tips memilih vga

cara memilih vga

Tips Memilih VGA

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Memilih VGA Untuk PC Gaming

tips memilih vga

Kali ini kita akan membahas mengenai Graphic Card atau sering disebut biasanya VGA Card. Topik kali ini lebih familiar dengan para gamer. Biasanya para gamer yang sering menggunakan VGA, nah kali ini kami akan membahas tips untuk memilih VGA untuk PC gaming baik itu PC baru atau PC gaming yang ingin di upgrade. Langsung saja ke ulasannya.

Mau Main Game Apa?

Faktor penentu utamanya adalah game yang akan dimainkan jika anda hanya ingin main game standart tidak perlu buang-buang uang untuk beli VGA benar bukan? Misalnya anda ingin main game tertentu biasanya pada game itu sendiri ada requirement yang perlu dilengkapi pada suatu PC. Jadi anda bisa melihat requirement VGA yang harus dipakai minimal menggunakan VGA jenis apa.

Game sekarang sangat membutuhkan VGA yang tinggi sehingga perfomance dari game serta efek-efek bisa keluar semuanya. Yang paling utama saat main game tidak lag, ini yang paling jengkel ketika gamer main terus tiba-tiba ada delay. Sebagai contoh jika anda ingin bermain warcraft 3 anda tentu tidak perlu VGA yang tinggi sekali karena itu game lama. Saya hanya menggunakan VGA bawaan dari laptop sudah bisa main game itu, tetapi ketika anda ingin bermain game misalnya Starcraft 2 tentu saja anda perlu VGA yang super karena Starcraft 2 membutuhkan gambar yang bagus jadi perlu VGA yang tinggi.

Jadi ingin main game apa menjadi penentuan dari anda untuk memilih VGA. Ini adalah pertanyaan pokok anda perlu memikirkan sehingga tidak salah pilih VGA. Anda bisa menyesal ketika salah pilih VGA dan ternyata VGA-nya tidak kuat buat main game anda. Menyesal pasti anda.

Penjelasan Teknis Mengenai VGA

Saya ingin menjelaskan sedikit hal teknis mengenai apa saja yang perlu diketahui mengenai VGA. VGA pada jaman dulu ada yang menggunakan port AGP dan PCI-express, tetapi sekarang semua sudah menggunakan PCI-express jadi anda sudah tidak perlu bingung harus pilih VGA card dengan port apa. Beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai VGA adalah:

  • Merk VGA. Ada 2 jenis Chipset VGA yang sekarang beredar di dunia yaitu Nvidia dan ATI Radeon. Kedua brand ini masuk ke dalam merk-merk VGA yang anda beli. Misalnya Asus Nvidia nah disini maksudnya adalah merk Asus tetapi menggunakan chipset Nvidia.
  • Tipe VGA. Setiap VGA memiliki tipe sendiri-sendiri misalnya untuk Nvidia GT dan GTX series sedangkan untuk Ati Radeon menggunakan HDxxxx.
  • Memory di dalam VGA itu sendiri. Biasanya saat anda membeli VGA ada penjelasan menggunakan DDR5 2GB nah itu maksudnya adalah memory di dalam VGA itu sendiri.
  • Power yang dibutuhkan untuk VGA itu. Agar VGA dapat bekerja dengan baik ada VGA kelas tinggi yang harus menggunakan power supply tambahan jadi tidak hanya menancap di motherboard tetapi perlu kabel dari power supply menancap di VGA sebagai supply listrik.

Itu adalah penjelasan teknis dari saya mengenai VGA, saya tidak ingin mejelaskan detail mengenai VGA karena pasti pembaca bakal bingung istilah-istilah komputer yang muncul. Tapi inti dari bagian ini adalah ada merk VGA, tipe VGA dan memory VGA. Itu adalah yang biasanya digunakan dalam memilih VGA. Penjelasan teknis lebih detail anda bisa mencari di Google atau anda bisa langsung bertanya kepada saya lewat komentar di bawah posting ini.

