tips belajar komputer

cara belajar komputer

Tips Belajar Komputer

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Belajar Komputer untuk Pemula

Belajar komputer saat ini bukan lagi sekadar keinginan, melainkan kebutuhan. Tanpa bisa mengaplikasikan komputer, boleh jadi seseorang akan tertinggal jauh dari perkembangan sekitar, apalagi dunia. Nyaris segala macamnya butuh keahlian mengoperasikan komputer, minimal dari bagian yang paling dasar. Tak hanya bagi kebutuhan dunia kerja, anak kecil pun butuh belajar komputer karena sudah termasuk ke dalam kurikulum sejak sekolah dasar.

Menyadari kebutuhan tadi banyak orang akhirnya belajar komputer. Entah itu mengikuti kursus di tempat belajar tertentu, atau secara otodidak, alias belajar sendiri. Masalahnya, berangkat dari kebutuhan, tak jarang seseorang juga menetapkan harapan bisa cepat sukses dengan mempelajari komputer.

Penting dicatat, segala hal yang Anda lakukan pasti butuh usaha dan kerja keras. Jangan berharap bisa menguasai satu hal dalam semalam, bahkan cepat menggapai sukses. Sebab semua butuh proses. Untuk itu, mengetahui bagaimana langkah yang perlu diambil sangat dianjurkan. Berikut kiat sukses belajar komputer yang perlu Anda tahu.

Punya Kesungguhan

Kesungguhan bisa muncul dari tekad dan niat yang kuat untuk menjalankan sesuatu. Ini merupakan kunci penting menggapai sukses. Anda pasti pernah dengar, apa yang dimulai dengan sungguh-sungguh pasti berujung kesuksesan. Makanya ada pepatah rajin menabung pangkal kaya, rajin belajar pangkal pandai, dan pangkal-pangkal berbuah manis lainnya. Dengan bersungguh-sungguh belajar komputer bukan tak mungkin kesuksesan akan lebih mudah diraih.

Buat Komitmen Diri

Ada kalanya kesungguhan bisa goyah hanya karena orang menemui hambatan. Oleh karena itu, ada baiknya sejak awal memulai sesuatu disertai juga dengan komitmen. Komitmen ini semacam janji pada diri sendiri, di mana Anda akan menjauhkan segala kemungkinan hambatan, dan tidak mudah mundur kala kesulitan menghampiri. Kuncinya adalah seberapa bertanggung jawabnya Anda menjaga komitmen tadi. Ini termasuk tanggung jawab Anda untuk seberapa jauh mewujudkan mimpi.

Punya Motivasi

Orang sukses pasti punya motivasi belajar yang besar. Kenali apa yang menjadi motivasi Anda untuk belajar komputer. Apakah ingin sukses, atau sekadar bisa mengoperasikan. Semakin tinggi motivasi yang Anda miliki, akan semakin cepat juga Anda belajar sesuatu, dan semakin lancar pula jalan Anda menuju sukses. Sebab kesuksesan tak mengenal batas.

Mulai dari yang Sederhana

Jika Anda mengikuti kursus untuk mempelajari komputer, itu sudah bagus. Jika tidak, berarti ini waktunya Anda untuk mulai mandiri. Pelajari sendiri apa-apa yang berkaitan dengan komputer dari hal yang paling sederhana.

Jika Anda pemula dasar yang benar tak tahu atau kurang pengetahuan mengenai cara mengoperasikan komputer, mulailah dengan memanfaatkan alat pencarian internet (search engine seperti Google atau bing) di ponsel yang membahas mengenai pengenalan komputer dasar. Misalnya, cara menyalakan dan menghidupkan komputer, mengenal apa itu komputer dan bagian-bagiannya, hingga beragam teori yang memungkinkan Anda mendapat informasi cukup soal komputer.

Ini juga berlaku bagi Anda yang berniat memperdalam pembelajaran komputer bagi kepentingan tertentu.

Jangan Menghindari Hal Baru

Jika ada yang dirasa sulit, bukan berarti Anda perlu mundur. Hal yang lazim jika orang akan menemui hambatan dan kendala saat belajar. Anda perlu yakin bahwa segala sesuatu pasti punya solusi, bahkan di satu tempat. Yang terpenting, jangan menghindari hal baru, terutama yang terasa asing bagi Anda. Misalnya ketika menghadapi panduan berbahasa asing, atau istilah-istilah asing dalam komputer, Anda bisa memanfaatkan kehadiran Google penerjemah, atau mengetikkan “apa itu …” di search engine. Kuncinya sabar, terus berusaha dan jangan gampang menyerah.

