikasi booster seperti CCleaner.

Baca artikel yang lain mengenai Perbedaan ATI Radeon dengan NVidia

LEAVE A REPLY