Tips Membersihkan Laptop

cairan pembersih laptop

Tips Membersihkan Laptop

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Membersihkan Laptop yang Aman dan Benar

Laptop merupakan salah satu alat elektronik yang harus selalu dijaga kebersihannya, apalagi jika digunakan setiap hari. Meski kelihatannya bersih tapi nyatanya laptop lebih kotor dari yang dibayangkan, terutama pada bagian keyboardnya. Membersihkan bodinya akan mudah tapi tidak dengan keyboard-nya. Anda harus mengetahui bagaimana cara yang benar bagaimana membersihkan laptop. Maka dari itu artikel ini akan membahasnya.

Membersihkan Layar Laptop

Layar laptop akan mengumpulkan banyak kotoran seperti partikel makanan, debu, dan kotoran lainnya dalam waktu singkat. Bagian layar memang akan lebih mudah dibersihkan karena tidak ada bagian tersembunyinya. Namun harus memerhatikan bahan untuk membersihkannya. Jika Anda belum tahu bagaimana cara membersihkannya maka bisa membaca tipsnya di bawah ini.

Sebelum membersihkannya Anda harus mematikan laptop dulu agar tidak ada kerusakan yang terjadi. Beberapa jenis kerusakan yang mungkin akan terjadi adalah adanya dead pixel pada layar. Selain itu, jika layar mati kotoran akan lebih jelas terlihat. Mengenai alatnya, Anda harus menggunakan kain yang lembut supaya tidak ada serabut kain yang tertinggal atau goresan. Layar LCD termasuk bagian yang mudah rusak. Contohnya kain yang bagus digunakan adalah kain katun.

Kain lainnya adalah yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa kacamata.

Menggunakan Lap Serat Mikro

Cara membersihkan dengan menggunakan lap serat mikro lebih lengkapnya adalah ini. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Matikan komputer, setelah itu lebih baik lepas baterai dan cabut adaptornya. Jika Anda masih menggunakannya atau dalam keadaan menyala maka bisa terjadi kerusakan yang permanen.
  • Siapkan lap serat mikro, artinya lap yang lembut. Semua jenis layar dan lensa memang cocok dibersihkan menggunakan lap ini.
  • Lalu, seka layar dengan pelan tanpa adanya tekanan. Hanya dengan satu gerakan semua debu, dan partikel bebasnya akan langsung hilang. Agar noda yang lebih susah dihilangkan terbawa maka Anda bisa melakukan gerakan memutar dengan lembut.
  • Setelah bagian LCD selesai dibersihkan, jangan lupa bersihkan juga pinggirannya. Untuk bagian ini Anda bisa menggunakan larutan pembersih yang tidak terlalu keras.

Menggunakan Cairan Pembersih Laptop

Apabila Anda rasa belum cukup jika hanya menggunakan lap maka bisa dengan menggunakan larutan pembersih. Namun jangan sembarangan memakainya. Langkah pertamanya sama, yaitu harus mencabut semua komponennya, dan mematikan laptop. Larutan yang bisa Anda gunakan sebagai pembersihnya antara lain cuka putih yang tawar atau air suling tawar. Jika ingin lebih baik bisa mencampurkan keduanya dengan perbandingan 50:50.

  • Setelah itu, cara menggunakannya adalah memasukkan larutan ke dalam botol semprot yang bagian atasnya ditekan agar larutannya keluar seperti pada botol parfum.
  • Jangan langsung semprotkan larutannya ke layar tapi semprotkan ke lap serat mikro. Namun, sedikit saja.
  • Setelah itu seka layar dengan melakukan gerakan memutar dengan cepat tapi jangan ditekan keras-keras. Anda bisa melakukannya beberapa kali agar kotoranya benar-benar hilang.

Hal yang perlu Anda tahu adalah apabila Anda terlalu banyak membasahi lap maka nanti larutannya bisa menetes kemudian mengalir ke pinggiran layar sehingga akan merusaknya.

Kesimpulannya adalah beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan ketika membersihkan layar laptop antara lain.

  • Jangan langsung membasahi layar, seperti menyemprotkan air langsung karena nanti kemungkinan besar bisa masuk ke mesin dan membuat kerusakan.
  • Jangan rendam lap juga karena akan terlalu banyak air yang masuk. Jika bisa diperas sampai benar-benar airnya hilang.
  • Jangan pernah menggunakan cairan pembersih yang biasa untuk membersihkan benda lain seperti sabun cuci piring, pembersih jendela, dan pembersih serbaguna. Menggunakan air keran juga tidak diperbolehkan, dan jangan pakai cairan pembersih yang mengandung isopropanol.