Jangan Remehkan Buku

Kadang, ilmu yang Anda dapat lewat internet tak akan selengkap pemaparan di sebuah buku. Lagipula, orang sering kali menemui hambatan berhadapan dengan komputer akibat mata lelah. Untuk belajar komputer, banyak buku yang tersedia di pasaran. Jadi, jika Anda bisa menyisihkan sedikit uang untuk membeli buku, mengapa tidak menambah ilmu lewat buku?

Bukan Menghapal, tetapi Memahami

Belajar dengan menghapal hanya memberi jalan untuk lupa, apalagi jika Anda jarang memanfaatkannya. Coba pahami setiap pelajaran yang Anda dapat. Tak hanya menulis ulang atau sekadar membaca, tapi juga meneliti satu per satu sampai paham. Dengan begitu, belajar pun jadi terasa bermanfaat dan lebih mudah.

Jangan Segan Bertanya pada yang Lebih Mahir

Malu bertanya sesat di jalan. Ketimbang terus-menerus belajar sendiri, banyak bertanya hal-hal yang Anda anggap sulit pada orang yang lebih paham seperti teman, guru, dosen, atau praktisi komputer lainnya akan mempercepat Anda memeperoleh informasi baru. Artinya, akan menghemat waktu Anda untuk belajar.

Bill Gates, pendiri Microsoft sekaligus orang terkaya nomor satu dunia pernah bilang, bahwa kunci kesuksesannya adalah tekun belajar 10.000 jam, sendirian. Di satu sisi, memang benar banyak berlatih akan menuai hasil. Dalil itu pun ia keluarkan ketika membuat program untuk Microsoft.

Namun, pertimbangkan juga bahwa dulunya, ia tak benar-benar sukses lewat kinerjanya sendiri. Gates dikelilingi kehidupan mewah sejak kecil. Ketika orang banyak belum bersentuhan dengan komputer, ia telah lebih dulu memilki akses, sehingga ada masanya ia juga pernah bertanya apa ini, dan apa itu soal komputer. Ibunya pun punya akses dengan para petinggi IBM, yang memungkinkannya pula terlibat akrab dengan para teknisi dan orang-orang pintar di dunia komputerisasi.

Jangan Mengandalkan Satu Tempat untuk Belajar

Materi belajar komputer itu sangat luas. Jangan cuma mengandalkan ilmu yang didapat dari kelas. Anda bisa mencari ilmu sendiri dengan menjelajah internet, toko buku, bergabung dengan komunitas yang mendukung pembelajaran Anda, atau menjajal forum dan mailing list. Sebisa mungkin, pastikan Anda berada di lingkungan yang sama dan mendukung kemajuan belajar Anda.

Berlatih Terus

Seperti disebutkan di atas, kunci belajar komputer adalah berlatih terus. Ilmu yang Anda dapat tak akan cukup lewat teori. Jika sudah mencari, banyak bertanya dan berbagi, maka saatnyalah Anda mulai mengembangkan kemampuan praktik. Lebih bagus lagi, jika Anda bisa menambah ilmu lewat teori sekaligus mengaplikasikannya langsung dalam praktik.

Dengan mencoba Anda akan lebih mudah paham. Salah satu caranya adalah dengan punya komputer sendiri, atau minimal, punya akses komputer yang bisa Anda gunakan secara pribadi. Jangan berpikir harga komputer mahal, lalu urung berpraktik.

Memiliki komputer di era kekinian merupakan investasi jangka panjang. Terutama invesatasi ilmu. Lagipula untuk kebutuhan sederhana, komputer Pentium III pun sudah cukup mumpuni. Selain itu, harganya pun terjangkau. Bahkan tak perlu beli baru, bekas pun jadi. Sebab yang paling penting adalah kemauan Anda untuk belajar, ditunjang fasilitas yang memungkinkan.

Jangan Berlebihan dan Lupa Diri

Mempelajari sesuatu harus diiringi niat baik. Sejak awal belajar komputer, ciptakan semacam pikiran bahwa Anda belajar agar ilmu yang Anda miliki bisa bermanfaat juga untuk orang banyak. Ini jadi semacam motivasi yang akan menuntun Anda agar tahu apa yang akan dilakukan.

Meski belajar penting, pada prosesnya menjaga kesehatan juga sama penting. Jangan sampai waktu belajar Anda yang berlebihan malah berbuah sakit, atau jadi mengabaikan hal-hal yang mestinya jadi kewajiban utama Anda.

Baca artikel yang lain mengenai Perbedaan ATI Radeon dengan NVidia

LEAVE A REPLY