tips membeli laptop bekas

tips membeli laptop second

Tips Membeli Laptop Bekas

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Membeli Laptop Bekas Yang Masih Bagus

tips membeli laptop bekas

Laptop sudah menjadi alat utama bekerja di jaman modern ini bahkan anak sekolah pun sekarang memakai laptop. Bahkan ada sekolah yang mewajibkan muridnya harus punya laptop, bagaimana jika tidak mampu membeli? Solusi saat ini yang bisa ditawarkan adalah membeli laptop bekas yang masih bagus.

Kali ini saya ingin membagikan tips membeli laptop bekas yang masih bagus, jadi sesudah membaca posting ini anda sudah bisa memilih laptop bekas yang masih bagus. Berikut ini adalah beberapa tips dari saya.

Cek Dengan Teliti Kondisi Laptop

Tips yang pertama adalah cek dengan teliti kondisi laptop apakah masih bagus atau sesuai dengan harapan anda? Yang perlu anda lakukan pertama kali untuk cek fisik adalah:

  • Perhatikan dengan seksama body dari laptop apakah ada yang pecah, retak, dll
  • Cek screen apakah tidak ada “dead pixel” atau titik mati yang menempel pada LCD.
  • Cek juga engsel karena biasanya laptop bekas karena sudah lama engsel bisa jadi sudah mulai rusak. Cara ceknya perhatikan sekitar engsel apakah ada retak atau tidak, kemudian coba dibuka dan ditutup apakah masih kencang atau tidak.
  • Cek keyboard, perhatikan tulisan terkadang ada laptop yang tulisannya sudah hilang atau ada juga bagian yang lepas. Dan jangan lupa saat dinyalakan cek pula semua tombol jika dipencet bekerja dengan baik.
  • Terakhir anda harus cek operating sistem yang diinstall pada laptop.

Secara garis besar dengan langkah-langkah diatas anda sudah dapat mengecek sekilas apakah laptop masih bagus dari luarnya atau tidak. Sekarang langkah berikutnya adalah cek bagian dalamnya. INGAT ANDA HARUS TELITI, kenapa? Sederhana saja, karena ini laptop bekas. Jadi anda benar-benar harus teliti melihat kondisinya jadi selain dicek luar anda harus cek dalamnya juga.

Cek Kondisi Sparepart Di Dalam Laptop

Untuk cek kondisi sparepart di dalam laptop anda bisa meminta bantuan yang jual laptop untuk membuka dan menunjukkan pada anda apakah sparepart masih bagus atau tidak. Tetapi ingat tidak semua penjual bisa membongkar total laptop tetapi yang perlu di cek adalah hard disk, memory dan sparepart lain yang masih bisa dibuka secara sederhana.

Yang perlu diperhatikan dalam pengecekan di dalam laptop adalah:

  • Pastikan hard disk tidak rusak atau pastikan juga hard disk tidak ada bunyi saat laptop dinyalan. Pada laptop umumnya di bagian belakang akan ada bagian tersendiri untuk membuka hard disk. Disitu anda bisa buka dan cek apakah hard disk sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan? Kemudian cek juga apakah hard disk tidak ada cacat.
  • Selain hard disk anda perlu cek memory. Slot memory ada tersendiri jadi tidak perlu bongkar total. Cek apakah sesuai dengan spesifikasi. Untuk memory karena lifetime warranty anda tidak perlu bingung rusak atau tidak yang penting segel garansi masih ada.
  • Cek kebersihan di dalam laptop, caranya anda lihat saat sebagian dibongkar apakah ada debu yang sangat kotor? Karena jika ada pastinya di dalam lebih kotor lagi.
  • Cek juga apakah DVD-rom bekerja dengan baik.

 

Dari kedua hal ini anda sudah bisa cek kondisi dari luar dan dalam dengan seksama. Selain itu masih ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan.

 

Garansi Jika Ada Kerusakan

Karena ini laptop bekas biasanya garansi tidak bisa lama tetapi anda bisa meminta garansi kepada penjual karena siapa tahu tetap ada resiko rusak. Jadi lebih baik pastikan saat anda membeli laptop bekas ini masih bergaransi dari penjual. Bisa garansi resmi dari distributor atau garansi dari toko itu sendiri. PALING TIDAK ADA GARANSI, sehingga jika ada rusaknya anda tidak bingung.

Minta SEGEL GARANSI jangan hanya bicara saja karena kuatirnya penjual hanya ngomong saja tidak sesuai dengan janji yang diberikan. Dengan adanya segel yang menempel di laptop anda bisa lebih kuat saat ingin melakukan garansi.

Kondisi Charger dan Baterai Laptop

Selain laptopnya anda perlu cek juga baterai dan charger. Ini komponen yang tidak terlupakan saat anda beli laptop. Cara cek chargernya:

  • Pastikan stiker di charger sesuai dengan merk laptop jadi misal laptop VAIO maka charger harus bertuliskan SONY. Kenapa begitu? Karena itu adalah tanda charger itu adalah original bukan KW.
  • Pastikan kabel yang dipakai untuk menancap ke tembok adalah kabel yang bagus karena kuatirnya diberi kabel tipis yang jelek.

Untuk cek kondisi baterai yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Cek fisik dulu apakah baterai gembung atau tidak karena jika gembung sudah pasti baterai itu kondisinya DROP.
  • Anda coba nyalakan laptopnya dan test jika dicharge apakah bisa mengisi atau tidak baterai itu.
  • Kemudian setelah beberapa saat diisi anda coba juga dengan masuk ke operating sistem apakah kondisi baterai bisa dipakai dengan baik. Karena kuatirnya baterai bisa diisi dan fisik tidak gembung tetapi baterai sudah agak drop jadi persentase baterai turun dengan sangat cepat.

Bekas Pemakaian dan Berapa Lama

Kemudian sekilas yang perlu ditanyakan adalah laptop ini bekas dipakai apa? Dan sudah berapa lama laptop ini dipakai? Kenapa hal ini perlu ditanyakan? Karena jika laptop ini bekas untuk main game atau design graphic yang berat maka laptop sudah dipakai untuk kerja berat jadi saran saya lebih baik anda pilih laptop bekas yang lain saja. Apalagi jika sudah dipakai lama, lama dalam arti disini adalah lebih dari 5 tahun. Jika masih dibawah 2 tahun berarti laptop masih tidak begitu lama mengingat perkembangan IT sangat cepat anda perlu dengan seksama milih karena jika terlalu lama dipakai artinya laptop itu sudah kuno.

Spesifikasi Laptop

Berikutnya yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi yang anda perlukan. Misalnya ada perlu untuk main game? Atau laptop untuk anak sekolah? Atau yang lainnya lagi. Fungsi dari laptop jika sudah dijawab maka anda perlu pelajari spesifikasinya. Pada umumnya spesifikasi laptop yang diperhatikan adalah:

  • Processor
  • Hard disk
  • Ukuran (14 inch, 13,3 inch, 12 inch)
  • Memory (2GB, 4GB)
  • Graphic Card

Kesimpulan

Itulah beberapa tips membeli laptop bekas dari saya semoga tips ini bisa membantu anda yang sedang mencari laptop bekas yang masih bagus. Jika ada pertanyaan yang ingin didiskusikan bisa langsung menuliskan pada bagian komentar di bawah posting ini. Semoga tips ini berguna bagi anda pembaca setiap blog dsolusindo.

Baca artikel yang lain mengenai Memilih Power Supply Yang Bagus

LEAVE A REPLY

Anal