Setelah dibersihkan ada baiknya Anda menempelkan anti gores pada layar agar goresan akan dikurangi kemungkinannya. Pancaran sinar biru dari layar yang bisa merusak mata juga bisa dikurangi. Bagaimana mengenai penjelasan cara-cara ini? Apakah menurut Anda mudah?

Membersihkan Keyboard Laptop

Setelah membersihkan layar, Anda juga harus membersihkan keyboard. Bagian ini adalah salah satu yang paling sulit dan perlu hati-hati. Meski terlihat bersih tapi sebenarnya ada banyak sekali debu yang menempel. Apabila tidak dibersihkan bisa membuat laptop korslet atau hang. Agar aman dalam membersihkannya Anda harus lebih berhati-hati melakukannya karena ada banyak sekali celah-celahnya. Jika salah nanti keyboardnya bisa tidak berfungsi. Beginilah bagaimana cara membersihkan keyboard laptop yang benar.

  • Matikan Laptop

Tentu saja hal ini adalah cara pertama yang harus dilakukan karena jika tidak bisa menyebabkan kerusakan. Mematikan laptop juga agar tidak terjadi korslet jika Anda menekan-nekan keyboardnya.

  • Balikkan Laptop

Agar bagian sisi laptop bisa dibersihkan dengan mudah maka Anda harus membalikkan laptop. Dengan begini kotoran yang tersembunyi bisa jatuh sendiri dengan mudah. Apabila tidak membalikkannya maka kotoran bisa saja masih berdiam di dalam keyboard.

  • Tekan Laptop dan Keyboard

Cara lainnya adalah dengan menekan laptop terutama pada bagian keyboardnya dalam keadaan yang terbalik juga. Tujuan cara ini sama, yaitu membuat kotoran bisa keluar dengan mudah. Cara lebih efektif adalah tekan semua tombol keyboard seperti Anda sedang mengetik agar kotoran di setiap celah bisa keluar.

  • Sedot dengan Vacuum Cleaner Mini

Agar lebih mudah, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan vacuum cleaner mini yang memang khusus untuk membersihkan laptop dan komputer. Dengan menggunakannya maka setiap sudut kecil pada keyboard bisa dibersihkan. Namun ketika memakainya jangan menggunakan tekanan yang tinggi, rendah saja agar fungsi dari keyboard tidak akan terganggu. Biasanya, vacuum cleaner mini pembersih laptop harus dicolokkan dulu ke laptop dengan kabel USB agar bisa menyala. Oleh karena ini gunakan lah apabila sebelumnya telah dibersihkan dengan cara lain.

  • Menggunakan Brush Make Up

Menggunakan alat ini juga lumayan efektif dalam membersihkan keyboard. Alat ini dapat Anda gunakan sebagai pembersih sisa debu. Pilihlah yang teksturnya lembut dan bagus agar tidak ada bulu brush yang rontok dan masuk ke celah-celah keyboard.

  • Dengan Hair Dryer

Jika Anda akan menggunakan alat ini maka akan lebih baik jika Anda telah membersihkan debu dengan cara lain. Agar lebih bersih baru menggunakan hair dryer. Jika masih ada banyak kotoran yang menumpuk maka justru membuat kotoran semakin masuk ke dalam.

  • Melepas Tombol Keyboard

Agar lebih bersih lagi Anda bisa melepas tombol keyboard satu per satu kemudian membersihkannya. Namun cara ini cukup berisiko, jadi jika Anda belum berpengalaman lebih baik minta bantuan dari orang lain. Jika salah maka nanti akan membuat keyboard Anda eror dan tidak berfungsi dengan baik. Cara ini adalah yang paling ampuh.

Itulah bagaimana saja cara yang bisa Anda lakukan dalam membersihkan keyboard laptop. Anda bisa membersihkannya secara rutin agar tidak terlalu banyak debu yang menumpuk. Untuk lebih menjaga kebersihannya maka lebih baik gunakan pelindung khusus keyboard dari cairan dan debu, biasanya terbuat dari karet. Meski tidak akan menghalangi kotoran tapi setidaknya bisa dikurangi.

Demikianlah informasi mengenai tips membersihkan laptop bagian layar dan keyboardnya. Semoga informasi yang diberikan di sini bisa bermanfaat bagi Anda. Jangan sampai salah cara membersihkannya ya!

Baca artikel yang lain mengenai Cara Merawat Laptop

LEAVE A REPLY