Memilih VGA Untuk PC Gaming Yang Baru

Pada bagian ini saya ingin memberikan tips untuk memilih VGA untuk PC gaming yang baru. Saya asumsikan anda sudah fix dengan game yang akan anda mainkan. Berikut ini adalah beberapa tips dari saya untuk memilih VGA:

  • Tentukan Budget VGA anda. Tentukan berapa budget yang siap anda keluarkan demi main game yang sudah anda pilih tadi.
  • Penggunaan Jangka panjang atau tidak. Setelah anda tahu ingin main game apa anda perlu melihat ke depan dulu jika anda ingin bertahan agak lama VGA-nya anda perlu memilih VGA dengan tipe tinggi agar bisa bertahan paling tidak 3-4 tahun ke depan sehingga anda tidak perlu upgrade PC.
  • Gunakan Nvidia GTX series untuk game kelas atas. Karena saya sering menggunakan Nvidia jadi saya sharing mengenai tipe dari Nvidia yaitu GTX series. Jika game anda kelas tinggi anda harus menggunakan GTX series agar performance PC anda lancar tanpa “lag”
  • Gunakan Nvidia GT series untuk game menengah ke bawah. Untuk game kelas menengah ke bawah anda jangan buang-buang uang beli GTX series. Anda cukup beli GT series sudah cukup untuk main game.
  • Sering kali VGA high class ada rewelnya jadi anda perlu memastikan garansi sebelum anda membelinya.
  • Pastikan anda meminta install driver VGA dari toko. Saya ada pengalaman error saat install driver VGA jadi jika anda tidak mengerti dunia komputer lebih baik anda minta tokonya untuk install jadi anda tinggal pakai di rumah.
  • Pastikan power supply anda cukup. VGA high end menggunakan power supply external, maksudnya adalah perlu kabel dari power supply menancap ke VGA card jadi pastikan power supply anda cukup jika tidak bisa kacau balau PC gaming anda.

Itu adalah beberapa tips memilih VGA untuk PC gaming yang baru semoga bisa berguna untuk anda yang ingin merakit PC gaming.

Memilih VGA Untuk Upgrade PC

Pada bagian ini saya ingin membahas mengenai memilih VGA untuk PC gaming yang ingin di upgrade. Biasanya PC gaming sudah dilengkapi dengan berbagai macam spesifikasi yang fantastis. Jadi ketika sudah lama anda hanya perlu upgrade VGA saja. Tips untuk memilih VGA saat upgrade PC adalah:

  • Baca tips kami memilih VGA card di bagian atas. Untuk memilih produk suatu VGA anda sudah kami berikan tips-nya di atas jadi anda tinggal menggunakan tips itu untuk memilih produk VGA-nya.
  • Pastikan semuanya compatible. Yang kedua dan seterusnya adalah tips untuk memastikan apakah PC anda compatible dengan VGA card yang sudah anda pilih. Anda perlu membawa PC anda ke toko komputer dan langsung dipasang serta di test. Jadi ketika anda yang error atau tidak compatible anda bisa langsung menukar dengan tipe yang lainnya.
  • Pastikan power supply cukup. Sebelum membelinya pastikan anda mempunyai power supply yang lebih sehingga VGA bisa berjalan dengan lancar. Kekurangan power supply bisa berakibat fatal.
  • Install driver VGA baru dengan benar. Setelah hardware compatible sekarang anda perlu memastikan driver dapat terinstall dengan baik.

Jadi pada intinya untuk memilih VGA yang tepat saat upgrade PC anda perlu memilih VGA yang baru kemudian memastikan apakah VGA baru itu bisa masuk pada PC gaming anda yang lama. Semoga tips ini bisa menjawab pertanyaan dari para gamer yang ingin upgrade Pc gaming.

Kesimpulan

Pada posting ini kami memberikan tips untuk memilih VGA card yang tepat baik untuk rakitan PC game yang baru maupun yang ingin upgrade VGA saja. Semoga tips ini bisa berguna bagi semua gamer yang membaca blog ini. Jika ada ingin yang ditanyakan atau berdiskusi silahkan langsung saja menuliskan pada bagian komentar di bawah posting ini. Tunggu apalagi langsung saja.

Baca artikel yang lain mengenai PC Rakitan Game

LEAVE A REPLY

Anal