tips memilih smartwatch

merk smartwatch yang bagus

Tips Memilih Smartwatch

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Memilih Smartwatch Agar Makin Elegan dan Menawan

Teknologi adalah inovasi. Produk telekomunikasi tidak terhenti pada telepon seluler dan smartphone. Produk inovasi terkini di bidang telekomunikasi adalah smartwtach. Smartwatch hadir seolah menegaskan bahwa teknologi bukan hanya soal ide dan kecanggihan, namun juga fashionable dan elegan.

Smartwatch adalah bentuk wearable gadget yang sebenarnya merupakan perangkat pendukung smartphone. Perangkat yang dikenakan di tangan layaknya arloji ini tidak dapat berfungsi jika tanpa adanya smartphone yang menjadi induknya. Fungsi yang dimiliki smartwatch pada umumnya adalah fungsi pendukung smartphone seperti menampilkan notifikasi pada smartphone, input untuk menulis SMS hingga remote untuk mengambil gambar melalui kamera smartphone.

Produsen gadget kelas kakap, seperti Sony, Apple, Asus, Samsung memproduksi wearable gadget sebagai pelengkap produknya. Produk inovasi terbaru ini bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko gadget dan bisa dibandingkan di toko online maupun offline. Memilih smartwatch harus memperhatikan beberapa poin penting, antara lain:

  1. Fitur wajib smartwatch. Sebuah smartwatch yang sempurna adalah smartwatch yang mendukung induk sebagai add on gadget. Fitur utama yang harus ada adalah phone log, phonebook, SMS, dan email. Fitur utama ini memungkinkan penggunanya memantau call dan pesan keluar masuk secara real time tanpa perlu mencari dan mengeluarkan smartphone dari saku atau tas.
  2. Desain dan durabilitas. Layaknya wearable gadget yang beraroma fashionable maka smartwatch yang terbaik diharapkan memiliki desain khusus yang mendukung gaya atau watak si pengguna. Selain gayanya yang fashionable smartwatch yang baik terbuat dari material yang nyaman, tidak menyebabkan alergi pada kulit dan nyaman selama dipakai. Faktor durabilitas tak kalah penting. Smartwatch yang bagus akan memberikan durabilitas istimewa seperti water resistant dan anti scratch glass display.
  3. Multitasking. Meski sebagai add on gadget smartwatch diharapkan mampu menjalankan peran multi tasking. Konektivitas dan kemampuan processing merupakan faktor yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan membeli smartwatch tertentu.
  4. Fitur tambahan. Salah satu daya tarik smartwatch adalah adanya fitur tambahan, seperti remote camera, music player, health monitoring, phone finder dan smart notifications. Tidak semua fitur tambahan harus dimiliki smartwatch, namun beberapa fitur tambahan yang diperlukan akan sangat menambah nilai plus

Merk Smartwatch yang Bagus

Memilih merk smartwatch terbaik dan murah bukan hal mudah. Meski berfungsi sebagai add on gadget smartwatch masih dijual dengan harga yang cukup tinggi. Jika dibandingkan dan ditimbang-timbang lebih saksama harga smartwatch dari brand-brand ternama tersebut umumnya seharga smartphone kelas menengah.

Smartwatch memang dirancang untuk mempermudah pengguna smartphone. Dengan bantuan smartwatch penggunanya bisa menjawab panggilan, mereply email atau SMS atau sekadar memeriksa notifikasi tanpa mengeluarkan smartphone dari saku atau tas. Fitur tambahan yang mungkin bermanfaat adalah fitur untuk memeriksa kesehatan yang berkaitan dengan detak jantung atau tekanan darah.

Produk-produk smartwatch biasanya dikoneksikan dengan produk smartphone dari pabrikan yang sama. Beberapa merk smartwatch berikut ini bisa menjadi pertimbangan sebelum menentukan pilihan:

sony-smartwatchSony Smartwatch

Sony Smartwatch dapat dikoneksikan dengan smartphone berbasis android dan bisa juga digunakan secara mandiri seperti iFit, Google My Tracks dan Endomondo. Keunggulannya antara lain ia bisa menampilkan sms dan tweet serta memiliki fitur water ressistant atau tahan air. Berbagai fitur andalannya tidak mengurangi penampilan dan fungsi utamanya sebagi penunjuk waktu.

asus-zenwatch

Asus Zenwatch

Salah satu kelebihan Asus sebagai produsen gadget ternama yang juga tampak pada Smartwatchnya adalah harganya terjangkau namun desainnya elegan. Asus Zenwatch hanya bisa dikoneksikan dengan smartphone berbasis android terutama android versi 4.3 mempergunakan aplikasi sepreti Remote Camera, Fone Helper dan Asus Wellness. Aplikasi Remote Camera memungkinkan Zenwatch berfungsi melihat obyek untuk diambil gambarnya. Apalagi layarnya yang dilapisi Corning Gorilla Glass 3 berukuran 1.63 inchi dan memiliki resolusi 320×320 piksel.

apple-watch

Apple Watch

Terdapat 4 varian smartwatch yaitu Apple Watch, Apple Watch Edition, Apple Watch Sport dan Apple Watch Hermes. Masing-masing type ini kompatibel dengan berbagai produk Apple termasuk iPhone. Salah satu keunggulannya adalah ia mampu berinteraksi dengan aplikasi sejenis pada produk Apple lainnya yang berbasis iOS, seperti email, telepon, SMS, dan Remote untuk mengontrol iTunes dan Apple TV.

samsung-galaxy-gearSamsung Galaxy Gear

Versi pertama Samsung Galaxy Gear diluncurkan pada akhir tahun 2013. Versi keduanya diluncurkan pada bulan April 2014. Smartwatch produksi Samsung ini bekerja dengan 800 Mhz Exynos sistem on chip menggunakan sistem operasi berbasis Android 4.3. Layarnya berukuran 1,6 inchi dengan teknologi Super Amolde dan memiliki resolusi 320×320 piksel. Salah satu keunggulannya adalah ia memiliki kamera resolusi 1,2 Mp sehingga cukup mumpuni untuk mengambil gambar atau merekam video. Samsung Galaxy Gear bisa terkoneksi dengan tablet atau smartphone berbasis Android setelah menginstal aplikas Gear Manager dan terhubung menggunakan bluetooth.

Baca artikel yang lain mengenai Printer Multifungsi Terbaik

LEAVE A REPLY

Anal